Connect with us

Selebritis

Polisi: Nunung Pengguna Aktif Narkoba

Published

on

Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya Iyan Sambiran menangis usai rilis kasus di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). (Foto: Suara)

Geosiar.com, Selebritis – Kabid Narkoba Puslabfor Polri, Kombes Sodiq Pratomo mengungkap hasil pemeriksaan urine, rambut, dan darah terhadap komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat, Selasa (30/7/2019).

Sodiq mengatakan, berdasarkan pemeriksaan darah, alat yang digunakan tidak mendeteksi adanya kandungan narkoba. Namun melalui pemeriksaan urine, terdeteksi positif mengandung metamfetamin.

“Dari darah karena sudah diambil dari pada hari kelima, alat kami sudah tak mendeteksi barang bukti tersebut di darah tersangka. Kemudian yang di urine walalupun 4, 5 hari, ternyata positif mengandung metamfetamin,” kata
Kombes Sodiq Pratomo saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (30/7/2019).

Kendati demikian, hal mengejutkan terungkap dari hasil pemeriksaan urine di mana Nunung terbukti sebagai pengguna aktif narkoba. Sebab, jika pengguna tidak aktif, jelas Sodiq, biasanya 2 atau 3 hari zat metamfetamin sudah tidak ditemukan lagi.

“Dia adalah pengguna aktif. Biasanya kalau (diperiksa) 2, 3 hari (setelah penangkapan), kalau pengguna yang tidak aktif biasanya sudah tidak kita temukan di urine. Namun ini masih kita temukan pada hari kelima dan kadarnya cukup tinggi,” tambah Sodiq.

Selain tes urine, pengujian rambut Nunung juga menunjukkan positif mengandung zat narkoba.

“Kami ambil rambut (Nunung), panjangnya 11,9 cm. kemudian tersangka JJ sekitar 33cm, setelah kami lakukan pengujian, bahwa benar positif dari tersangka NN dan JJ,” ujar Sodiq.

Dengan demikian, pihak kepolisian menyimpulkan bahwa Nunung memakai narkoba sejak 13 bulan lalu.

“Setelah kita lakukan runut, secara teoritrikal, rambut kita tumbuh antara 0,5 cm sampai 1,3 cm per bulan. Sehingga kalau kita asumsikan tersangka pertumbuhan rambutnya satu bulan 1 cm, maka paling tidak dia sudah menggunakan 13 bulan,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan ini sejatinya mengejutkan banyak pihak, pasalnya Nunung mengaku menggunakan narkoba berupa sabu sejak 5 bulan lalu. Sebelumnya, ia mengaku pernah memakai barang haram itu dua puluh tahun lalu, tapi sempat berhenti dan kembali menggunakan 5 bulan belakangan ini.