Connect with us

Nasional

Jokowi Pastikan Ibu Kota Baru di Kalimantan, Lokasi Persisnya Agustus Nanti

Published

on

Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa ibu kota negara bakal dipindahkan ke Kalimantan. Akan tetapi dirinya masih merahasiakan Kalimantan sebelah mana yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota Indonesia yang sebelumnya di Jakarta.

Jokowi mengaku, lokasi ibu kota negara yang baru memang telah ditentukan di Kalimantan. Akan tetapi untuk wilayah pastinya Jokowi akan mengumumkan pada Agustus 2019 mendatang.

“Ya kan memang dari dulu saya sampaikan, Kalimantan yang mana yang belum nanti kita sampaikan Agustus lah,” tandas Jokowi ketika meninjau lokasi wisata di The Kaldera Nomadic Escape, Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019).

Jokowi menyebut, kajian yang dilakukan untuk ibu kota baru tersebut belum rampung. Dia ingin kajian yang menyeluruh dilakukan sebelum mengumumkan wilayah ibu kota yang baru.

“Kajian belum beres dan tuntas. Kajian kebencanaan air, kajian keekonomian, kajian demografi, sosial politiknya, serta pertahanan keamanan semua harus komplet.

Jokowi mengatakan bahwa dirinya tidak akan tergesa-gesa untuk menentukan lokasi Ibu Kota RI yang baru. Namun dia menekankan persoalan ini bisa segera tuntas.

“Kita tidak ingin tergesa-gesa, tapi ingin secepatnya diputuskan,” tutupnya.