Connect with us

Nasional

DPR RI Gelar Paripurna Amnesti Baiq Nuril

Published

on

Rapat paripurna Komisi III DPR RI masa penutupan sidang V di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019). (Foto: Kumparan)

Geosiar.com, Jakarta – Komisi III DPR RI menyelenggarakan rapat paripurna penutupan masa sidang V tahun 2018-2019 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini, Kamis (25/7/2019) pukul 11.05 WIB.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Utut Adianto memimpin rapat. Selain itu, hadir Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Tak seperti rapat-rapat sebelumnya, rapat hari ini dihadiri lebih banyak anggota DPR.

Menurut penuturan Utut, ada 283 anggota yang hadir, termasuk di dalamnya 55 anggota izin. Seperti diketahui, izin di paripurna memang dianggap hadir. Oleh karena itu, rapat dinyatakan kourum untuk dilanjutkan.

“Menurut catatan Sekretariat Jenderal DPR RI, telah ditandatangani oleh sejumlah 283 anggota dan 55 anggota izin. Dengan demikian kuorum telah tercapai.” tutur Utut di ruang rapat paripurna, Kompleks Senayan, Kamis (25/7).

Komisi III DPR sebelumnya telah menyetujui surat pertimbangan amnesti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Baiq Nuril. Persetujuan itu disepakati secara aklamasi dalam rapat pleno pada Rabu (24/7).

Pada paripurna kali ini, ada tujuh agenda yang akan dibahas. Salah satunya terkait pandangan DPR soal surat pertimbangan pemberian amnesti untuk terdakwa UU ITE Baiq Nuril Maknun yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam rapat di Komisi III, seluruh fraksi setuju amnesti Baiq Nuril. Persetujuan itu disepakati secara aklamasi dalam rapat pleno pada Rabu (24/7/2019).