Connect with us

Dunia

Korut Luncurkan Roket Lagi, Korsel Siaga

Published

on

Ilustrasi Roket

Geosiar.com, Korut – Angkatan bersenjata di Korea Utara (Korut) dikabarkan kembali meluncurkan sejumlah roket pada hari ini, Rabu (31/7/2019). Akan tetapi menurut pengamatan militer Korea Selatan, mereka tidak mampu mengenali jenis roket yang diluncurkan tersebut.

Dikutip dari Reuters, beberapa roket itu dilayangkan dari Semenanjung Hodo di pantai timur Korea Utara. Lokasi itu juga dipakai Korut untuk uji rudal balistik jarak pendek pada pekan lalu.

Militer Korsel mengaku akan mereka terus mengamati pergerakan Korut, dan tetap dalam keadaan siaga untuk menghalangi hal yang tidak diinginkan.

Pada 25 Juni lalu, Korut menyatakan mereka menguji dua rudal balistik jenis baru yang terbang sejauh 690 kilometer sebelum jatuh ke laut.

Ini merupakan uji coba rudal Korut pertama sejak pertemuan terakhir Presiden Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un di zona demiliterisasi (DMZ), perbatasan kedua Korea, pada akhir Juni lalu.

Dalam pertemuan dadakan tersebut, Trump dan Kim Jong-un setuju akan melanjutkan pembicaraan denuklirisasi setelah sempat terhenti pasca pertemuan keduanya di Hanoi, Vietnam, Februari lalu.

Menurut Korut, uji persenjataan tersebut dilakukan guna memperingatkan Korsel agar mengurungkan niat menggelar latihan perang dengan Amerika Serikat.

Korut juga dikabarkan sedang membangun kapal selam yang diduga dapat meluncurkan rudal balistik.

Dunia

Trump Akui Yahudi Sebagai Status Kewarganegaraan

Published

on

Presiden As Donald Trump pada acara The Israeli American Council National Summit di Hollywood, Florida, Sabtu (7/12/2019). [Foto: MANDEL NGAN/AFP/GETTY IMAGES]

Geosiar.com, Amerika Serikat – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menetapkan Yahudi sebagai sebuah etnis dan status kewarganegaraan, bukan hanya sebagai agama. Penetapan itu akan ditandai dengan penandatanganan sebuah maklumat dari perintah eksekutif Gedung Putih.

Wacana pengesahan perintah eksekutif itu diutarakan Trump dalam perayaan Hari Raya Umat Yahudi, Hanukkah, di Gedung Putih pada Rabu (11/12/2019). Trump menilai perintah eksekutif itu sebagai bentuk kepedulian dia terhadap bangsa Yahudi.

“Saya akan selalu mendukung sahabat berharga dan sekutu kami, negara Israel,” ujar Trump seperti dikutip AFP, Kamis (12/12/2019).

Dengan demikian, siapa pun yang mendiskriminasi orang Yahudi maka pemerintah AS kemungkinan bakal menghukum pelaku diskriminasi berdasarkan Undang-Undang Hak Warga Sipil. Selain itu, Trump juga mengklaim bahwa dirinya merupakan presiden AS satu-satunya dalam sejarah yang pro-Israel.

Namun, sejumlah pihak mengkritik perintah eksekutif itu dan menganggap Trump sebagai calo Israel.

“Perintah eksekutif ini tampaknya dirancang tidak untuk memerangi anti-Semitisme tapi lebih kepada ingin menekan kebebasan berbicara untuk menindak para kritikus Israel,” tutur Presiden J Street, Jeremy Ben-Ami, sebuah kelompok pro-Israel sayap kiri.

Dia menganggap perintah eksekutif justru berbahaya bagi Gedung Putih, sebab dapat secara sepihak membungkam berbagai kritik non-kekerasan terhadap Israel dengan embel-embel anti-Semit.

Continue Reading

Dunia

1,2 Juta Kulit Manusia Dipesan untuk Korban Luka di Selandia Baru

Published

on

Korban letusan gunung di Selandia Baru di pulau White Island. [Foto: AFP]

Geosiar.com, Wellington – Sebanyak 1,2 juta cm2 kulit manusia sudah dipesan pemerintah Selandia Baru untuk mengobati korban yang menderita luka bakar hingga 95% akibat letusan gunung berapi di White Island pada Senin lalu. Kulit itu dipesan langsung dari Amerika Serikat (AS).

“Karena jumlah korban luka bakar yang belum pernah terjadi sebelumnya pada satu waktu dan sifat luka bakar mereka dari gas vulkanik beracun, ahli bedah harus bekerja lebih cepat dari biasanya,” ujar Direktur Klinis Rumah Sakit Middlemore, Dr Peter Watson, dilansir dari Sky News, Kamis (12/12/2019).

Watson mengaku 1,2 juta cm persegi kulit akan datang dari AS karena mereka sangat membutuhkan lebih banyak cangkok kulit. Ada 29 pasien yang menderita luka bakar. Beberapa di antaranya mengalami luka bakar hingga 95%, sementara rata-rata adalah 40-50%. Dari 29 korban, 22 orang mendapat dukungan pernafasan karena luka bakar mempengaruhi paru-paru mereka.

“Tubuh manusia memiliki sekitar 20sqm kulit, dengan telapak tangan sekitar 1,5% dari kulit tubuh,” jelasnya.

Diperkirakan, Ahli bedah akan melakukan operasi selama 500 jam dalam beberapa hari dan bulan ke depan.

Continue Reading

Dunia

Baku Tembak di NYC, 6 Orang Tewas Termasuk Polisi

Published

on

Ilustrasi pihak kepolisian New York.

Geosiar.com, New York – Penembakan brutal kembali terjadi di pinggiran New York City, Amerika Serikat pada Selasa (10/12/2019) siang waktu setempat. Akibatnya, enam orang dilaporkan meninggal dunia termasuk seorang polisi dan dua tersangka.

“Para petugas kami ditembaki selama berjam-jam,” ujar Kepala Kepolisian Jersey City, Michael Kelly, seperti dilansir dari AFP, Rabu (11/12/2019).

Selain polisi dan tersangka, tiga warga sipil juga tewas dalam insiden penembakan yang dimulai di sebuah pemakaman dan berakhir di sebuah toko itu. Namun, Kelly mengatakan pihaknya masih belum mengetahui motif dari penembakan. Lima dari enam orang yang tewas, ditemukan dalam sebuah toko.

“Kami yakin bahwa dua orang di antara mereka adalah penjahat sedangkan tiga orang lainnya adalah warga sipil,” lanjutnya.

Lebih jauh, Kelly menceritakan kronologi penembakan. Ia menyebut gerakan kedua tersangka sangat cepat dan terus-menerus selama empat jam. Ratusan polisi dari New Jersey dan New York, termasuk para polisi taktis bersenjatakan senapan serbu, diturunkan untuk meredam para pelaku.

Media setempat menjelaskan insiden penembakan bermula saat seorang polisi yang menyelidiki kasus pembunuhan, mendekati para tersangka di pemakaman. Polisi bernama Joseph Seals menjadi korban tewas pertama dalam insiden tersebut.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com