Connect with us

Daerah

Aksi Heroik Yonita Djaralodu Lawan Perampok Money Changer

Published

on

Yonita Djaralodu (27) menerima penghargaan dari personel Polda Bali yang tergabung dalam Bharaduta Dpandiga Dewata (BDN Dewata). (Foto: Dok.Humas Polda Bali)

Geosiar.com, Bali – Sebenarnya tak ada yang istimewa dengan perempuan asal Nusa Tenggara Timur, Yonita Djaralodu (27), sebelum aksi heroiknya yang menggagalkan aksi perampokan di lokasi money changer PT Azzarah Maulana, Denpasar, Bali, menjadi viral di media sosial.

Dilansir dari Tribunnews, perampokan terjadi pada Selasa (6/8/2019). Saat itu, Yonita sedang berada di money changer bersama salah satu temannya, Aprianus Huru Hadi (26).

Nahas, di waktu bersamaan, pelaku inisial RYR melakukan aksinya dengan menodong pistol jenis air softgun ke arah petugas kasir untuk mengancam memberikan uang. Saat itu, Yonita mengaku tidak mengetahui bahwa RYR adalah perampok.

“Awalnya kami tidak menyangka pelaku adalah perampok. Kami kira teman, kok bercanda pakai pistol,” tutur Yonita.

Sampai pada akhirnya, pelaku juga mengancam Aprianus. Melihat ancaman itu, Yonita segera menyerang RYR dan berhasil merebut pistol milik pelaku.

“Teman saya masih bingung. Pelaku lagi menyuruh menyerahkan uang sambil menembak kaca kasir. Awalnya saya posisi duduk. Saya sudah tidak berpikir lagi, mati-mati sudah. Saya bangun refleks berusaha merebut pistol tersebut,” jelas wanita asal Sumba Timur itu.

Ternyata aksi Yonita yang merebut pistol membuat pelaku panik dan mencoba kabur. Lagi-lagi, tindakan pelaku digagalkan Yonita sampai akhirnya warga sekitar berdatangan dan menangkap pelaku.

“Saya cabut kunci motornya. Saya teriak rampok, warga berdatangan dan menangkap pelaku. Datang juga anggota Brimob dan polisi lainnya,” pungkasnya.

Atas aksi heroiknya itu, personel dari Polda Bali, Bripka Bagus Ngurah, memberi penghargaan kepada Yonita. Ia pun memuji keberanian wanita itu.

“Setelah melihat rekaman CCTV yang beredar di medsos, kami sebagai aparat kepolisian kaget dan salut atas aksi yang dilakukannya. Apa yang dilakukan Yonita tergolong sangat berani dan membantu tugas kepolisian,” imbuh Bripka Bagus Ngurah.