Connect with us

Dunia

Gempa Filipina: 8 Orang Tewas dan Puluhan Luka-Luka

Published

on

Situasi pasca gempa yang mengguncang sebuah pulau di Filipina hari ini, Sabtu (27/7/2019). (Foto: AP Photo/Agnes Salengua Nico)

Geosiar.com, Manila – Gempa bumi mengguncang sebuah pulau di Provinsi Batanes, Filipina Utara, Sabtu (27/7/2019) sekitar pukul 04.15 waktu setempat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS mengatakan gempa mengguncang kawasan tersebut sebanyak dua kali dengan kekuatan magnitudo 5,4 dan magnitudo 5,9. Tak ada peringatan tsunami.

Dilansir dari AFP, Sabtu (27/7/2019), gempa itu mengakibatkan delapan orang tewas dan 60-an orang lainnya luka-luka. Berdasarkan foto yang beredar di media Filipina memperlihatkan sejumlah bangunan ambruk serta jalanan yang retak akibat gempa ini.

Polisi Sersan Uzi Villa mengatakan, ketika gempa pertama berlangsung, masyarakat dilaporkan masih tertidur pulas. Namun, ketika gempa kedua yang lebih kuat terjadi lebih dari 3 jam kemudian baru warga setempat menyadari bencana itu.

“Beberapa orang meninggal karena mereka sedang tidur pulas karena masih sangat pagi. Kami melihat rumah-rumah bergoyang. Sebagian tembok rumah-rumah ambruk dan menimpa para korban,” jelas polisi setempat, Sersan Uzi Villa.

Provinsi Batanes sendiri merupakan sekelompok pulau kecil dengan penduduk yang jarang, yang berlokasi di sebelah utara Pulau Luzon, pulau terbesar di Filipina.