Connect with us

Sumut

Bagariel: Pendidikan Karakter Harus Dimulai Sejak Pendidikan Dasar.

Published

on

Medan, Geosiar.com – Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan bagi generasi mendatang dibutuhkan pendidikan karakter. Sedangakan pendidikan karakter itu harus dimulai sejak dini masa anak di sekolah dasar.

Demikian tulisan yang disampaikan salah satu guru SD di Medan Amplas, Bagariel Boby Manurung (foto) yang diterima Geosiar.com, Senin (29/7/2019). Dikatakan, pendidikan karakter itu sangat perlu agar si anak memiliki karakter yang kuat dan positif dimasa mendatang.

Selain itu, sebut Bagareil Manurung, tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Pendidikan karakter merupakan kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.

Maka itu, untuk mewujudkan karakter yang baik sangat dibutuhkan peran guru sebagai garda terdepan dalam membentuk karakter muridnya, khususnya guru sekolah dasar.

Ditambahkan Bagariel Boby Manurung, penanaman pendidikan karakter perlu dilakukan ketika si anak mulai belajar di tingkatan sekolah dasar. Peran guru SD sangat vital. “Jika sudah salah dari dasar, pasti akan sedikit mengalami kesulitan untuk memperbaiki nya,” tulisnya.

Untuk itu, sudah selayaknya segenap tenaga pengajar di sekolah dasar harus mampu menanamkan kesadaran kepada anak muridnya agar memiliki karakter yang baik dan menjadi generasi penerus bangsa yang cemerlang. (lamru)