Connect with us

Nasional

Anies Soal Listrik Padam: Ada Hikmahnya

Published

on

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (26/9/2018).(Foto: KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Geosiar.com, Jakarta – Gubernur DKI Anies Baswedan turut berkomentar atas peristiwa pemadaman listrik massal di sebagian besar wilayah Jawa yang terjadi pada sejak Minggu (4/6) hingga Senin (5/8) kemarin. Ia mengatakan, ada hikmah yang dapat diambil dari kejadian tersebut.

“Hikmah dari kejadian kemarin menyadarkan kita bahwa pentingnya memiliki standar operasi tindakan dalam kondisi kedaruratan tanpa ada aliran listrik,” kata Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (7/8.2019).

Lebih lanjut, Anies memastikan, Pemprov DKI Jakarta akan segera menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai langkah kedaruratan tanpa aliran listrik.

“Sebelumnya, banyak langkah-langkah kedaruratan yang kita miliki dengan asumsi ada aliran listrik. Setelah kejadian tersebut, kita susun SOP untuk bertindak dalam keadaan tidak ada listrik,” lanjutnya.

Selain itu, Anies mengatakan bakal menggalakkan pengadaan panel surya bagi seluruh elemen masyarakat DKI Jakarta.

“Kaitannya juga dalam konsumsi listrik, ke depannya kita akan menggalakkan penggunaan panel surya,” imbuhnya.

Saran itu ternyata disambut baik oleh General Manager Disjaya PLN, Ikhsan Asaad dengan mengatakan bahwa panel surya dinilai sebagai langkah strategis guna mengatasi problematika listrik.