Connect with us

Sumut

Rumah Terbakar di Langkat, Polisi: Api Berasal dari Puntung Rokok

Published

on

Ilustrasi kebakaran.

Geosiar.com, Langkat – Kobaran api melahap habis satu unit rumah keluarga Tumino (50) warga Dusun I Sumur Bor, Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (25/7/2019) dini hari.

Kapolsek Padang Tualang, Langkat, AKP Sammailun Pulungan, saat dikonfirmasi Jumat (26/7/2019), mengatakan seusai pihak kepolisian mengadakan olah tempat kejadian (TKP) diketahui sumber api berasal dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

“Penyebab kebakaran, setelah dilakukan olah tempat kejadian kebakaran berasal dari api puntung rokok yang dibuang di tumpukan serbuk ketaman kayu,” tutur AKP Sammailun Pulungan, Jumat (26/7/2019).

Informasi ini disampaikan oleh salah satu anak korban, Ardi Susena, yang mengatakan sebelum peristiwa kebakaran terjadi, mereka sedang mengetam kayu namun belum sempat dibersihkan lantaran sudah larut malam.

“Menurut anak korban Ardi Susena, mereka sebelum terjadinya kebakaran, bekerja mengetam kayu hingga malam hari. Serbuk ketaman katu belum sempat mereka bersihkan yang berada di samping garasi mobil,” jelas Sammailun Pulungan.

Menurut penuturan warga sekitar, api menjalar dari bagian depan rumah korban, tepatnya pada garasi mobil. Saat peristiwa itu terjadi, rumah dihuni anak dan menantu beserta 2 orang cucunya, sementara pemilik Tumino (50) sedang berada di rumah kebun yang berada di kawasan kampung Dusun Teladang, Kecamatan Padang Tualang.

“Rumah dihuni anak dan menantu beserta 2 orang cucunya. Malam sekitar jam dua lewat, anak Pak Tumino bernama Ardi Susena berteriak minta tolong karena ada kebakaran dibagian depan rumahnya, tepatnya pada garasi mobil. Wargapun terbangun memberikan pertolongan, dengan menyelamatkan sebahagian harta/isi rumah yang bisa diselamatkan. Api terus merembet hingga mbakar seluruh rumah”, jelas tetangga korban, Selamat dan Adi.

Namun, korban baru mengetahui kalau rumahnya terbakar ketika mereka mendengar suara ledakan dari dalam garasi mobil.

“Betapa terkejutnya Ardi malam itu, dia tersentak dari tidurnya mendengar suara ledakan dari garasi mobil, dan melihat api telah membakar rumah mereka. Belum tahu asal api dan penyebab kebakaran, polisi sudah melakukan olah kejadian”, tambah warga.

Akibat peristiwa kebakaran ini, rumah dan harta benda korban, termasuk satu unit mobil Toyota Avanza, 2 unit sepeda motor serta lainnya, ludes terbakar. Beruntung, tak ada korban jiwa akibat kebakaran ini, namun kerugian material diprediksi mencapai Rp 400 juta.