Connect with us

Politik

Mendagri Pastikan Tak Persoalkan Anies Baswedan ke Luar Negeri

Published

on

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan terkait izin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pergi ke luar negeri sudah selesai. Tjahjo menegaskan, Anies sudah melaporkan perpanjangan izin pergi ke luar negeri. Tjahjo menegaskan bulan ini juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru satu kali ke luar negeri.

“Dan bulan ini Pak Anies Baswedan baru satu kali keluar negeri,” ujar Tjahjo, Selasa (23/7/2019).

Sebelumnya, ketika Tjahjo menerbitkan surat pemberitahuan Standar Operasional Prosedur (SOP) soal Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas Ke Luar Negeri, yang diberikan kepada seluruh gubernur dan walikota di Indonesia. Tjahjo sempat menyebut nama Anies Baswedan.

Tjahjo menyebut, masih ada kepala daerah yang masih menunjukkan intensitas bepergian ke luar negeri yang tinggi. Ketika awak media bertanya apakah salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Tjahjo enggan mengkonfirmasi.

Akan tetapi dirinya mengakui Anies beberapa kali bepergian ke luar negeri.

“Dia (Anies) nggak ada wakil (Gubernur), tapi satu tahun berapa kali dia (bepergian). Hampir sebulan dua tiga kali. Ada loh gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada,” ungkap Tjahjo.

Tjahjo juga menekankan bahwa ia tidak menyinggung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Karena ia menyebut kunjungan kerja Anies sudah memiliki izin.