Connect with us

Daerah

Setelah Rumah Wartawan, Kantor PWI Aceh Tenggara Diteror Pembakaran

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Aceh – Percobaan pembakaran kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terjadi dini hari tadi, Kamis (1/8/2019). Insiden ini terjadi dua hari usai rumah wartawan Harian Serambi Indonesia di Aceh Tenggara, Asnawi Luwi diduga dibakar.

“Ada laporan dari penjaga PWI pintunya sepertinya dicoba dibakar. Ada percobaan pembakaran pakai minyak tanah,” ujar Kapolres Aceh Tenggara AKBP Rahmad Hardeny Yanto Ekosahputro kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Polisi mendapat indfromasi laporan dugaan teror itu pagi tadi. Beberapa personel dikerahkan untuk olah tempat kejadian perkara (TKP). Didapati bekas sisa terbakar di pintu depan bagian kanan.

Hingga kini belum diketahui ada tidaknya kaitan antara percobaan pembakaran kantor PWI dengan dugaan pembakaran rumah wartawan tersebut.

“Saya ini masih di lokasi, sedang olah TKP,” imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya rumah wartawan Harian Serambi Indonesia di Aceh Tenggara Asnawi Luwi diduga dibakar oleh orang tak dikenal. Api bermula muncul dari garasi mobil.

Daerah

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, DR Hinca Pandjaitan XIII: “Hargai Warisan Leluhur dan Cintai Budaya”

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat-Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR-DPR RI ) DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS mengajak kaum milenial agar dapat menghargai warisan leluhur dan mencintai budayanyaa sendiri. Dengan menjalankan ajaran leluhur niscaya akan dihormati oleh generasi berikutnya.

“Bhinneka adalah warisan leluhur yang menumbuhkan kebudayaan dan keberagaman. Barang siapa yang menjaga dan merawat serta memajukan ajaran leluhur akan dihormati kelak para generasi ke depan,” ujar Hinca Panjaitan ketika melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Jl Asahan Kec Siantar Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (23/8/2019).

Saat digelarnya sosialisasi tersebut turut dihadiri tokoh pemuda dari beberapa organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa dan ratusan masyarakat. Juga dihadiri beberapa ormas seperti, GMKI PMKRI HMI dan GMNI.

Disampaikan Hinca Pandjaitan yang saat ini membidangi Komisi III DPR RI itu, kepada generasi muda supaya tetap menjalankan nilai Bhinneka Tunggal Ika sebagai budaya perekat bangsa.

Untuk itu, 5 Falsafah Pancasila dalam rangka memajukan kebudayaan dan memajukan bangsa harus diterapkan. Untuk mengamalkan sila Ketuhanan yakni sikap menghormati antar pemeluk agama. Sila Kemanusiaan yakni menjungjung tinggi nilai kemanusiaan antar sesama. Sila Persatuan yakni mengedepankan persatuan bangsa diatas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Sedangkan sila Permusyawaratan yakni menjungjung tinggi kehidupan yang demokratis dan menbudayakan gotong royong. Serta sila keadilan sosial yakni mewujudkan keadilan untuk mensejahterakan rakyat.

Pengamalan Pancasila tersebut dituntut agar generasi muda memiliki modal dasar untuk menghargai para ajaran leluhur dan cinta budaya dan tanah air. Sehingga tumbuh budaya membangun bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu juga, kaum milineal diajak mencintai budaya “Maragat” (pencari air nira) yang dikomsumsi sebagai minuman kesehatan dan bukan memabukkan. Karena jiwa seorang “Paragat” (pelaku pencari air nira) pantas dicontoh yakni penyabar dan pengayom. Begitu juga dengan pemimpin bangsa ini agar dapat mencontoh perilaku paragat sebagai penyabar dan pengayom. (lamru).

Continue Reading

Daerah

Masyarakat Karo Sampaikan Usulan Pembangunan Jalan Tol ke DPR RI, DR Hinca IP Pandjaitan XIII

Published

on

Masyarakat Karo Sampaikan Usulan Pembangunan Jalan Tol ke DPR RI Hinca Pandjaitan

Tanah Karo, Geosiar.com – Sejumlah
elemen masyarakat bersama 19 lintas organisasi Tanah Karo bertemu sekaligus menyampaikan usulan kepapa DPR/MPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS. Dalam pertemuan itu masyarakat berharap agar Hinca Pandjaitan dapat memfasilitasi realisasi pembagunan jalan Tol Medan-Berastagi yang sebelumnya dinyatakan batal.

Pertemuan yang sederhana dan berlangsung akrap itu di gelar di Hotel RDoz Berastagi, Jumat (23/8/ 2019). Pada kesempatan itu, anggota DPR/MPR RI Hinca Pandjaitan mendapat ini Uis Beka Buluh dari masyarakat Karo yang disampaikan anak bungsu komponis Alm Djaga Depari yakni Ngapuli Depari, di saksikan, Barisan Pemuda Karo, BEM Universitas Ogality, ICK, JPKP, PMS, Makamulia, Lembaga Adat, HMKI, Kamka, Persatuaan Warga Berastagi sejagat, Imka FE Usu, imka Unimed dan ormas lainnya serta kepala desa sempa jaya.Milala Purba.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPP Barisan Pemuda Karo, Jesayas Tarigan.AMD menyampaikan, kiranya Hinca Panjaitan dapat mendorong pemerintah pusat agar pembangunan Jalan Tol Medan – Binjai dapat terlaksana secepatnya.

“Kami masyarakat yang tergabung dalam 19 elemen yang ada, bermohon kepada Bapak Dr. Hinca Pandjaitan Anggota DPR/ MPR RI agar memfaslititasi menteri PUPR di Jakarta supaya anggaran jalan Tol itu di tampung dianggarakan kembali,” harap Jesayas mewakili aspirasi masyarakat Karo.

Hal tersebut sangat penting guna menggantisipasi kemacetan jalan Medan-Berastagi. Harapan itu juga disampaikan secara tertulis kepada Anggota DPR/MPR RI daerah Pemilihan Sumut III Hinca Panjaitan yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat Pusat itu.

Sementara itu, DR Hinca Pandjaitan menyampaikan agar maayarakat membuat proposal kembali sekaligus data data pendukung tentang usulan pembagauan Jalan Tol Medan-Berastagi.

Hinca mengaku siap menjembatani kepada masyarakat dan pemerintah dlm pembagunan jln Tol. “Untuk kepentingan umum dan masyarakat karo khususnya, sebagai anggota DPR RI, saya siap membantu dan penyampaiakan keluhan dan harapan ini kepada komisi V DPR RI dan kementrian PUPR di Jakarta,” papar Hinca.

Diakuinya, dari pengamatan selama ini yang sering berkunjung Medan-Berastagi, bahwa pembangunan jalan Tol Medan-Berastagi layak dibangun. Hinca juga sangat berharap agar pemerintah pusat, melalui Kementerian PUPR dapat menanpung anggaran Pembagunan jln Tol Medan Berastagi ini.

“Saya akui, Budaya karo dapat menggetarkan Indonesia, kita sama sama berjuag bagaimana caranya jalan Tol itu dibangun demi kepentigan masyarakat yg tegabung di 6 kabupaten yaitu Deliserdang, karo, Dairi, Samosir, Pakpak Bahart, serta Propibsi Aceh yaitu Aceh Singgkil,” ujar Hinca Panjaitan yang terpilih kembali anggota DPR RI periode 2019-2024. (rel/lm)

Continue Reading

Daerah

Kebakaran Hebat Habisi Ratusan Kios di Tembilahan Riau

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Riau – Ratusan kios dan juga los di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, hangus terbakar.

“Kebakaran ini terjadi di kawasan pertokoan dan pasar terapung di Jl Yos Sudarso, Tembilahan,” ujar Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

Kebakaran di wilayah pertokoan dan pasar ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Api masih tampak membara hingga pukul 07.00 WIB.

“Damkar dan masyarakat berjibaku bersama-sama di lokasi kebakaran untuk memadamkan api yang masih melalap bangunan pertokoan dan kios milik masyarakat di Jl Yos Sudarso,” ujar AKBP Christian Rony.

Hingga kini belum ada informasi pasti terkait jumlah ruko dan kios yang terbakar. Rony menyebut diperkirakan ada 45 ruko terbakar di 3 blok serta 100 kios di Pasar Terapung.

Polisi kini tengah melakukan penyelidikan soal penyebab kebakaran. Polres Inhil juga mengerahkan tim Labfor untuk melakukan penyelidikan di lokasi yang sudah dipasang garis polisi.

“Penyebab kebakarannya masih akan diselidikik tim Labfor. Kita saat ini melakukan pengamanan terhadap barang-barang milik pedagang kios yang bisa diselamatkan,” tutup Rony.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com