Connect with us

Sumut

Sengketa Pileg 2019, Caleg PKB Datangi Kantor Bawaslu Sergai

Published

on

Caleg PKB, Suarjo bersama tim kuasa hukumnya menyerahkan amar putusan PN Sergai kepada Bawaslu Sergai soal sengketa Pemilu 2019. (Foto: Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Seorang calon legislatif (caleg) dari Partai PKB Serdang Bedagai (Sergai), Suarjo bersama tim kuasa hukumnya mendatangi kantor Bawaslu Sergai untuk menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sergai menyoal sengketa pemilihan umum (Pemilu) 2019, Sabtu (20/7/2019) sore, di Sei Rampah.

Suarjo didampingi kedua kuasa hukumnya menyerahkan salinan amar putusan Majelis Hakim PN Sergai Nomor 317/Pid.Sus/2019/PN.SRh terkait sengketa Pemilu 2019.

Kuasa Hukum Suarjo, Syaiful dan Awaluddin secara bergantian menjelaskan, dalam putusan tersebut, terdakwa Muhammad Zaid terbukti melakukan perubahan data DAA1 di 34 TPS yang ada pada 3 Desa, yaitu Silau Rakyat, Simpang Empat dan Sei Rampah), sehingga mengakibatkan suara Caleg PKB nomor urut 5, Sarino bertambah.

“Dampak perbuatan terdakwa, Majelis Hakim berpendapat bahwa fungsi kontrol yang dimiliki KPU Sergai untuk memastikan pemilu berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil belum terpenuhi. Dan untuk itu KPU Sergai patut melakukan suatu tindakan untuk mengembalikan kepada keadaan sebenarnya,” kata Syaiful.

Selain itu, pada 1 Mei 2019, terdakwa dengan Ketua PPK Maris Santoso beserta anggota PPK lainnya telah memberikan keterangan kepada KPU Sergai, telah dicatat dalam inventarisasi masalah bahwa telah terjadi perpindahan suara dari salah satu calon kepada calon lainnya.

“Tetapi fakta di persidangan, KPU Sergai tidak melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut atau melakukan tindakan menyampaikan kepada publik saat rekapitulasi tingkat kabupaten,” imbuhnya.

KPU, tegas Syaiful, memiliki kewajiban untuk menyampaikan seluruh informasi penyelenggaran pemilu kepada masyarakat. Selain itu, bertugas mengkoordinasi, menyelenggarakan, mengendalikan dan memantau semua tahapan pemilu, namun Syaiful menilai hal tersebut tidak terlaksana di lapangan.

“Tapi kenyatannya banyak yang melenceng,” papar Syaiful.

Dengan demikian, Syaiful mengklaim bahwa kliennya menjadi korban dugaan manipulasi yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Oleh karena itu, dia berharap pihak Bawaslu Sergai bisa menindak lanjuti persoalan tersebut. 

“Untuk itu kepada Bawaslu Sergai yang telah menerima petikan amar putusan ini, agar secepatnya meminta KPU untuk menunda pelantikan terhadap Caleg PKB nomor 5, Sarino sampai kasus ini menjadi jelas dan terang,” pungkas kedua kuasa hukum Suarjo itu.

Menanggapi laporan itu, Ketua Bawaslu Sergai, Agusli Matondang didampingi Komisioner Bawaslu, Syamsul Bahri Tambusai, Sumarno, Abner Sinaga, dan L Suhaimi berjanji akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu Sumut.

“Malam ini juga dan secepatnya hasil koordinasi kami akan disampaikan kepada Kuasa Hukum dan KPU Sergai,” ucap Agusli.

Selain itu, Agusli mengaku, pihaknya telah memahami duduk persoalan setelah mendapat penjelasan dari kedua kuasa hukum Suarjo. 

“Kalau dilihat dari kondisi yang lalu juga ada benarnya bahwa beberapa masalah terdapat keanehan,” kata Agusli.(art)

Sumut

Hadiri Pelantikan Pujakesuma, Hj Fitriani Manurung Minta Komitmen Perbaikan Membangun Kota Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Putera Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) diharapkan mampu menciptakan kebersamaan bagi seluruh warga kota Medan khususnya warga jawa. Ke depan Pujakesuma semakin kompak dan berkomitmen membawa perobahan positif kepada masyarakat bahkan pemerintah.

Harapan itu disampaikan tokoh akademisi Hj Fitriani Manurung S.Pd, M.Pd saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Pujakusuma Sumatera Utara di lapangan Merdeka, Minggu (20/10/2019). Pada kesempatan itu Fitriani Manurung tampak dekat bersosialisasi berbaur dan memberikan ucapan selamat kepada pengurus.

Ucapan selamat terkhusus kepada Eko Supianto yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara, M Roni Alhadi Sekretaris, dan Niko Bendahara untuk masa bakti 2018-2023.

“Selamat Kepada Ketua  dan kepada seluruh Pengurus DPW Pujakesuma yang baru saja dilantik. Mari kita bersama-sama mendukung untuk membangun Kota Medan lebih baik lagi.  Semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah yang telah diberikan kepada mereka dan menjadi wadah pemersatu,” paparnya.

Menurut Fitriani, Pelantikan Ketua DPW Pujakesuma Sumatera yang bersamaan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodod dan Prof. Dr. K.H Ma’ruf Amin memiliki nilai dan moment yang sangat berarti dan memiliki tanggungjawab yang berat.

“Pelantikan Ketua Pujakesuma kali ini sangat special, dimana bersamaan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kita, tentunya ini menjadi salah satu petanda bahwa para pengurus yang baru saja dilantik memiliki tanggung jawab kedepan,” Katanya.

Fitriani yang saat ini menyelesaikan Doktor (S3) di UNIMED mengungkapkan, Pujakesuma harus kompak dan punya komitmen, baik para pengurus dan anggota harus komitmen dan tidak mudah dipecah belah oleh oknum-oknum yang ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa maupun organisasi persatuan Pujakesuma.

Adapun Pelantikan Ketua DPW Pujakesuam Sumut tersebut  diawali dengan acara Reog Ponorogo Singa Palas, persembahan tarian dan hiburan Pujakesuma dan  disaksikan kurang lebih 10 ribu warga Pujakesuma.(rel/lamru).

Continue Reading

Sumut

Pawas Satgas TMMD Bagikan Sembako Kaum Dhuafa di Desa Pispis

Published

on

Pawas TMMD Ke-106 Kodim 0204/DS, yang juga Pasiter Kodim 0204/DS, Lettu Kav Sudirno berbagi rezeki kepada kaum dhuafa yang berada di Desa Pispis kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (21/10/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Disela-sela proyek pembangunan jalan dan jembatan, Pawas TMMD Ke-106 Kodim 0204/DS, yang juga Pasiter Kodim 0204/DS, Lettu Kav Sudirno berbagi rezeki berupa sembako kepada kaum dhuafa yang berada di Desa Pispis kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (21/10/2019).

“Berbagi rezeki ini merupakan wujud kepedulian antar sesama dan kemanunggalan TNI kepada warga,” ujar Sudirno saat dikonfirmasi. 

Salah seorang warga yang menerima bantuan sembako tersebut atas nama Lili. Lantas, dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pasiter Kodim 0204/DS, atas kepeduliannya.

“Alhamdulillah atas bantuannya, pak, semoga Allah SWT memudahkan rezeki bapak dan memuluskan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan,”ucapnya. (WH)

Continue Reading

Sumut

Audensi SMP ST Yoseph, Akhyar Nasution Tuntut Siswa Berprestasi, Antonius: Pensi Patut Didukung

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pemko Medan mendukung kegiatan yang sifatnya melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Selain pembentukan karakter, kegiatan yang bersifat salah satu upaya untuk menjauhkan para generasi muda untuk melakukan perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba. 

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menerima audiensi SMP St Yoseph Pemuda Medan di Ruang Khusus Wakil Wali Kota, Senin (21/10/2019). Kedatangan mereka didampingi anggota DPRD Medan Antonius D Tumanggor untuk mengundang Wakil Wali Kota sekaligus mendukung Pentas Seni (Pensi) SMP St Yoseph Pemuda Medan.

“Kita tentunya sangat menyambut baik Pensi SMP St Yoseph Pemuda Medan. Apalagi kegiatan ini mengusung tema Character Building (membangun karakter). Selain membangun karakter, kegiatan ini menjadi sarana bagi para siswa untuk menyalurkan bakat dibidang seni,” kata Wakil Wali Kota.

Yang lebih penting lagi, lanjut Wakil Wali Kota, melalui Pensi ini para generasi muda bisa berinovasi dan berkreatifitas, sehingga dapat menghindarkan mereka dari pengaruh narkoba maupun kenakalan remaja lainnya. Kemudian menyadarkan bahwasannya tugas mereka adalah belajar guna meraih prestasi yang dapat membanggakan, baik nama pribadi, sekolah maupun Kota Medan.

Sementara itu anggota DPRD Medan Antonius Devalis Tumanggor menyampaikan kegiatan siswa tersebut patut didukung apalagi yang bersifat positif menjauhi kenakalan remaja menjauhi narkoba.

“Kita harus dukung para siswa bersosialisasi menunjukkan karakter yang positif. Kegiatan mereka dapat menjadi contoh dan barometer dunia pendidikan di kota Medan”, ujar Antonius asal Partai MasDem itu.

Sebelumnya, Alizaro Laia selaku Kepala Sekolah SMP St Yoseph Pemuda Medan mengatakan, kedatangannya bersama 5 guru dan 8 siswa untuk mengundang Wakil Wali Kota dalam acara Pensi yang diadakan di Gedung Selecta Jumat (29/11) mendatang.

“Pensi ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya, maka dari itu kami sangat mengharapkan kedatangan Wakil Wali Kota untuk hadir serta mendukung acara pensi ini dengan memberikan motivasi kepada guru maupun siswa SMP St Yoseph Pemuda Medan,” kata Alizaro Laia.

Selain itu, Alizaro Laia mengungkapkan bahwa Pensi kali ini mengusung tema Character Building (membangun karakter) yang akan menampilkan teater serta tarian dari berbagai daerah. Ia juga menjelaskan alasan memilih tema ini yakni karena saat ini begitu banyak siswa yang memiliki perilaku melenceng seperti menggunakan narkoba, menyebar berita hoax, serta pergaulan bebas.

“Melalui Pensi ini, diharapkan para siswa dapat sadar dan kembali ke jalan yang benar  sehingga mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini salah. Selain itu, di zaman yang sekarang ini, begitu banyak siswa yang bangga dengan mengenakan merk luar negeri kenapa kita tidak bangga menggunakan merk lokal serta mencintainya,” ungkapnya. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com