Connect with us

Lifestyle

Alami Morning Sickness, Ibu Hamil Patut Coba Makanan Ini

Published

on

ILUSTRASI

Geosiar.com, Lifestyle – Sudah lumrah bagi ibu hamil trimester pertama sering mengalami morning sickness. Keadaan ini membuat ibu hamil cenderung menghindari makanan, apalagi yang berbau tajam. Meski mengalami mual dan muntah yang hebat, ibu hamil harus tetap memperhatikan makanan agar nutrisi janin terpenuhi untuk tumbuh kembangnya.

Sebab, nutrisi yang tepat adalah kunci utama untuk ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengetahui jenis makanan yang penting, terutama pada trimester pertama.

Untuk mengatasi morning sickness, ibu hamil harus menghindari makanan dengan aroma yang kuat dan makanan yang dapat menyebabkan mual. Makan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering dapat membantu melewati masalah ini.

Selain metode itu, 3 makanan ini bisa dicoba untuk mengurangi gejala morning sickness. Apa saja sih? Simak yuk!

Salad Buah Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi. Hal ini dapat membantu meringankan dehidrasi yang terjadi akibat sering muntah. Tak hanya itu, semangka juga buah dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah, sehingga cocok dijadikan camilan saat merasa mual.

Kue Jahe

Bumbu dapur satu ini sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa mual yang disajikan dalam bentuk minuman. Oleh karena itu, wanita yang mengalami gejala morning sickness sering beranggapan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sangat membantu. Salah satu makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang bisa mengatasi mual dan muntah adalah kue jahe yang mengandung karbohidrat dan jahe.

Muffin Oatmeal Pisang

Makanan ini cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan. Muffin oat pisang bisa sangat ampuh membuat lambung terasa lebih nyaman. Selain itu, buah pisang yang terkandung dalam makanan ini merupakan sumber kalium dan zat besi yang sangat bagus untuk wanita hamil.

Tidak cuma makanan, beberapa minuman pun dikenal ampuh mengatasi morning sickness. Di antaranya, air lemon yang mengandung vitamin C dan memiliki sifat antioksidan, serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Kemudian, air kelapa muda yang mengandung lima elektrolit, yaitu kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan kalsium dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi akibat morning sickness.