Connect with us

Sumut

Wakil Wali Kota Medan Dipercaya Sebagai Narasumber KKLDN

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bertindak sebagai nara sumber pada Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri (KKLDN) di wilayah Sumut dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan, Senin (22/7/20219).

Dalam pemaparannya, Wakil Wali Kota menyampaikan gambaran singkat mengenai Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan dengan luas wilayah mencapai 265,1 km². Sedangkan untuk jumlah penduduk yang tinggal sebanyak 2,4 jiwa dengan arus komuter lebih dari 500 ribu. Namun, ungkap Wakil Wali Kota dengan jumlah penduduk yang banyak dan heterogen, masyarakat Kota Medan tetap hidup dalam bingkai keberagaman.

‘’Kota Medan memiliki struktur demografi yang sangat beragam dan multikultural. Hal tersebut adalah modal dasar bagi masyarakat dalam menjalin komunikasi dan interaksi dengan antar sesama. Terlebih Kota Medan dianggap sebagai miniaturnya Indonesia karena hampir seluruh suku dan agama di Indonesia ada di sini. Namun boleh dikatakan kondisi Kota Medan senantiasa kondusif dan jarang terjadi konflik horizontal. Sebab masyarakat menyadari bahwa kenyamanan dan ketentraman merupakan suatu kebutuhan dan menjunjung tinggi nilai toleransi,’’ kata Wakil Wali Kota.

Dalam dialog yang mengusung tema ‘’Peran Suatu Komando Kewilayahan Dalam Menciptakan Kondisi Sosial, Politik Dan Keamanan Yang Kondusif Pasca Pemilu 2019 Guna Mencegah Disintegrasi Bangsa’’ selain Wakil Wali Kota, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah dan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto juga turut bertindak sebagai pembicara. Diharapkan, berbagai materi yang disampaikan dapat memberi informasi dan pemahaman terkait kondisi Kota Medan kepada para perwira yang hadir.

Selanjutnya, Wakil Wali Kota menyampaikan selama Pemilu 2019, Kota Medan juga tidak luput dari ancaman provokasi yang bersumber dari pihak-pihak yang tidak bertanggung yang menyinggung isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Menyikapi hal tersebut, Wakil Wali Kota mengungakpakan bahwa lurah, Babinsa serta Bhabinkamtibmas di Kota Medan senantiasa bersinergi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan semua pihak.

’Isu SARA menjadi isu hangat yang kerap menerpa masyarakat. Namun, kehadiran lurah dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam menciptakan suasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Apalagi potensi terjadinya konflik sosial di Kota Medan cukup besar. Namun, ikatan sosial masyarakat juga berperan aktif menciptakan iklim kehidupan yang harmonis,’’ ungkapnya.

Terkait komando kewilayahan, orang nomor dua di Pemko Medan tersebut mengungkapkan bahwa secara  struktural Kota Medan tidak memilki satuan komando. Namun di dalam kewilayahan Pemko Medan senantiasa dibangun sinergitas antara kepala derah dengan seluruh stakeholder terkait. Hal tersebut bertujuan untuk mengkoordinir segala situasi agar terhindar dari kerawanan konflik yang dikhawatirkan dapat terjadi kapanpun.

‘’Bapak Wali Kota bersama seluruh stakeholder terkait senantiasa berkoordinasi mengenai kondisi Kota Medan. Hal itu dilakukan setiap saat tidak hanya sebelum, saat dan sesudah Pemilu 2019 namun setiap saat. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat tetap dapat merasakan kenyamanan dan keamanan baik bagi yang datang berkunjung maupun yang tinggal di Kota Medan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Dirbindik Seskoad Kolonel Arm Tri Wibawa mengatakan bahwa kedatanggan bersama sejumlah perwira ke Sumut khususnya Kota Medan adalah dalam rangka melaksanakan kegiatan KKLDN sekaligus menggali informasi terkait kondisi Kota Medan pasca Pemilu 2019.

‘’Kita baru saja menggelar Pemilu 2019. Namun kita bersyukur Indonesia tetap kondusif dan aman. Oleh karenanya, kedatangan kami hari ini bertujuan untuk mengetahui peran serta seluruh prajurit dalam menciptakan kondisi sosial politik yang aman guna mencegah disintegrasi bangsa. Nantinya hasil KLLDN ini akan kami jadikan bahan kajian dalam seminar nasional pada November mendatang. Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan terhadap kegiatan KKLDN termasuk kepada Pemko Medan,’’ kata Kol Arm Tri.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB berlangsung lancar dan interaktif. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota juga menerima cinderamata yang diberikan Dirbindik Seskoad sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan foto bersama. Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan. (lamru)

Advertisement

Sumut

Puluhan Awak Mobil Tangki Ikuti Sosialisasi PT CAT

Published

on

Sosialisasi PT Cat (beritajatim.com)

Geosiar.com, Malang – Puluhan sopir atau Awak Mobil Tangki atau AMT turut serta mengikuti kegiatan yang bertemakan Pelatihan dan Gathering untuk meningkatkan pelayanan, keselamatan kerja, serta wawasan kebangsaan.

Kegiatan yang diikuti dengan kegembiraan itu digelar di tempat wisata Wendit, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (25/8/2019).

Turut hadir dalam kegiatan yang diprakarsai oleh PT Cahaya Andhika Tamara (PT.CAT) ini jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malang yang diwakili oleh Kepala Unit (Kanit) Dikyasa, Aiptu Mashuri, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0818/Kabupaten Malang-Batu, Mayor Inf. Teguh Prastowo, BPJS, serta Said Supervisor Pertamina Patra Niaga Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Malang, Angga Rahmadi Wijaya.

Komisaris PT. CAT, Maria Reinelda menyampaikan, kegiatan pelatihan dan gathering ini bertujuan untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya kebersamaan dan keselamatan, serta kedisiplin para driver dan kernet tangki BBM.

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih 40 orang AMT. Mereka diberi pelatihan tentang tata cara berlalulintas yang baik, memahami akan bahaya yang ditimbulkan oleh BBM jika terjadi sesuatu, dan wawasan kebangsaan, serta hak AMT dalam mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja,” kata Maria, Minggu (25/8/2019).

Sementara Kepala Unit (Kanit) Dikyasa, Aiptu Mashuri menyebut, pihaknya mengingatkan bawak mobil tangki agar selalu berhati-hati dan selalu mentaati peraturan lalulintas dalam berkendara.

Kasdim 0818/Kabupaten Malang-Batu Mayor Inf. Teguh Prastowo menegaskan, agar para AMT selalu meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja, karena dengan meningkatkan kedisiplinan merupakan salah satu bentuk implementasi dari wawasan kebangsaan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan negara tercinta.

“Wawasan kebangsaan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antar para sopir atau AMT tanpa harus melupakan jati diri bangsa,” tandas Mayor Teguh.

Continue Reading

Sumut

Lapak Minyak di Sarudik Ludes Terbakar, Diduga Akibat Api Rokok

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Tapteng – Lapak penjual minyak eceran yang berada di samping karaoke Holyland, Sarudik, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah dilalap api. Kejadian tersebut diduga karena percikan api rokok, Jumat (23/8/2019) malam sekira pukul 21.10 WIB.

Akibat kebakaran itu, warga sekitar panik dan berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Berdasarkan informasi yang didapat, penyebab kebakaran diduga ketika ada seseorang pengendara mengisi bensin sambil merokok.

Tak hanya menghanguskan lapak penjual minyak eceran, api juga menghanguskan satu unit warung kresek yang berada di samping pangkalan minyak itu.

Tak lama kemudian, 3 unit mobil pemadam milik Pemerintah Kota Sibolga tiba di lokasi dan memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sementara pemilik pangkalan minyak eceran enggan untuk dikonfirmasi.

Continue Reading

Sumut

Muchammad Budi Utomo Resmi Jadi Dirut Bank Sumut, Ini Pesan Gubsu

Published

on

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wagub Sumut Musa Rajekshah memimpin RUPS-LB PT Bank Sumut, Jumat (23/8/2019)

Geosiar.com, Medan – Muchammad Budi Utomo resmi diangkat menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut usai keluarnya surat keputusan hasil uji kelayakan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Pengangkatan tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Jumat (23/8/2019), di Gedung Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara.

Gubsu selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut berharap agar Dirut Bank Sumut yang baru itu dapat segera bekerja dan membenahi Bank Sumut menjadi lebih baik lagi.

“Saya ingin Dirut yang baru harus loyal ke atas dan ke bawah, dalam arti loyal ke atas pada pimpinan, dan loyal ke bawah adalah kepada anggotanya. 57 tahun usia Bank Sumut saat ini kita harusnya tidak lagi berpikir bagaimana bisa menyaingi bank daerah lain seperti Bank DKI atau Bank BJB, melainkan harus sudah berpikir bagaimana menyaingi bank yang ada di negara terdekat kita, Malaysia atau Singapura,” ungkap Gubsu.

Gubsu juga menyampaikan bakal segera melakukan penyertaan modal pada PT Bank Sumut sebanyak Rp100 miliar agar komposisi modal Pemprov Sumut di Bank Sumut mencapai 51%.

Gubernur juga berharap, penetapan dan pengangkatan Dirut Bank Sumut ini juga dapat menghentikan polemik yang muncul di sebagian masyarakat.

“Saya Gubernur Sumut selaku Pemegang Saham Pengendali, saya tidak mau terjadi seperti kemarin lagi, yang salah mengartikan maksud saya. Kami barusan melakukan rapat dengan para pemegang saham, setelah melewati berbagai macam regulasi dan prosedur, hari ini Bank Sumut telah memiliki Dirut baru,” tandas Gubsu.

Muchammad Budi Utomo adalah alumnus Fakultas Bisnis dan Manajemen United States International University, Watford, lnggris. Pada RUPS-LB tersebut, Muchammad Budi Utomo sekaligus diberhentikan dari jabatan Komisaris Non Independen PT Bank Sumut.

Turut hadir juga dalam RUPS-LB ini para bupati/walikota se-Sumut yang juga menetapkan dan mengangkat Rahmat Fadillah Pohan sebagai Direktur Operasional PT Bank Sumut Periode 2019-2023, menggantikan Didi Duharsa.

Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo menyampaikan, akan merealisasikan apa yang diinginkan Gubsu sebagai Pemegang Saham Pengendali. Untuk itu, ke depan, ia akan fokus pada tiga hal, yaitu peningkatan kualitas SDM, menuju modern banking, dan perbaikan produk.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com