Connect with us

Sumut

DPRD Medan Setujui LPj Walikota Medan TA 2018

Published

on

Medan,Geosiar.com – Fraksi DPRD Medan menerima dan menyetujui Laporan pertanggungjawaban (LPj) Walikota Medan terkait penggunaan anggaran APBD TA 2018 menjadi Perda. Perda disahkan dan ditandatangani bersama oleh Wali Kota Medan, Drs Dzulmi Eldin dan Pimpinan DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung, di ruang sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (22/7/2019).

Rapat paripurna dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ikhwan Ritonga, Iswanda Ramli serta Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, didahului dengan Laporan Badan Anggaran (Banggar) selanjutnya penyampaian pendapat fraksi-fraksi DPRD Kota Medan terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kota Medan 2018.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Medan dalam kata sambutannya menyatakan, catatan strategis yang disampaikan Banggar mendorong peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (Pemda) yang lebih baik.

Selain itu, pembahasan dan keputusan DPRD Medan tentang LPj pelaksanaan APBD tahun 2018 mencerminkan wujud kemitraan dan kesetaraan yang semakin kokoh diantara legislatif dengan eksekutif.

“Banyak keberhasilan yang kita raih selama tahun 2018 dan kita terus mencermati kekurangan yang masih harus diatasi secara terintegrasi. Untuk fungsi anggaran dan pengawasan DPRD, saya juga amati berjalan semakin efektif. Laporan LPj APBD 2018 ini juga sudah dibahas dengan teliti dan mendalam sehingga dapat diparipurnakan hari ini,” sebut Walikota.

Ditambahkan Eldin, pembangunan Kota Medan selama tahun 2018 secara umum memberi banyak keberhasilan, namun banyak juga yang belum dicapai sehingga seluruh jajaran SKPD Kota Medan agar memiliki integritas dan dedikasi total abdi masyarakat.

Seperti diketahui, pandangan fraksi-fraksi terdapat catatan dan kritikan untuk Wali Kota Medan. Untuk fraksi PDI P yang dibacakan Juru Bicara Daniel Pinem, memberi kritikan terkait tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari target retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Rp 147,7 miliar hanya teralisasi Rp 25,7 miliar karena adanya penundaan pembayaran retribusi SIMB dari bangunan Center Poin dan bangunan Podomoro.

Kemudian PDI P juga mengkritisi pembangunan dan perbaikan drainase serta perbaikan aliran sungai yang melintasi Kota Medan.

Sedangkan Fraksi PKS melalui Juru Bicara Jumadi meminta Pemko Medan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan merugikan masyarakat dengan memangkas pohon-pohon yang berpotensi tumbang.

“Kami juga mendesak Pemko Medan aga segera membuat sistem Early Warning Systen kepada masyarakat disepanjang bantaran sungai sehingga dapat melakukan persiapan ketika air sungai naik secara cepat,” katanya.

Dilanjutkannya, untuk realisasi PAD, fraksi PKS menilai belum memuskan katena terlalu banyak pencaipan jauh dari target yang telah ditetapkan. Semakin menurunnya realisasi anggaran dari tahun sebelumnya sebesar 78 persen, menunjukkan tidak serius dalam menjalankan tugasnya.
“Seperti pencapaian pendapatan sektor retribusi parkir tepi jalan umum belum dapat perhatian Pemko Medan. (lamru)

Advertisement

Sumut

Kejaksaan Negeri Langkat Ajak Kaum Milenial Meriahkan Hari Anti Korupsi

Published

on

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabruddin SH SIP MH didampingi Kasi Pidsus dan Kasi Intelijen pasang stiker di truk dalam rangka Hari Anti Korupsi 2019 (Antara.com)

Geosiar.com, Langkat – Kejaksaan Negeri Kabupaten Langkat mengajak kaum generasi milenial agar anti korupsi dalam rangka mendukung daerah tersebut bebas dari korupsi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabruddin SH SIP MH, di Stabat, Senin (9/12/2019).

Pada kesempatan itu Kajari Langkat Wahyu Sabruddin bersama Kasi Pidsus Reza, Mochamad Ali Rizza SH MH dan Kasi Intelijen Ibrahim Ali SH MH, membagikan stiker dan kaos buat para pengendera sepeda motor dan bus serta truk yang melintas di Jalan Sudirman dan Jalan Zainal Arifin Stabat.

“Ini untuk mengingatkan para warga komitmen instansinya untuk tetap terus memberantas berbagai tindakan korupsi yang baik yang dilaporkan maupun hasil pendalam oleh instansinya,” ungkapnya.

“Semoga upaya yang dilakukan ini dapat memberikan dampak positip bagi tindakan pemberantasan korupsi yang terus kita gaungkan dengan menggandeng kaum milenial,” tambahnya lagi.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Langkat dan masyarakat luas lainnya turut ikut dalam kegiatan itu.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Ajak IKANAS Terus Jalin Silaturahmi dan Ukhuwa Islamiah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution hadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 144 H yang digelar keluarga besar Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Sumut di jalan STM Suka Indah, Minggu (8/12/2019). Kehadiran Akhyar disambut hangat para tokoh Nasution itu.

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini diawali dengan lantunan ayat suci Al Quran, para tamu undangan pun mendengarkan lantunan tersebut yang begitu merdu. Melalui acara ini diharapkan dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara seluruh keluarga IKANAS Sumut.

Selain Akhyar Nasution, acara Maulid itu juga dihadiri Ketua Dewan Penasehat IKANAS Sumut H Pandapotan Nasution, Sekjen DPD IKANAS Sumut H Ahmad Raja Nasution, Ketua IKANAS Kota Medan Sahlan Jukri Nasution, Al Ustadz H Aidil Mukgaidir Ritonga, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama, serta seluruh Keluarga Besar IKANAS Sumut.

Dalam sambutannya Akhyar mengatakan, mengajak untuk kuatkan tekad dalam hati untuk senantiasa mencintai sosok Rasulullah sebagai sang teladan yang utama. Mari terus berusaha agar mampu menjadi salah satu insan terbaik yang senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan Syafaat Rasulllah di akhirat kelak.

“Peringatan Maulid ini sebagai wadah silaturahmi diantara kita, karena itu mari kita terus menjaga silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara kita semua,” ajak Akhyar.

Dalam kesempatan itu Akhyar juga mengharapkan dukungan agar dapat menjalankan tugas-tugas Pemerintahan dengan baik. “Kepada seluruh pengurus IKANAS, saya mengharapkan dukungan dan masukan sehingga saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” harap Akhyar.

Sementara itu Wagubsu, Musa Rajekshah mengatakan marga Nasution merupakan marga yang tersebar di banyak daerah untuk itulah semoga IKANAS kedepanya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Sumut.

Sebelumnya Wakil Ketua DPD IKANAS Sumut, Ricki Prananda mengharapkan melalui Maulid Nabi Muhammad SAW ini seluruh pengurus IKANAS dapar meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli

Published

on

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019).

Geosiar.com, Sergai – Ratusan parholado beserta keluarga dan para pendeta merayakan Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019) pukul 14.00 WIB.

Acara perayaan Advent itu dihadiri oleh Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli Pdt Pantun Silitonga, S.Th, M.Sc, seluruh  Pendeta Resort HKBP dan Pendeta fungsional se-Distrik XIV, serta para Bibelvrow, Diakonis, parhalado/fulltimer, dan seluruh keluarga pendeta dan parhalado se-Distrik XIV.

Acara ini dilaksanakan untuk menyongsong kelahiran Yesus Kristus yang kedua kalinya, dengan mengambil tema “Sesungguhnya, Tuhan Allah Menolong Aku”. Votum dan liturgi, persembahan lagu puji-pujian serta koor setiap gereja pun turut memeriahkan perayaan ini.

Pendeta Resort Pematang Terang, Pdt Wissel Siregar M.Th, selaku tuan rumah dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur atas terlaksananya perayaan Advent Parhalado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli tersebut. 

“Selamat Advent bagi kita semua. Mari bersuka cita melalui perayaan ini,” sambutnya.

Sementara itu, Preases HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, Pdt. Pantun Silitonga S.Th, M.Sc dalam khotbahnya yang dikutip dari Jesaya 50 : 4-9 mengatakan bahwa kecepatan pelayanan para Parhalado sangat dibutuhkan untuk menentukan perjalanan gereja ke depannya.

“Seorang Parhalado/Sintua dalam gereja harus mampu melayani anggota jemaat gereja dan menjadi panutan. Ia diberi hak untuk memberitakan injil akan tetapi dia harus berkumpul dan bermusyawarah dengan sintua lain dalam suatu sesi yang disebut sermon, di mana dibahas tentang apa yang akan dikhotbahkannya dalam suatu kebaktian di gereja,” sebut Preases. 

Di penghujung khotbahnya, Preses mengingatkan kepada seluruh jemaat yang hadir bahwa sebagai makhluk sosial harus mau mendengar, berempati dan peduli kepada keprihatinan-keprihatinan yang dialami oleh sesama jemaat. 

Sebagai informasi, Distrik XIV Tebing Tinggi terdiri dari 25 HKBP Resort di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Batu Bara serta Kota Madya Tebing Tinggi. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com