Connect with us

Dunia

Uji Coba Rudal Baru, Kim Jong-un: Peringatan untuk Korsel-AS

Published

on

Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un.

Geosiar.com, Pyongyang – Militer Korea Utara (Korut) menggelar uji coba rudal baru pada Kamis (25/7/2019). Uji coba ini diawasi langsung oleh Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un.

Kantor berita Korut, KCNA mengatakan uji coba rudal kali ini menggunakan jenis baru yang dianggap lebih canggih karena mampu terbang dengan ketinggian rendah sehingga senjata itu sulit untuk dicegat. Salah satu rudal mampu terbang hingga 690 kilometer sebelum jatuh ke laut.

Peluncuran rudal ini, kata Kim seperti dilaporkan KCNA, merupakan peringatan keras terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat terkait pengadaan latihan militer bersama. Korsel memang berencana untuk menggelar latihan militer rutin tahunan bersama Amerika Serikat (AS) pada bulan

depan. Latihan ini dikabarkan bakal melibatkan 30 ribu personel AS dan 10 ribu personel Korsel. Hal ini selalu membuat Pyongyang cemas.

Oleh karena itu, Kim berupaya mengingatkan kedua negara tersebut dengan meluncurkan senjata nuklir kebanggaan negaranya.

“Kim Jong-un memperingatkan Seoul untuk tidak mengabaikan peringatan tersirat Korut terkait perkembangan senjatanya,” demikian pernyataan KCNA, dilansir AFP, Jumat (26/7/2019).