Connect with us

Dunia

Demonstran Kembali Beraksi, Jalanan Hong Kong Lumpuh

Published

on

Demonstran Hong Kong Kembali ke Jalanan. (Foto: Reuters)

Geosiar.com, Hong Kong – Massa kembali menggelar aksi unjuk rasa di sepanjang jalan utama Hong Kong, Senin (5/8/2019). Aksi demonstrasi di awal pekan ini berpotensi melumpuhkan Hong Kong.

Dilansir dari AlJazeera, Senin (5/8), setidaknya 14 ribu orang dari 20 sektor di Hong Kong ikut turun ke jalan. Mereka terlihat memakai topeng guna menutupi identitas supaya tidak menjadi sasaran penangkapan aparat keamanan setempat.

Adapun jalan utama yang sudah dipenuhi massa sejak Senin pagi tadi yaitu jalan utama menuju kereta commuter yang merupakan salah satu transportasi utama menuju bandara. Oleh karenanya, sekitar 100 penerbangan dari Hong Kong dibatalkan.

Selain jalan utama menuju kereta commuter, para demonstran juga mendapat instruksi untuk memblokir penggunaan subway.

Menanggapi aksi massa ini, Kepala Eksekutif Carrie Lam mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar konferensi pers. Namun, ia belum bisa menentukan waktu tepat.

Seperti diketahui, aksi demonstrasi di Hong Kong sudah dimulai sejak dua bulan lalu. Adapun aksi ini berkaitan dengan rencana pengesahan RUU Ekstradisi, di mana warga Hong Kong sangat menentang.

Alasannya, masyarakat menilai UU tersebut bisa membatasi kebebasan Hong Kong atas otoritas China. Misalnya, apabila UU tersebut disahkan, maka pelaku kejahatan Hong Kong akan diadili di China.

Dalam aksi tersebut, massa juga meminta Lam yang merupakan tokoh pro-Beijing untuk mundur dari jabatan yang diembannya.