Connect with us

Politik

Boydo HK Panjaitan Gelar Sosialisasi Perda, Minta Pelaku Usaha Taat Pajak

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Boydo HK Panjaitan SH minta Pemko Medan maksimal menerapkan Perda Pajak Reklame. Pemko didorong memiliki inovasi dan kreatifitas menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari reklame.

“Melihat banyak reklame di Medan sangat pantas Kota Medan memperoleh pajak reklame yang cukup besar. Tapi nyatanya tidak, untuk itu kita harapkan Perda ditegakkan dengan benar sehingga menggugah pelaku usaha sadar akan bayar pajak reklame yang sesungguhnya, ujar Boydo HK Panjaitan saat menggelar sosialisasi ke XII Tahun 2019 Perda Kota Medan No 11 Tahun 2011 tentang pajak reklame di Jl Garu III Gg Swadaya Kel Harjosari I Kec Medan Amplas, Minggu (28/7/2019). Hadir saat sosialisasi ratusan warga masyarakat.

Dikatakan Boydo, saat ini reklame di Medan masih banyak dan semrawut. Untuk itu, Pemko Medan kiranya lebih maksimal menata dan memanfaatkan potensi yang ada. “Bagi pelaku usaha reklame kita minta agar sadar dan tertib membayar pajak sesuai ketentuan. Pelaku wajib pajak kiranya sadar bahwa pajak yang disetornya demi kepentingan umum membangun kota Medan,” ujar Boydo yang juga Bendahara PDIP Kota Medan itu.

Ditambahkan Boydo, selama ini banyak kebocoran pajak reklame yang dinikmati oknum tertentu. Hal tersebut disebabkan lemahnya penerapan Perda. Kedepan, kiranya hal itu tidak terjadi lagi karena sudah ada payung hukum yang mengatur.

Pada kesempatan itu Boydo berharap masyarakat ikut mengawasi objek pajak reklame yakni semua penyelenggaraan reklame. Pengawasan diharapkan memaksimalkan pajak reklame masuk ke kas Pemko Medan.

Seperti diketahui dalam Pasal 3 ayat 2 yang dimaksud objek pajak yakni reklame papan bilboard/vidiotron/megatron, reklame kain, reklame melekat atau stiker, selebaran, berjalan termasuk dikendaraan, udara, apung, suara, film/slide dan reklame peragaan.

Diketahui, Pajak reklame ditetapkan di Medan 13 Oktober Tahun 2011 oleh Walikota Medan Drs Rahudman Harahap. Perda Pajak Reklame terdiri 37 Pasal dan XVI BAB. (lamru)