Connect with us

pemilu 2019

MK Tolak 14 Perkara Sengketa Pileg 2019 Hari Ini

Published

on

Hakim Konstitusi, Enny Nurbaningsih, Hakim Konstitusi, Anwar Usman dan Hakim Konstitusi, Arief Hidayat saat sidang sengketa Pemilu Legislatif 2019, di Mahkamah Konstitusi (Kumparan)

Geosiar.com, Jakarta – Sidang sengketa pileg hari ini beragendakan pembacaan putusan kelanjutan perkara di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/7/2019). MK memutuskan untuk memberhentikan 14 perkara.

“Mengadili sebelum jatuhkan putusan akhir, menghentikan bagian perkara yang tidak dilanjutkan pada tahap persidangan selanjutnya,” kata hakim ketua, Anwar Usman saat persidangan putusan sela di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Ada berbagai alasan pemberhentian belasan perkara tersebut, salah satunya ialah karena tidak melampirkan asal daerah pemilihan. Ada pula pihak yang menolak membacakan permohonan.

Sidang kali ini ada tiga panel sidang yang akan dilakukan di MK. Untuk 14 perkara yang dihentikan ini adalah keputusan sidang panel pertama.

Dalam panel pertama, MK memutuskan untuk melanjutkan 48 perkara sengketa Pileg 2019. Saat berita ini diturunkan, MK masih melanjutkan pembacaan putusan sela panel kedua.

Berikut ini 14 perkara yang ditolak MK dalam panel pertama seperti dikutip dari detik.com:

  1. Partai Gerindra Provinsi Jawa Timur Dapil jatim I, DPR RI
  2. Partai Golkar Provinsi Jatim Dapil Pamekasan I DPRD Kabupaten
  3. Partai NasDem Provinsi Jatim, Dapil Situbondo V DPRD Kabupaten, Tulungagung I DPRD Kabupaten atas nama Ahmad Yuliyanto
  4. Partai Kebangkitan Bangsa, Provinsi Jatim Dapil VI DPRD Kabupaten (permohonan ditarik)
  5. Partai Aceh, Provinsi Aceh, Dapil Aceh IV DPRA provinsi
  6. Partai Demokrat, Aceh Singgih III, DPRA kabupaten
  7. Partai Golkar Provinsi Aceh Dapil 0 (tidak menyebutkan Dapil)
  8. Partai NasDem Provinsi DKI Dapil DKI Jakarta VI (permohonan ditarik)
  9. Partai Gerindra Provinsi Sumut, Dapil Sumut II DPR RI (permohonan ditarik)
  10. Partai Golkar Sumut, Dapil Deli Serdang VI DPRD Kabupaten, Dapil Langkat I DPRD Kabupaten, Dapil Tapanuli Tengah III, Dapil Tapanuli Selatan II
  11. PKPI Provinsi Sumut Dapil Simalungun VI DPRD Kabupaten
  12. PKB Provinis sumut Dapil Sumatera VIII DPRD provinsi, Dapil Tapanuli Selatan III DPRD Kabupaten
  13. Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Dapil Papua Barat DPR RI, Dapil Papua Barat IV DPRD, Dapil Papua Barat II, Dapil Tengarau I, Dapil Tengarau III
  14. Partai NasDem Riau, Dapil Siak III DPRD kabupaten (permohonan ditarik).