Connect with us

Sumut

Kunjungi Salib Kasih, Jokowi Beli Jaket Ulos Rp 2,5 Juta

Published

on

Hari kedua kunjungan kerja Jokowi di Salib Kasih Selasa (30/7/2019)

Geosiar.com, Sumut – Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Sumatera Utara direncanakan bakal mengunjungi sejumlah lokasi di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), mulai dari meninjau Dermaga Pelabuhan Muara, wisata Salib Kasih, hingga menyambangi Pasar Tradisional Siborongborong.

Menurut pantauan, pada kunjungan kerja di hari kedua, Senin (30/7/2019) rombongan Jokowi bertolak dari penginapan Hotel Esther di Siborongborong ‎menuju ke Taman Wisata Salib Kasih di Kabupaten Tapanuli Utara sekitar pukul 07.00 WIB. Jokowi dan rombongan menikmati keindahan Salib Kasih selama 45 menit, serta menyapa masyarakat di Pasar Tradisional Siborongborong.

Jokowi juga menyempatkan mampir ke stan tenun. Dirinya melihat-lihat jaket yang dijajakan. Dia memegang satu jaket kain ulos warna merah yang kemudian dia berikan ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Ini Pak, beli. Bayar loh ya,” ujar Jokowi ke Basuki.

Penenun kain ulos bernama Deborah Hasugian menungkapkan, jaket tenun pilihan Jokowi tersebut jenis ulos Sibolang Rasta seharga Rp 2, juta.

“Harga jaketnya Rp 2,5 juta. Sama juga yang dibeli oleh Pak Menteri harganya juga Rp 2,5 juta,” kata Deborah.

Penenun mengatakan harga jaket itu tinggi karena terbuat dari kain tenun asli. Dia mengatakan, selama ini kain ulos biasanya hanya digunakan untuk upacara adat. Tapi kini dia dan kelompoknya mengkreasikan bentuk ulos.

Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke The Kaldera Toba Nomadic Escape di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Siang harinya, setelah makan siang, Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan menuju Dermaga Ajibata, Kabupaten Toba Samosir menuju ke Dermaga Ambarita Samosir dengan menunggangi kapal motor.

Selanjutnya di Samosir, tepatnya di Lapangan Ambarita, Presiden Jokowi akan membagikan sertifikat tanah bagi warga di Samosir.

Jokowi dan rombongan akan menginap di Samosir Cottage untuk melanjutkan kunjungan kerja hari ketiga, yakni Rabu (31/7/2019) di sejumlah kawasan wisata di Kabupaten Samosir.