Connect with us

Sumut

Kota Pematangsiantar Masuk Nominasi Kota Tersehat di Indonesia

Published

on

Ilustrasi Kota Pematangsiantar

Geosiar.com, Pematangsiantar – Tim Verifikasi Kota Sehat dari Pemerintah Pusat beserta tim pendamping dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Kota Pematangsiantar, pada Selasa (6/8/2019).

Tim dipimpin oleh Aloysia Widyastuti dari Kemenkes RI dan Theresia Lukita Siboro (Kemendagri) dan didampingi Hilde Tobing dan Rosdiana Nainggolan (Dinkes Sumut) serta Siti Rahma (Bappeda Sumut).

Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus didampingi Ketua TP PKK Nyonya Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat menyambut kehadiran rombongan di ruang serbaguna kantor Bappeda.

Aloysia menyebut, Pemerintah Kota Pematangsiantar masuk dalam nominasi Kota Tersehat, dari 202 kota di Indonesia ini.

Kunjungan pihaknya unutk melakukan peninjauan ke lapangan guna melihat langsung program-program yang telah dikerjakan mengenai Kota Sehat.

Kota Sehat berarti suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Wali Kota dalam sambutan tertulis mengatakan, untuk tahap pertama Kota Pematangsiantar berfokus pada tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Penyelenggaraan Kota Sehat pada tahapan itu demi mendapatkan penghargaan Kota Sehat dengan taraf pemantapan, yakni “Swasti Saba Padapa”.