Connect with us

pemilu 2019

Hari Ini, MK Gelar Sidang Pemeriksaan Saksi dan Ahli Gugatan Pileg

Published

on

Sidang gugatan pileg

Geosiar.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang lanjutan sengketa Pileg 2019. Agenda sidang hari ini yakni pembuktian dan pemeriksaan para saksi dan ahli, Selasa (23/7/2019).

“Sidang hari ini pembuktian dan pemeriksaan saksi dan ahli,” kata juru bicara MK Fajar Laksono.

Sidang yang dimulai pukul 08.00 WIB ini terbagi menjadi tiga panel. Terdapat 22 perkara yang akan dilakukan pembuktian dan pemeriksaan saksi dan ahli dari Provinsi Sumsel, Jatim, Jabar dan Banten.

MK sudah membatasi jumlah saksi dan ahli yang hadir dalam sidang ini. Jumlah saksi untuk pemohon dan termohon yaitu tiga orang, sedangkan pihak terkait satu orang.

Sebelumnya majelis hakim sudah meminta kepada pihak pemohon supaya mendatangkan saksi apabila memang dirasa diperlukan. Mengingat ada batasan waktu bagi hakim untuk memutus sengketa Pileg pada 6-9 Agustus mendatang.

“Kecuali ada hal-hal lain di luar dokumen misalnya apa yang satu hal bisa pengaruhi jumlah suara yang tidak masuk dalam kerangka penghitungan seperti itu,” ujar hakim MK I Dewa Palguna.

“Misal, contoh putusan Bawaslu atau rekomendasi Bawaslu yang belum dilaksanakan padahal itu dibenarkan, padahal perkaranya sudah keburu dibawa ke MK nah itu soal lain,” tambah Palguna.

Hingga kini, dari 260 perkara diregistrasi, cuma 122 perkara sengketa Pileg 2019 yang masih disidangkan di MK usai putusan dismissal (dipilah) pada Senin (22/7/2019). Majelis hakim sudah menolak sebanyak 58 perkara dan tidak melanjutkan 80 perkara lainnya.