Connect with us

Sumut

Kemunculan Kuburan Tua di Proyek Jalan Tol Sergai Hebohkan Warga Sipispis

Published

on

Dua kuburan yang muncul secara mengejutkan pada proyek pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar, Minggu (21/7/2019). (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar. com, Sergai – Kejadian mistis pada proyek pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar, menghebohkan warga Desa Gunung Pane, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Pasalnya, pada pembangunan proyek tol yang berlokasi tepat di areal Hak Guna Usaha (HGU) Kebun Gunung Pamela, Distrik Serdang I, PTPN III (Persero) tersebut, muncul dua kuburan tua secara tiba-tiba pada Minggu (21/7/2019).

Berdasarkan hasil pantauan Geosiar.com di lokasi kuburan,  Minggu (21/7/2019), terlihat adanya bekas garis kuning pembatas yang melingkari empat kuburan yang posisinya tepat di lintasan jalan tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Jika dicermati secara detail, ada sesuatu yang janggal dengan kemunculan tiba-tiba dua kuburan yang tidak pernah ada sebelumnya di lokasi tersebut, sebab terlihat batu nisan pada kedua kuburan itu seperti baru saja ditancapkan.

Tak seperti batu nisan pada umumnya, batu nisan pada dua kuburan itu hanya tertulis nama saja tanpa ada keterangan waktu, seperti  tanggal dan tahun wafatnya. Hal ini sangat berbeda dengan dua kuburan lain yang letaknya berdekatan dengan kuburan mistis, sebab terlihat kuburan tersebut sudah permanen, serta tertulis nama dan waktu wafatnya pada tahun 1920.

Warga setempat bernama Hen mengungkapkan kebingungannya saat ditanya mengenai kemunculan dua kuburan tersebut.

“Kuburan di sini cuma dua, kami heran tahu-tahu kok bisa jadi empat, ” ucap Hen dengan nada heran. “Saya dari tahun 1989 kerja di sini, cuma dua kuburan di sini, memang udah ada kuburan yang dua ini, dulunya nisannya batu patok ini, kalau enggak salah ini disemen sekitar tahun 2001,” tambahnya lagi.

Senada, Man, warga lainnya, mengatakan kuburan itu muncul belakangan hari ini, tepatnya saat pengukuran jalan tol.

“ini baru-baru aja ini, tadinya belum ada, waktu pengukuran jalan tol baru keluar,” ucapnya.

Mendengar keterangan warga, tim wartawan kembali memastikan hal tersebut kepada sesepuh Desa Gunung Pane yang biasa disapa Kakek Gisok. Sesepuh inipun mengatakan bahwa benar sebelumnya hanya ada dua kuburan yang berasa di lokasi itu dari dulu kala.

“Walaupun bukan punya kakek [bukan keluarga] tapi kakek sering bersihkan kuburan yang dua ini, kalau yang dua lagi itu gak ada,” terangnya.

Terpisah, pengelola jalan tol ketika dikonfirmasi wartawan mengaku tidak mengetahui perihal asal usul kuburan yang ada di lokasi tersebut.

“Iya katanya kuburan baru memang, katanya memang gak ada itu bang, saya humas HK bang, tanya sama pengawasnya lah bang dari Waskita, Humasnya Sutris bang,” tutur Humas HK Een sembari memberikan nomor telepon Humas Waskita.

Namun, saat wartawan mencoba konfirmasi dengan menghubungi nomor telepon yang diberikan, nomor tersebut tidak aktif. (art/tem)

Sumut

Puluhan Awak Mobil Tangki Ikuti Sosialisasi PT CAT

Published

on

Sosialisasi PT Cat (beritajatim.com)

Geosiar.com, Malang – Puluhan sopir atau Awak Mobil Tangki atau AMT turut serta mengikuti kegiatan yang bertemakan Pelatihan dan Gathering untuk meningkatkan pelayanan, keselamatan kerja, serta wawasan kebangsaan.

Kegiatan yang diikuti dengan kegembiraan itu digelar di tempat wisata Wendit, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (25/8/2019).

Turut hadir dalam kegiatan yang diprakarsai oleh PT Cahaya Andhika Tamara (PT.CAT) ini jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malang yang diwakili oleh Kepala Unit (Kanit) Dikyasa, Aiptu Mashuri, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0818/Kabupaten Malang-Batu, Mayor Inf. Teguh Prastowo, BPJS, serta Said Supervisor Pertamina Patra Niaga Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Malang, Angga Rahmadi Wijaya.

Komisaris PT. CAT, Maria Reinelda menyampaikan, kegiatan pelatihan dan gathering ini bertujuan untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya kebersamaan dan keselamatan, serta kedisiplin para driver dan kernet tangki BBM.

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih 40 orang AMT. Mereka diberi pelatihan tentang tata cara berlalulintas yang baik, memahami akan bahaya yang ditimbulkan oleh BBM jika terjadi sesuatu, dan wawasan kebangsaan, serta hak AMT dalam mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja,” kata Maria, Minggu (25/8/2019).

Sementara Kepala Unit (Kanit) Dikyasa, Aiptu Mashuri menyebut, pihaknya mengingatkan bawak mobil tangki agar selalu berhati-hati dan selalu mentaati peraturan lalulintas dalam berkendara.

Kasdim 0818/Kabupaten Malang-Batu Mayor Inf. Teguh Prastowo menegaskan, agar para AMT selalu meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja, karena dengan meningkatkan kedisiplinan merupakan salah satu bentuk implementasi dari wawasan kebangsaan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan negara tercinta.

“Wawasan kebangsaan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan antar para sopir atau AMT tanpa harus melupakan jati diri bangsa,” tandas Mayor Teguh.

Continue Reading

Sumut

Lapak Minyak di Sarudik Ludes Terbakar, Diduga Akibat Api Rokok

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Tapteng – Lapak penjual minyak eceran yang berada di samping karaoke Holyland, Sarudik, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah dilalap api. Kejadian tersebut diduga karena percikan api rokok, Jumat (23/8/2019) malam sekira pukul 21.10 WIB.

Akibat kebakaran itu, warga sekitar panik dan berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Berdasarkan informasi yang didapat, penyebab kebakaran diduga ketika ada seseorang pengendara mengisi bensin sambil merokok.

Tak hanya menghanguskan lapak penjual minyak eceran, api juga menghanguskan satu unit warung kresek yang berada di samping pangkalan minyak itu.

Tak lama kemudian, 3 unit mobil pemadam milik Pemerintah Kota Sibolga tiba di lokasi dan memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sementara pemilik pangkalan minyak eceran enggan untuk dikonfirmasi.

Continue Reading

Sumut

Muchammad Budi Utomo Resmi Jadi Dirut Bank Sumut, Ini Pesan Gubsu

Published

on

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wagub Sumut Musa Rajekshah memimpin RUPS-LB PT Bank Sumut, Jumat (23/8/2019)

Geosiar.com, Medan – Muchammad Budi Utomo resmi diangkat menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sumut usai keluarnya surat keputusan hasil uji kelayakan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Pengangkatan tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Jumat (23/8/2019), di Gedung Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Sumatera Utara.

Gubsu selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut berharap agar Dirut Bank Sumut yang baru itu dapat segera bekerja dan membenahi Bank Sumut menjadi lebih baik lagi.

“Saya ingin Dirut yang baru harus loyal ke atas dan ke bawah, dalam arti loyal ke atas pada pimpinan, dan loyal ke bawah adalah kepada anggotanya. 57 tahun usia Bank Sumut saat ini kita harusnya tidak lagi berpikir bagaimana bisa menyaingi bank daerah lain seperti Bank DKI atau Bank BJB, melainkan harus sudah berpikir bagaimana menyaingi bank yang ada di negara terdekat kita, Malaysia atau Singapura,” ungkap Gubsu.

Gubsu juga menyampaikan bakal segera melakukan penyertaan modal pada PT Bank Sumut sebanyak Rp100 miliar agar komposisi modal Pemprov Sumut di Bank Sumut mencapai 51%.

Gubernur juga berharap, penetapan dan pengangkatan Dirut Bank Sumut ini juga dapat menghentikan polemik yang muncul di sebagian masyarakat.

“Saya Gubernur Sumut selaku Pemegang Saham Pengendali, saya tidak mau terjadi seperti kemarin lagi, yang salah mengartikan maksud saya. Kami barusan melakukan rapat dengan para pemegang saham, setelah melewati berbagai macam regulasi dan prosedur, hari ini Bank Sumut telah memiliki Dirut baru,” tandas Gubsu.

Muchammad Budi Utomo adalah alumnus Fakultas Bisnis dan Manajemen United States International University, Watford, lnggris. Pada RUPS-LB tersebut, Muchammad Budi Utomo sekaligus diberhentikan dari jabatan Komisaris Non Independen PT Bank Sumut.

Turut hadir juga dalam RUPS-LB ini para bupati/walikota se-Sumut yang juga menetapkan dan mengangkat Rahmat Fadillah Pohan sebagai Direktur Operasional PT Bank Sumut Periode 2019-2023, menggantikan Didi Duharsa.

Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo menyampaikan, akan merealisasikan apa yang diinginkan Gubsu sebagai Pemegang Saham Pengendali. Untuk itu, ke depan, ia akan fokus pada tiga hal, yaitu peningkatan kualitas SDM, menuju modern banking, dan perbaikan produk.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com