Connect with us

Nasional

Jelang Idul Adha, Jokowi Pesan Dua Sapi Jumbo dari Boyolali

Published

on

Ilustrasi Sapi Kurban

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah memesan dua ekor sapi berukuran jumbo untuk dikurbankan pada Hari Idul Adha 1440 Hijriah. Jokowi memesan dua sapi besar itu dari seorang peternak di Dukuh Pilangsari, Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Andi Saputro (30), peternak penggemukan sapi ‘lembu suro’ mengaku ia didatangi utusan Jokowi dari Jakarta ke peternaknya di Desa Potronayan untuk mencari sapi untuk hewan kurban.

“Setelah melihat kondisi kesehatan hewan sapi, mereka kemudian memilih dua ekor sapi berukuran jumbo untuk hewan kurban di masjid Solo,” kata Andi.

“Dua ekor sapi pesanan Pak Jokowi, yakni jenis simental dengan ukuran berat jumbo 1,3 ton per ekornya dengan harga Rp100 juta, sedangkan satu lainnya 1,1 ton di bawah Rp100 juta per ekor,” jelas Andi, Selasa (6/8/2019).

Andi menjelaskan, utusan Jokowi yang datang juga membawa tim dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Surakarta unutk memeriksa kondisi kesehatan sapi dan dinyatakan sah untuk dijadikan hewan kurban.

Menurutnya, sapi ukuran berat jumbo sekitar 1,3 ton tersebut berusia sekitar 4,5 tahun, sementara satunya berat 1,1 ton usianya sekitar 3,5 tahun.

Ia mengatakan, pengiriman sapi kurban milik Jokowi ke dua masjid itu direncanakan Sabtu, 10 Agustus 2019 mendatang.

“Dua ekor sapi kurban pesanan dari Pak Jokowi itu, akan dikirim satu ekor di Masjid Agung Solo, dan satu ekor lainnya untuk dikurbankan di Masjid Al Wustho barat Pura Mangkunegaran Solo,” ujar Andi.