Connect with us

Dunia

Museum Militer Bawah Laut Pertama Dunia di Yordania

Published

on

Penenggelaman satu helikopter militer yang disumbangkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Yordania. (Foto: Reuters)

Geosiar.com, Yordania – Pemerintah Yordania meresmikan museum militer bawah laut di lepas pantai Aqaba pada Rabu (24/7/2019). Museum ini diklaim sebagai museum militer dasar laut pertama di dunia.

Dalam proses pembuatannya, pemerintah negara kerajaan itu sengaja menenggelamkan sejumlah kendaraan militer seperti tank, kendaraan pengangkut pasukan, hingga helikopter.

Untuk menambah kesan realitas, kendaraan-kendaraan lapis baja itupun disusun sedemikian rupa mengikuti formasi pertempuran militer. Hal ini dilakukan guna menarik perhatian wisatawan yang berkunjung.

Sementara itu, Otoritas Zona Ekonomi Khusus Aqaba (ASEZA) mengatakan, pihaknya bakal menggabungkan materi “olah raga, lingkungan, dan pameran” dalam kawasan tersebut.

Dilansir dari Reuters, selain museum militer yang baru saja diresmikan, terumbu karang di perairan utara Laut Merah juga merupakan tujuan populer penyelam dan wisatawan lainnya.

Untuk menikmati wisata bawah laut ini, para pengunjung dapat melakukan snorkel, penyelam scuba, dan menggunakan perahu berlantai kaca.

Kendaraan Tank militer Yordania. (Foto: Aqaba Special Economic Zone Authority/Handout via REUTERS)
Kendaraan ambulans militer Yordania. (Foto: Aqaba Special Economic Zone Authority/Handout via REUTERS)
Helikopter militer Yordania. (Foto: Aqaba Special Economic Zone Authority/Handout via REUTERS)
Formasi kendaraan tank militer Yordania dalam pertempuran. (Foto: Aqaba Special Economic Zone Authority/Handout via REUTERS)