Connect with us

Sumut

Peran Jaka Dara Dituntut Bangun Mental Generasi Muda Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S  MSi MH  berharap  semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang gelar Jaka Dara, terutama dalam pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi muda di Kota Medan. Untuk itu Jaka Dara harus terus memperluas ilmu pengetahuan, khususnya terkait kondisi dan karakter, budaya serta potensi Kota Medan.

Harapan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri Malam Grand Final  Pemilihan Jaka Dara Kota Medan 2019 di Hotel Grand Aston, Jumat (19/7/2019). Event ini digelar Pemko Medan dalam upaya melestarikan budaya bangsa dan daerah. Di samping itu juga sebagai sarana pengembangan bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda kota Medan.

Melalui ajang pemilihan Jaka Dara tersebut, Wali Kota berharap dapat membangun citra budaya yang khas, kearifan lokal serta kepariwisataan di Kota Medan. Dengan demikian menyandang gelar Jaka Dara tentunya akan menjadi  suatu kebanggaan bagi pemenang ajang pemilihan tersebut.

Meski demikian Wali Kota mengingatkan, menyandang gelar Jaka Dara tidak hanya sekedar sebuah kebanggaan namun harus menjadi sebuah tantangan, guna mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan, baik  bidang akademik di sekolah maupun bidang umum lainnya. Dengan demikian penyandang gelar Jaka Dara  merupakan orang-orang pilihan dan berkualitas.

“Gelar yang disandang para Finalis Jaka Dara ini akan semakin berarti jika semua orang dapat merasakan kontribusi positif, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi di Kota Medan. Jadi saya minta kepada Jaka Dara tahun 2019 agar dapat memperluas ilmu pengetahuan ,terutama terkait dengan kondisi dan karakter, budaya serta potensi pariwisata di Kota Medan”, kata Wali Kota.

Selanjutnya Walikota berpesan, penyandang gelar Jaka Dara juga harus dapat menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah serta menjauhi segala bentuk perilaku negatif. Sebab, Jaka Dara mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan dunia wisata dan kebudayaan di Kota Medan, termasuk program-program pembangunan Pemko Medan.

Tidak hanya itu saja tegas Wali Kota, penyandang gelar Jaka Dara juga harus dapat menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah serta menjauhi segala bentuk perilaku negatif. Sebab, Jaka Dara mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan dunia wisata dan kebudayaan di Kota Medan, termasuk program-program pembangunan Pemko Medan.

Malam Grand Final Jaka Dara berlangsung cukup meriah. Selain Wali Kota, acara juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Medan, Asisten Umum sekaligus Plt Kadis Pariwisata  Renward Parapat, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH  diwakili Wakil Ketua IV Yurina Khairul Syahnan serta ratusan pengunjung.

Di malam grand tersebut, final tampil 25 pasang Jaka Dara setelah lulus dari seleksi yang dilakukan panitia. Selanjutnya 25 pasang Jaka Dara itu bersaing dihadapan para dewan juri, salah satunya Putri Indonesia Pariwisata 2018 Wilda Octaviana Situngkir. Setelah dilakukan penilaian, akhirnya terpilih  10 pasang untuk selanjutnya akan bersaing  memperebutkan 4 kategori pemenang yakni Jaka Dara Inteligensia , Jaka Dara Kepribadian, Jaka Dara Persahabatan dan Jaka Dara utama Kota Medan 2019.

Setelah  melewati pertanyaan dewan juri, akhirnya ditetapkan pemenang Jaka Dara Persahabatan Kota Medan 2019  Hanibal Aditya (Jaka) dan Putri Wan Aulia (Dara). Lalu Jaka Dara Kepribadian Kota Medan diraih Kevin Sabila (Jaka) dan Tricory Indahsary (Dara) serta  M Deni Kurniawan Pohan (Jaka) dan  Sarina Gracesela (Dara) sebagai Jaka Dara Intelegensia Kota Medan. Ketiga pasangan mendapatkan tropi beserta hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.10 juta.

Sedangkan untuk kategoti Jaka Dara Utama Kota Medan 2019 diraih Hutama Hafiz Husein (Jaka) dan Ifani Helen (Dara). Selain trofi, keduanya juga mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.20 juta. Selanjutnya Wali Kota pun memasangkan tengkulok (topi khas Melayu) kepada Hutama Faiz dan mahkota kepada Ifani Helen disertai tepukan riuh seluruh pengunjung yang hadir. (lamru)

Advertisement

Sumut

TNI Padangsidimpuan Bersama Masyarakat Rayakan HUT RI ke-74

Published

on

Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto saat di wawancarai wartawan diselah kegiatan HUT RI ke 74 di Makodim 0212 Padangsidimpuan (antarasumut)

Geosiar.com, Sumut – Dalam rangka hari ulang tahun atau HUT RI ke-74 Kodim 0212/TS menggelar berbagai perlombaan tradisional, di Lapangan Makodim Padangsidimpuan.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto yang berada di tengah-tengah masyarakat yang mengikuti lomba dengan penuh keceriaan mengungkapkan, hal itu merupakan sarana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan masyarakat dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Perlombaan tradisional yang digelar Kodim 0212/TS ini meliputi, lomba makan kerupuk, joget bola dangdut, panjat pinang dan lomba permainan tradisional seperti enggrang,” tutur Letkol Akbar, Minggu, (18/8/2019).

Sejumlah perlombaan yang diadakan itu diperuntukkan bagi masyarakat dan semua masyarakat bebas membaur bersama TNI dalam memperingati HUT RI ke 74.

Masyarakat tampak sangat bergembira merayakan hari paling bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam menentukan kemerdekaan.

Keluarga TNI dalam sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam mengikuti perlombaan dan meramaikan kegiatan guna menyemarakkan HUT RI Ke-74.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memupuk rasa solidaritas, kebersamaan serta kekompakan.

“Sehingga tumbuh semangat rasa cinta terhadap tanah air dan rasa saling memiliki terhadap bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini,” tutupnya.

Continue Reading

Sumut

Ratusan Napi Lapas Klas IIB Tebing Tinggi Dapat Pengobatan Gratis

Published

on

Warga Binaan Lapas Klas II B Tebing Tinggi mendapatkan layanan pengobatan gratis, Minggu (18/8/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Ratusan narapidana atau warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tebing Tinggi, mendapatkan pelayanan pengobatan gratis pada Minggu (18/8/2019). 

Pengobatan gratis tersebut merupakan bentuk bakti sosial yang digelar oleh Yayasan Buddha TZU CHI Indonesia Kantor Penghubung Tebing Tinggi yang didukung oleh TIMA dan HE QI Medan.

Salah satu pengurus Yayasan Buddha TZU CHI Wardi menyampaikan, kegiatan ini sebagai bukti kepedulian mereka terhadap masyarakat, khususnya bagi warga binaan yang ada di Lapas Klas II B Tebing Tinggi. 

“Karena bagi kami warga binaan itu sama haknya dengan masyarakat luar untuk mendapat pelayanan baik itu bentuk pengobatan dan yang lain-lain,” ucap Wardi.

Sementara itu, Kepala Lapas Theo Andrianus Purba mengucap syukur dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

“Baksos yang digelar pengobatan gratis oleh Yayasan Buddha TZU CHI Indonesia Kantor Penghubung Tebing Tinggi yang didukung oleh TIMA dan HE QI Medan ini menunjukan adanya rasa memiliki dan kepedulian yang tinggi bagi warga binaan. Tentunya kami sangat mengapresiasi untuk kepedulian ini. Semoga kedepan kebersamaan ini terus terpelihara,” harap Theo.

Pengobatan gratis tersebut diikuti oleh 500  pasien warga binaan. Pengobatan gratis dan pelayanan kesehatan yang diberikan mencakup semua penyakit mulai dari penyakit ringan hingga pemeriksaan tekanan darah menggunakan alat medis. Setelah mengetahui penyakit yang diderita, warga binaan diberikan obat sesuai diagnosa penyakit.(WH)

Continue Reading

Sumut

Momentum HUT RI 74, Jadikan Penyemangat Majukan Bangsa Lebih Baik

Published

on

Medan, Geosiar.com – Walikota Medan,  Dzulmi Eldin, mengharapkan semangat menyambut HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan ini selaras pula dengan semangat seluruh elemen masyarakat serta para stakeholder untuk melakukan yang terbaik bagi Kota Medan.
 
“Mari bangkitkan semangat dan rasa cinta kita terhadap Kota Medan,” kata Eldin kepada wartawan, usai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Medan, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo, Jumat (16/8/2019).

Peringatan HUT RI yang dirayakan setiap tahunnya, menurut Walikota, merupakan peringatan sejarah. Karenanya, kata Eldin, seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kota Medan untuk mengambil hikmahnya guna melanjutkan hasil perjuangan dari para pejuang terdahulu dalam merebut kemerdekaan.

Khusus bagi para ASN di lingkungan Pemko Medan, Walikota meminta peringatan HUT RI ini menjadi momentum untuk berkerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terlebih saat ini, sebut Eldin, Pemko Medan terus fokus pada program percepatan pembangunan, salah satunya di bidang infrastruktur. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan pada kesejahteraan warga Kota Medan secara adil dan merata.
 
“HUT RI yang diperingati setiap tahun ini harus menjadi satu pedoman hidup untuk memajukan bangsa ini menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Di sisi lain, Eldin mendukung terlaksananya pembangunan jalan tol dalam kota Medan, selaras dengan rampungnya pembangunan Podomoro Deli City. Sebab, hal itu akan semakin menambah pendapatan daerah Kota Medan.

Jika pembangunan tol dalam kota ini terlaksana, dan rampung serta beroperasinya Podomoro, ya Alhamdulillah karena ini akan menambah pemasukan bagi Kota Medan,” ungkapnya

“Tadi saudara menanyakan tentang Kesawan Square sebagai tempat tongkrongan dan ikon kota ini, namun hal itu tidak berlangsung lama, dan telah ditutup. Karena Kesawan Square itu kan letaknya di badan jalan.,” jawab Eldin.

Eldin mengatakan lokasi yang pas untuk pusat kuliner dan icon terbaru kota Medan itu adalah di area persegi sudut di Jalan Putri Hijau dan Jalan Guru Patimpus, mulai dari Capital Building sampai areal Podomoro Deli City, yang di kiri kanannya juga sudah ada ruko-ruko. “Saya beri nama Capital Square,” ungkap Eldin.

Menurut Eldin, lokasi Capital Square ini sangat representatif. “Selain lahan parkir yang luas, juga ada pusat perbelanjaan, pusat kuliner, perkantoran, appartement, condominium, hotel, yang juga dilengkapi taman dan areal bermain keluarga yang sangat luas. Jadi ini lebih besar dan terkonsep. Saya beri nama Capital Square mengingat jasa Capital Group yang telah mendatangkan investor membanguan area tersebut”. pungkasnya.

Mendengar penjelasan ini para rekan media pun mengamini, kini kita punya Capital Square sebagi icon terbaru dan termodern di Kota Medan yang diberi nama oleh Walikota Medan dalam Peringatan HUT 74 RI. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com