Connect with us

Nasional

Hari Ini, Kemenang Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Adha 1450 H

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Hari Raya Idhul Adha diperkirakan akan jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang. Akan tetapi untuk memastikannya, Kementerian Agama akan mengadakan sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah pada hari ini, Kamis (1/8/2019) yang bertepatan dengan 29 Zulqa’dah 1440 Hijriah.

Menurut keterangan tertulis dari Kemenag, sidang isbat direncanakan bakal dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin. Seharusnya akan dipimpin Menteri Agama, Lukman Hakim Saiffuddin, namun karena sedang menjalankan tugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah, Amin mengatakan Sidang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama RI Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut diharapkan Kemenag dapat menentukan waktu Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1450 Hijriah.

Sejumlah lembaga dan tokoh bersangkutan juga bakal hadir dalam sidang isbat yang dijadwalkan hari ini seperti MUI, Komisi VIII DPR, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijah,” ujar Amin.