Connect with us

Nasional

Listrik se-Jabodetabek Padam, PLN: Kami Mohon Maaf

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – Perusahaan Listrik Negara atau PLN meminta maaf atas pemadaman listrik se-Jabodetabek pada Ahad (4/8/2019). Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, pemadaman terjadi karena gangguan pada sejumlah pembangkit listrik di Jawa.

“PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip,” kata Made melalui keterangan tertulis.

Made menyatakan, gangguan ini membuat aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dinyalakan,” kata dia.

Adapun di Jawa Barat, terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area sebagai berikut; Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi serta Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal” tambah Made.

Nasional

Isu Prabowo Jadi Menteri, Gerindra: Jangan Dahului Presiden Jokowi

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

Geosiar.com, Jakarta – Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa dirinya belum tahu apakah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ke Istana hari ini.

Riza mengatakan bahwa dirinya tidak ingin mendahului keputusan Jokowi.

“Saya tidak tahu sampai hari ini. Saya tidak ingin mendahului. Semuanya kami serahkan kepada Pak Jokowi,” ujar Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Jokowi sejak pagi memanggil sejumlah orang yang dikabarkan bakal mengisi kabinetnya di jilid II. Sejumlah orang yang sudah datang ke Istana antara lain Mahfud MD, Nadiem Makarim, Wishnutama, Tetty Paruntu, Airlangga Hartarto, Tito Karnavian, dan Erick Thohir.

Riza enggan berkomentar lebih rinci soal kemungkinan Prabowo akan bertemu Jokowi hari ini.

“Nanti kita lihat saja siapa yang dipanggil dan ada urusan apa bertemu dengan Pak Jokowi,” tuturnya.

Riza mengatakan bahwa posisi partainya yang menyerahkan semuanya kepada Presiden. Menurutnya, Gerindra siap membantu di dalam pemerintahan jika diperlukan.

Lebih lanjut dia mengatakan partai tidak dalam posisi menyodor-nyodorkan atau menawar-nawar posisi di kabinet. Menurutnya, sebagai warga negara yang baik, Prabowo dan Gerindra siap membantu pemerintahan jika diperlukan.

“Pak Prabowo orang yang berjiwa besar, orang yang cerdas, bijaksana dan prajurit sejati yang selalu siap di mana pun ditugaskan,” ungkap Riza.

Continue Reading

Nasional

Mahasiswa Malang Gelar Aksi Lagi Sehari Setelah Pelantikan Presiden

Published

on

Ilustrasi Demo

Geosiar.com, Jakarta – Mahasiswa di Malang kembali menggelar aksi. Mereka kembali turun untuk berunjuk rasa di depan Balai Kota Malang, Senin (21/10/2019). Aksi dimulai dengan berkumpul di depan stadion Gajayana Malang.

“Kita longmarch ke depan gedung dewan,” tutur salah satu peserta aksi, In’am El Mushoffa seperti dikutip dari tempo.

Mereka tergabung dalam front rakyat melawan oligarki. Aksi ini tepat sehari setelah pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin digelar. Mereka menyampaikan beberapa pesan kepada Presiden dan Wakil yang telah dilantik.

Mereka kembali mengingatkan ancaman oligarki. Cuma segelintir orang, katanya, namun mempengaruhi arah dan kebijakan Negara. Keberadaan oligarki, kata In’am, berbahaya. Lantaran hanya akan menguntungkan elite. Sementara kesejahteraan dan nasib rakyat diabaikan.

Walaupun aksi belum dimulai, tetapi tampak penjagaan ketat dilakukan di depan gedung Balai Kota dan DPRD Kota Malang. Dua gedung yang berhimpitan itu dijaga oleh ratusan aparat kepolisian. Serta dibantu Satuan Polisi Pamong Praja.

Jalan utama di jantung Kota Malang pun ditutup. Akses jalan kendaraan dialihkan ke jalan lain.

Sebelumnya, tepatnya pada akhir September lalu mahasiswa di Malang berunjuk rasa menolak rancangan undang-undang yang kontroversial seperti RKUHP. Mereka juga meminta Jokowi membuat Perpu KPK.

Continue Reading

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Resmi Jabat Presiden dan Wapres 2019-2024

Published

on

Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Geosiar.com, Jakarta – Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia periode 2019-2024. Pelantikan itu berlangsung di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Baik Jokowi maupun Ma’ruf bergantian mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan presiden dan wapres terpilih serta sepuluh pimpinan MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Jokowi mengucapkan sumpahnya.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Ma’ruf Amin mengucapkan sumpanya.

Pelantikan ini dihadiri lebih 600 anggota DPR/MPR RI, sejumlah tokoh nasional seperti Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden Boediono, Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz.

Selain itu, mantan pasangan calon presiden dan wapres nomor urut 02 di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, pun turut menghadiri pelantikan itu. Kemudian, sekitar 17 perwakilan negara sahabat juga hadir menyaksikan pengambilan sumpah Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden-wakil presiden.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com