Connect with us

Sumut

Pengurus PGPI Sergai Periode 2019-2024 Dilantik

Published

on

Pelantikan PGPI Serdan Bedagai (Sergai) periode 2019-2024 di aula Pondok Senangkong, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sabtu (27/7/2019).

Geosiar.com, Sergai – Sekjen Persatuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Wilayah Sumut-NAD, Drs JW Panjaitan STh melantik dan mengukuhkan pengurus PGPI Serdan Bedagai (Sergai) periode 2019-2024  di aula Pondok Senangkong, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sabtu (27/7/2019).

Adapun susunan baru pengurus PGPI Sergai, yakni Pdt Mian Simaremare STh (Ketua), Pdt Dr Dapat Damanik MTh MPd (Sekretaris), dan Pdt Jawarman Simarmata SPdK (Bendahara).

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya, Ketua DPRD H Syahlan Siregar ST, jajaran PGPI Wilayah Sumut-NAD, Asisten Pemerintahan Umum Drs Herlan Panggabean. 

Kemudian, anggota DPRD Togar Situmorang, Kabag Kesra Arianto SPd MSi, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution S.Sos MM, serta pengurus PGPI Sergai Terpilih Periode 2019-2024. 

Wabup Darma dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan pelantikan kepengurusan PGPI Sergai Periode 2019-2024 ini. Menurutnya, PGPI yang merupakan wadah organisasi Kristen dan perpanjangan tangan umat Kristiani, khususnya jemaat Pentakosta, turut serta membangun kerukunan kehidupan beragama dalam perannya bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“PGPI mampu membina dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME serta mampu berkoordinasi dan bersama dengan organisasi keagamaan lainnya untuk menciptakan kehidupan beragama yang rukun dan damai di Kabupaten Sergai,” ujar Darma.

Selain itu, Darma juga mengatakan bahwa kegiatan keagamaan di Pemkab Sergai telah menginisiasi. Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada seluruh aparat sipil negara (ASN) untuk menyisihkan sebagian rezekinya melalui Gerakan Amal Kasih (GAK), sementara untuk Muslim lewat Gerakan Amal Soleh (GAS). 

“Sehingga hal-hal keagamaan dapat ditanggulangi secara bersama, sebab ini adalah untuk amal jariyah kita juga nantinya. Jalin terus persaudaraan dalam keberagaman, kalau ada yang runcing bagaimana agar tidak melukai, agar kita semua tetap bersatu dalam persaudaraan,” lanjut Darma.

Selanjutnya, Wabup sempat menyinggung soal narkoba yang harus dihindari mulai dari diri sendiri. Ia berharap masyarakat berani memerangi kejahatan narkotika dengan cara melaporkan segala potensi kejahatan maupun peredaran narkoba agar dapat dibasmi sehingga dapat menyelamatkan generasi mendatang. 

“Hal tersebut akan mempermudah tugas aparat keamanan untuk menghentikan penyalahgunaan narkoba yang semakin mengkhawatirkan,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD H Syahlan Siregar ST berharap pengurus yang terpilih benar-benar menjalankan tugasnya dalam upaya mempersatukan umat Pentakosta agar mendapatkan kasih dari Tuhan. 

“Hal-hal yang dilarang Tuhan seperti kejahatan, penyalahgunaan narkoba, dan lainnya yang saat ini menjadi hal yang meresahkan dan sekarang menjadi tanggung jawab kita semua. Selain itu mengurus umat bukanlah seperti mengurus usaha, namun lebih dari itu. Kita harus konsisten dan tegas dalam menyikapi hal tersebut,” ujar Syahlan.

Selain itu, Syahlan mengajak kepada seluruh pihak untuk mempererat persatuan dan kesatuan melalui pelantikan PGPI. Sebab, menurutnya PGPI telah menambah elemen pendukung pembangunan guna mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera dalam kasih Tuhan.  

“Mari tunjukkan keteladanan kita dengan menghargai serta menghormati guna menjadi contoh kepada masyarakat dengan memperbaiki hubungan dengan Tuhan dan hubungan dengan sesama manusia,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen PGPI Wilayah Sumut-NAD Drs JW Panjaitan STh mengapresiasi dukungan serta perhatian dari pemerintah daerah, khususnya Bupati dan Wabup yang selalu hadir pada acara PGPI. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada panitia dan ucapan selamat bekerja  kepada pengurus PGPI Sergai yang baru dilantik.

“Mohon dukungan dari pemerintah daerah agar nantinya PGPI Sergai ini dibimbing serta dibantu dalam segala kegiatan. Selain itu anggota PGPI juga harus total memberikan sumbangsih kepada pemerintah daerah melalui pembinaan keagamaan masyarakat agar diberkati Tuhan,” harap Panjaitan.

Ketua PGPI Sergai periode 2019-2024 Dr Mian Simaremare STh juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak yang hadir dan mendukung terlaksananya kegiatan pelantikan ini.

“Semua pihak untuk bekerjasama dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini, sebab dengan bekerja sama maka pekerjaan yang berat akan terasa ringan dan dapat kita selesaikan dengan baik. Bantuan tersebut adalah dengan menanggulangi penyalahgunaan narkoba serta kejahatan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Pdt Heri Manalu dalam kesempatan itu mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus PGPI yang baru dilantik. 

“Kami adalah golongan para Pendeta yang telah lama menjadi pengurus PGPI di Sergai aktif dan mendukung segala program pemerintah kabupaten Sergai agar diberkati Tuhan. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Gereja-gereja yang tergabung dalam PGPI Sergai. Untuk itu disampaikan bahwa segala biaya dan tenaga adalah berkat solidaritas seluruh gereja di wilayah denominasi Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ujarnya.(art)