Connect with us

Sumut

Diprediksi Jadi Sekjen PDIP Lagi, Ini Tanggapan Hasto Kristiyanto

Published

on

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Demisioner PDIP, Hasto Kristiyanto

Geosiar.com, Bali – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Demisioner PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku siap apabila dipilih kembali menjadi orang nomor dua di partai ini untuk periode kedua.

“Itu, kan nanti hak prerogatif Ibu Ketua Umum. Dalam konteks berpartai kita harus siap ditugaskan apapun,” katanya di arena Kongres V PDIP, Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, pada hari ini, Jumat (9/8/2019).

Aapabila nantinya Hasto terpilih kembali dalam kongres ini, dirinya berarti akan mendampingi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selama sembilan tahun yakni pada sejak 2015-2024. Akan tetapi dalam sejarah PDI sejak Kongres I di Semarang pada 2000 belum pernah ada sekjen yang menjabat selama dua periode.

Hasto Kristiyanto menjelaskan sejarah organisasi tentang jabatan sekjen tersebut. Akan tetapi menurut Hasto segala keputusan tergantung pada Ketua Umum terpillih Megawati yang sekaligus formatur tunggal dalam penyusunan pengurus pusat.

Sementara Wakil Sekjen (wasekjen) Demisioner Andreas Pareira mengatakan tidak ada yang tidak mungkin, apalagi mengenai pejabat sekjen. Menurutnya, Hasto Kristiyanto bisa saja menjabat kembali dan membuat sejarah baru di partai.

“Bisa jadi akan mencetak sejarah baru,” ucapnya di lokasi kongres.

Dia menyatakan bahwa aturan di PDIP berbeda dengan partai lain. Kongres partai ini cuma memilih ketua umum dan selanjutnya ketua umum terpilihlah yang diberi mandat untuk menentukan struktur kepengurusannya.