Connect with us

Politik

PDIP Gelar Kongres V di Bali, Undang Prabowo Subianto

Published

on

Ilustrasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Geosiar.com, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Kongres V pada Kamis hingga Minggu, 8-11 Agustus di Bali. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan mengundang sejumlah tokoh politik nasional dalam Kongres tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, kata Hasto, masuk dalam daftar undangan VVIP. KH Ma’ruf Amin pun menjadi bagian dari VVIP sebagai Wapres terpilih.

“Yang kami undang adalah jajaran pemerintahan negara ada bapak Presiden dan bapak Wakil Presiden. Kemudian Wakil Presiden terpilih,” kata Hasto saat jumpa pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Selain itu, PDIP juga akan mengundang kabinet Gotong Royong era Presiden Megawati Soekarnoputri, namun tidak semuanya. Tak lupa, PDIP juga mengundang sejumlah tokoh agama dan budayawan, serta mitra pengamat politik dan tokoh senior partai.

“Tokoh agama dari NU, Muhammadiyah, KWI dan lainnya turut diundang. Tokoh budayawan juga diundang secara khusus sesuai dengan agenda Kongres,” lanjut Hasto.

Tak hanya itu, Hasto membeberkan bahwa Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto menyatakan akan hadir dalam Kongres tersebut. Sebab, Prabowo diundang secara langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ketika bertemu beberapa waktu lalu.

“Pak Prabowo ketika pertemuan bersama ibu Megawati Soekarnoputri sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir,” beber Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan pihaknya tentu akan mengundang seluruh ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Kerja.

“Tentu saja para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja kami undang,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Eriko Sotarduga mengatakan jumlah tamu VVIP, VIP yang diundang sebanyak 335 orang. Kemudian, PDIP 2047 pengurus tingkat daerah dan cabang dari ketua, sekretaris dan bendahara.

Selain itu, PDIP mengundang organisasi sayap partai, seperti Baitul Muslimin, Banteng Muda Indonesia. Selain itu, perwakilan partai di luar negeri pun, kata Eriko, akan hadir.

Sementara itu, Eriko memprediksi Kongres V PDIP ini akan dihadiri 30.000 kader partai dari seluruh Indonesia.

“Konfirmasi sampai tadi malam itu kurang lebih 15.345 orang. Ini kalau kita sebut penggembira, tetapi sebenarnya kader kita yang datang dengan biaya sendiri yang datang karena ingin meramaikan suasana Kongres ini sampai hari ini dalam pengalaman kami bisa dua kali lipat. 30 ribuan yang hadir,” papar Eriko.

Dalam Kongres V mendatang, tutur Eriko, pihaknya juga bakal memberikan hiburan seperti penampilan artis PDIP Krisdayanti, dan pemutaran film oleh Rano Karno.