Connect with us

Sumut

Sengketa Pileg 2019, Caleg PKB Datangi Kantor Bawaslu Sergai

Published

on

Caleg PKB, Suarjo bersama tim kuasa hukumnya menyerahkan amar putusan PN Sergai kepada Bawaslu Sergai soal sengketa Pemilu 2019. (Foto: Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Seorang calon legislatif (caleg) dari Partai PKB Serdang Bedagai (Sergai), Suarjo bersama tim kuasa hukumnya mendatangi kantor Bawaslu Sergai untuk menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sergai menyoal sengketa pemilihan umum (Pemilu) 2019, Sabtu (20/7/2019) sore, di Sei Rampah.

Suarjo didampingi kedua kuasa hukumnya menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim PN Sergai Nomor 317/Pid.Sus/2019/PN.SRh terkait sengketa Pemilu 2019.

Kuasa Hukum Suarjo, Syaiful dan Awaluddin secara bergantian menjelaskan, dalam putusan tersebut, terdakwa Muhammad Zaid terbukti melakukan perubahan data DAA1 di 34 TPS yang ada pada 3 Desa, yaitu Silau Rakyat, Simpang Empat dan Sei Rampah), sehingga mengakibatkan suara Caleg PKB nomor urut 5, Sarino bertambah.

“Dampak perbuatan terdakwa, Majelis Hakim berpendapat bahwa fungsi kontrol yang dimiliki KPU Sergai untuk memastikan pemilu berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil belum terpenuhi. Dan untuk itu KPU Sergai patut melakukan suatu tindakan untuk mengembalikan kepada keadaan sebenarnya,” kata Syaiful.

Selain itu, pada 1 Mei 2019, terdakwa dengan Ketua PPK Maris Santoso beserta anggota PPK lainnya telah memberikan keterangan kepada KPU Sergai, telah dicatat dalam inventarisasi masalah bahwa telah terjadi perpindahan suara dari salah satu calon kepada calon lainnya.

“Tetapi fakta di persidangan, KPU Sergai tidak melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut atau melakukan tindakan menyampaikan kepada publik saat rekapitulasi tingkat kabupaten,” imbuhnya.

KPU, tegas Syaiful, memiliki kewajiban untuk menyampaikan seluruh informasi penyelenggaran pemilu kepada masyarakat. Selain itu, bertugas mengkoordinasi, menyelenggarakan, mengendalikan dan memantau semua tahapan pemilu, namun Syaiful menilai hal tersebut tidak terlaksana di lapangan.

“Tapi kenyatannya banyak yang melenceng,” papar Syaiful.

Dengan demikian, Syaiful mengklaim bahwa kliennya menjadi korban dugaan manipulasi yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Oleh karena itu, dia berharap pihak Bawaslu Sergai bisa menindak lanjuti persoalan tersebut. 

“Untuk itu kepada Bawaslu Sergai yang telah menerima petikan amar putusan ini, agar secepatnya meminta KPU untuk menunda pelantikan terhadap Caleg PKB nomor 5, Sarino sampai kasus ini menjadi jelas dan terang,” pungkas kedua kuasa hukum Suarjo itu.

Menanggapi laporan itu, Ketua Bawaslu Sergai, Agusli Matondang didampingi Komisioner Bawaslu, Syamsul Bahri Tambusai, Sumarno, Abner Sinaga, dan L Suhaimi berjanji akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu Sumut.

“Malam ini juga dan secepatnya hasil koordinasi kami akan disampaikan kepada Kuasa Hukum dan KPU Sergai,” ucap Agusli.

Selain itu, Agusli mengaku, pihaknya telah memahami duduk persoalan setelah mendapat penjelasan dari kedua kuasa hukum Suarjo. 

“Kalau dilihat dari kondisi yang lalu juga ada benarnya bahwa beberapa masalah terdapat keanehan,” kata Agusli.(art)

Sumut

TNI Padangsidimpuan Bersama Masyarakat Rayakan HUT RI ke-74

Published

on

Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto saat di wawancarai wartawan diselah kegiatan HUT RI ke 74 di Makodim 0212 Padangsidimpuan (antarasumut)

Geosiar.com, Sumut – Dalam rangka hari ulang tahun atau HUT RI ke-74 Kodim 0212/TS menggelar berbagai perlombaan tradisional, di Lapangan Makodim Padangsidimpuan.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto yang berada di tengah-tengah masyarakat yang mengikuti lomba dengan penuh keceriaan mengungkapkan, hal itu merupakan sarana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan masyarakat dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Perlombaan tradisional yang digelar Kodim 0212/TS ini meliputi, lomba makan kerupuk, joget bola dangdut, panjat pinang dan lomba permainan tradisional seperti enggrang,” tutur Letkol Akbar, Minggu, (18/8/2019).

Sejumlah perlombaan yang diadakan itu diperuntukkan bagi masyarakat dan semua masyarakat bebas membaur bersama TNI dalam memperingati HUT RI ke 74.

Masyarakat tampak sangat bergembira merayakan hari paling bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam menentukan kemerdekaan.

Keluarga TNI dalam sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam mengikuti perlombaan dan meramaikan kegiatan guna menyemarakkan HUT RI Ke-74.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memupuk rasa solidaritas, kebersamaan serta kekompakan.

“Sehingga tumbuh semangat rasa cinta terhadap tanah air dan rasa saling memiliki terhadap bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini,” tutupnya.

Continue Reading

Sumut

Ratusan Napi Lapas Klas IIB Tebing Tinggi Dapat Pengobatan Gratis

Published

on

Warga Binaan Lapas Klas II B Tebing Tinggi mendapatkan layanan pengobatan gratis, Minggu (18/8/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Ratusan narapidana atau warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi, mendapatkan pelayanan pengobatan gratis pada Minggu (18/8/2019). 

Pengobatan gratis tersebut merupakan bentuk bakti sosial yang digelar oleh Yayasan Buddha TZU CHI Indonesia Kantor Penghubung Tebing Tinggi yang didukung oleh TIMA dan HE QI Medan.

Salah satu pengurus Yayasan Buddha TZU CHI Wardi menyampaikan, kegiatan ini sebagai bukti kepedulian mereka terhadap masyarakat, khususnya bagi warga binaan yang ada di Lapas Klas II B Tebing Tinggi. 

“Karena bagi kami warga binaan itu sama haknya dengan masyarakat luar untuk mendapat pelayanan baik itu bentuk pengobatan dan yang lain-lain,” ucap Wardi.

Sementara itu, Kepala Lapas Theo Andrianus Purba mengucap syukur dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

“Baksos yang digelar pengobatan gratis oleh Yayasan Buddha TZU CHI Indonesia Kantor Penghubung Tebing Tinggi yang didukung oleh TIMA dan HE QI Medan ini menunjukan adanya rasa memiliki dan kepedulian yang tinggi bagi warga binaan. Tentunya kami sangat mengapresiasi untuk kepedulian ini. Semoga kedepan kebersamaan ini terus terpelihara,” harap Theo.

Pengobatan gratis tersebut diikuti oleh 500  pasien warga binaan. Pengobatan gratis dan pelayanan kesehatan yang diberikan mencakup semua penyakit mulai dari penyakit ringan hingga pemeriksaan tekanan darah menggunakan alat medis. Setelah mengetahui penyakit yang diderita, warga binaan diberikan obat sesuai diagnosa penyakit.(WH)

Continue Reading

Sumut

Momentum HUT RI 74, Jadikan Penyemangat Majukan Bangsa Lebih Baik

Published

on

Medan, Geosiar.com – Walikota Medan,  Dzulmi Eldin, mengharapkan semangat menyambut HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan ini selaras pula dengan semangat seluruh elemen masyarakat serta para stakeholder untuk melakukan yang terbaik bagi Kota Medan.
 
“Mari bangkitkan semangat dan rasa cinta kita terhadap Kota Medan,” kata Eldin kepada wartawan, usai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Medan, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo, Jumat (16/8/2019).

Peringatan HUT RI yang dirayakan setiap tahunnya, menurut Walikota, merupakan peringatan sejarah. Karenanya, kata Eldin, seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kota Medan untuk mengambil hikmahnya guna melanjutkan hasil perjuangan dari para pejuang terdahulu dalam merebut kemerdekaan.

Khusus bagi para ASN di lingkungan Pemko Medan, Walikota meminta peringatan HUT RI ini menjadi momentum untuk berkerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terlebih saat ini, sebut Eldin, Pemko Medan terus fokus pada program percepatan pembangunan, salah satunya di bidang infrastruktur. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan pada kesejahteraan warga Kota Medan secara adil dan merata.
 
“HUT RI yang diperingati setiap tahun ini harus menjadi satu pedoman hidup untuk memajukan bangsa ini menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Di sisi lain, Eldin mendukung terlaksananya pembangunan jalan tol dalam kota Medan, selaras dengan rampungnya pembangunan Podomoro Deli City. Sebab, hal itu akan semakin menambah pendapatan daerah Kota Medan.

Jika pembangunan tol dalam kota ini terlaksana, dan rampung serta beroperasinya Podomoro, ya Alhamdulillah karena ini akan menambah pemasukan bagi Kota Medan,” ungkapnya

“Tadi saudara menanyakan tentang Kesawan Square sebagai tempat tongkrongan dan ikon kota ini, namun hal itu tidak berlangsung lama, dan telah ditutup. Karena Kesawan Square itu kan letaknya di badan jalan.,” jawab Eldin.

Eldin mengatakan lokasi yang pas untuk pusat kuliner dan icon terbaru kota Medan itu adalah di area persegi sudut di Jalan Putri Hijau dan Jalan Guru Patimpus, mulai dari Capital Building sampai areal Podomoro Deli City, yang di kiri kanannya juga sudah ada ruko-ruko. “Saya beri nama Capital Square,” ungkap Eldin.

Menurut Eldin, lokasi Capital Square ini sangat representatif. “Selain lahan parkir yang luas, juga ada pusat perbelanjaan, pusat kuliner, perkantoran, appartement, condominium, hotel, yang juga dilengkapi taman dan areal bermain keluarga yang sangat luas. Jadi ini lebih besar dan terkonsep. Saya beri nama Capital Square mengingat jasa Capital Group yang telah mendatangkan investor membanguan area tersebut”. pungkasnya.

Mendengar penjelasan ini para rekan media pun mengamini, kini kita punya Capital Square sebagi icon terbaru dan termodern di Kota Medan yang diberi nama oleh Walikota Medan dalam Peringatan HUT 74 RI. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com