Connect with us

Ekonomi

PLN Batal Pangkas Gaji Pegawai, Bayar Kompensasi dengan Dana Internal

Published

on

ILUSTRASI

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menegaskan tidak akan memotong gaji pegawai untuk membayar kompensasi listrik padam yang terjadi di sebagian besar wilayah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah pada Minggu (4/8) lalu.

Hal ini disampaikan oleh Direktur PLN Regional Jawa Barat, Haryanto WS, dengan mengatakan bahwa manajemen PLN tidak akan memangkas gaji pegawainya.

“Tidak. Jadi saya perlu luruskan tidak ada niatan atau pun statement yang mengatakan akan ada pemotongan dari gaji pegawai,” tutur Haryanto di PLTD Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

Haryanto mengatakan, manajemen PLN akan menggunakan dana internal perusahaan untuk membayar kompensasi ke pelanggan. Ia menegaskan bahwa wacana pembayaran kompensasi menggunakan dana dari pemotongan gaji pegawai tidak benar.

“Saya sampaikan kita akan menggunakan dana internal PLN. Jadi saya perlu luruskan tidak ada niatan atau pun statement yang mengatakan akan ada pemotongan dari gaji pegawai,” lanjutnya.

Wacana pemotongan gaji pegawai terkait kompensasi itu sebelumnya disampaikan oleh Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan pada Selasa, 6 Agustus 2019.

“(Keuangan minus dong?) Iya, makanya harus hemat lagi nanti, gaji pegawai kurangi,” tutur Djoko di DPR Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Pernyataan itu pun sontak menjadi perdebatan panas di kalangan Serikat Pekerja PT PLN (Persero) yang jelas merasa keberatan atas wacana tersebut. Mereka justru meminta direksi bertanggung jawab atas insiden tersebut.