Connect with us

Dunia

PM Malaysia Lantunkan Lagu ‘Rasa Sayange’

Published

on

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Fukuoka, Japan, Rabu (7/8/2019). (Foto: thesundaily.my)

Geosiar.com, Malaysia – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad melantunkan lagu milik Indonesia berjudul ‘Rasa Sayange’. Sebelumnya, hak cipta lagu daerah tersebut pernah diklaim oleh Malaysia.

Hal ini diketahui dari video unggahan lewat Instagram Story (InstaStory) resmi milik Mahathir, @chedetofficial. Dalam video itu, Mahathir tampak bernyayi sambil menggandeng tangan istrinya, Siti Hasmah, dan remaja Jepang.

Namun, Mahathir tidak memberikan keterangan lokasi dan identitas remaja tersebut. Video instaStory itu hanya memperlihatkan tulisan Global Arena yang merupakan salah satu gedung terkenal di Fukuoka, Jepang.

Seperti diketahui, PM Malaysia ini memang tengah melakukan kunjungan ke negara sakura, Jepang sejak Rabu (7/8) kemarin. Di sana, ia menerima gelar Honorary Doctorate dari International University of Japan (IUJ).

Sebagai informasi, lagu ‘Rasa Sayange’ sempat memicu ketegangan antara Indonesia dan Malaysia pada 2007 silam di mana Kementerian Pariwisata Malaysia menggunakan lagu daerah tersebut untuk mempromosikan parawisata di negaranya.

Kemudian, Menteri Pariwisata Malaysia saat itu, Adnan Tengku Mansor mengklaim bahwa ‘Rasa Sayange’ merupakan lagu Kepulauan Nusantara.

Hal itu ditanggapi sinis Gubernur Maluku kala itu, Karel Albert Ralahalu dengan menyebut bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ milik Indonesia yang sudah mendarah daging di Maluku.

Akhirnya pada November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia, Rais Yatim, mengakui bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ milik Indonesia setelah bukti lagu itu pertama kali direkam di Studio Lokananta, Solo, pada 1962, terkuak.

Kendati demikian, dikutip dari Antara, Malaysia tetap mengklaim bahwa lagu ‘Rasa Sayange’ merupakan lagu milik bersama.