Connect with us

Nasional

Hari Ini 40 Capim KPK Jalani Profile Assessment

Published

on

Capim KPK menjalani tahapan profile assesment di Gedung Lemhannas, Jakarta, Kamis (8/8/2019). (Foto: kumparan/Nugroho Sejati)

Geosiar.com, Jakarta – Sebanyak 40 kandidat Calon Pimpinan (Capim) KPK menjalani profile assessment atau tes kepribadian di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019).

Profile assessment itu akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada 8 dan 9 Agustus yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 17.15 WIB. Selain kepribadian, tes ini juga akan menyinggung materi tentang kebangsaan dan pemerintahan.

“Hari ini semua (tes) tertulis. (Ada) studi kepemerintahan, ada pertanyaan berkaitan dengan kebangsaan. (Ada) persiapan untuk presentasi mereka besok (Jumat). Kemudian ada tes kesehatan jiwa. Jam 14.15-15.45 tes tertulis dan managerial skill. Lalu ishoma dan terakhir pengisian form critical incident,” kata Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih Tes di Lemhanas, Kamis (8/8).

Menurut Yenti, tes kali ini memiliki kesamaan materi dengan tahap seleksi sebelumnya, tapi lebih mendalam.

“Lebih detail dari yang dilakukan di saringan sebelumnya. Karena nanti di sini ada leadership discussion, itu besok (Jumat). Ada simulasi job description. Kemudian wawancara individual, observasi,” paparnya.

Apabila kandidat capim KPK lolos dalam tahap seleksi ini, kata Yenti, maka selanjutnya akan menjalani pemeriksaan kesehatan, uji publik, dan wawancara.

“Insyaallah di tanggal 30 (Agustus) kami selesai (rangkaian seleksi). Kemudian kami rapat tanggal 31-1 (September). Insyaallah tanggal 2 (September) baru kita akan menyerahkan (10 nama) ke presiden,” tandasnya.