Connect with us

Politik

Bahas Pengganti Ma’ruf Amin, MUI Bakal Gelar Rakernas

Published

on

Ma'ruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sudah sah ditetapkan KPU sebagai wakil presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden 2019. Oktober mendatang Ma’ruf akan dilantik di MPR.

Ma’ruf sendiri sudah menyatakan bakal mundur dari posisinya sebagai Ketum MUI apabila telah resmi dilantik sebagai wapres. Mengenai hal itu, MUI akan segera membahasnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) September atau Oktober mendatang.

“Kita belum ada pembahasan utuh, nanti kita biasanya dibahas pada saat rakernas dan pasti diputuskan nanti di munas. Ya mungkin di tahun ini, apakah September atau awal Oktober, belum diputuskan kapan waktunya,” ujar Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis di Puri Agung Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

Cholil menjelaskan, belum ada pihak yang mencalonkan ataupun akan dicalonkan dalam bursa calon Ketum MUI hingga saat ini. Menurutnya Ketum MUI bukan mencalonkan, akan tetapi dicalonkan.

“Belum ada pencalonan, belum ada yang mencalonkan. Tapi biasanya kita bukan mencalonkan, tapi dicalonkan. Jadi catatan MUI enggak ada berebut jadi ketua, jadi modelnya dicalonkan atau dipilih,” jelas Cholil.

Menurut Cholil tidak ada pihak yang menginginkan posisi ketum MUI. Hanya saja, siapapun yang nantinya dipilih dan ditunjuk untuk menggantikan Ma’ruf, harus siap untuk mengemban tugas-tugasnya.

“Di MUI kan semua berebut untuk tidak jadi ketua, jadi bukan berebut jadi ketua. Tapi ketika diberi amanah, mereka semua harus siap, siapapun yang dipilih dia pasti siap,” imbuh Cholil.