Connect with us

Nasional

Megawati Singgung Jatah Menteri, Jokowi: PDIP Terbanyak

Published

on

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengabulkan permintaannya terkait jatah menteri dari fraksi PDIP dalam susunan kabinet kerja jilid II.

Mega meminta kepada Jokowi supaya memilih kader-kader PDIP dengan jumlah besar untuk ditempatkan dalam kabinet selanjutnya. Permintaan itu disampaikan secara langsung di hadapan Jokowi saat Megawati berpidato di acara Kongres V PDIP 2019 di Bali.

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden. Saya meminta dengan hormat bahwa PDI Perjuangan akan masuk ke dalam kabinet dengan jumlah menteri yang harus terbanyak. sip,” kata Megawati sambil tersenyum dan mengacungkan kedua jempolnya, Kamis (8/8/2019).

Lebih lanjut, Presiden RI ke-5 itu akan menolak apabila Jokowi hanya memberikan jatah menteri sedikit. Menurut Mega, hal itu pantas dilakukan mengingat PDIP adalah partai pemenang pemilu selama dua periode.

“Tapi kalau nanti Pak Jokowi mesti ada menterinya. Mesti banyak. Orang kita pemenang dua kali, betul apa tidak? Saksikan ya!” sentil Megawati.

Pernyataan itu sontak disambut sorak-sorai para undangan kongres. Mega pun menegaskan kepada Jokowi agar tidak menolak permintaan itu.

“Jangan nanti, “Ibu Mega, saya kira karena PDI sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya’. Emoh. Tidak mau, tidak mau, tidak mau” ucap Megawati sambil tertawa.

Mendengar permintaan itu, Jokowi pun menjamin kader PDIP akan menduduki jabatan menteri terbanyak di kabinet.

“Soal menteri, tadi Ibu Mega bilang ya jangan empat doang. Tapi kalau yang lain dua tapi kan PDIP empat. Kalau yang lain tiga, PDIP enam? Belum tentu juga,” ucap Jokowi.

“Tapi yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya,” pungkas Jokowi.