Connect with us

Sumut

Peran Jaka Dara Dituntut Bangun Mental Generasi Muda Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S  MSi MH  berharap  semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang gelar Jaka Dara, terutama dalam pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi muda di Kota Medan. Untuk itu Jaka Dara harus terus memperluas ilmu pengetahuan, khususnya terkait kondisi dan karakter, budaya serta potensi Kota Medan.

Harapan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri Malam Grand Final  Pemilihan Jaka Dara Kota Medan 2019 di Hotel Grand Aston, Jumat (19/7/2019). Event ini digelar Pemko Medan dalam upaya melestarikan budaya bangsa dan daerah. Di samping itu juga sebagai sarana pengembangan bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda kota Medan.

Melalui ajang pemilihan Jaka Dara tersebut, Wali Kota berharap dapat membangun citra budaya yang khas, kearifan lokal serta kepariwisataan di Kota Medan. Dengan demikian menyandang gelar Jaka Dara tentunya akan menjadi  suatu kebanggaan bagi pemenang ajang pemilihan tersebut.

Meski demikian Wali Kota mengingatkan, menyandang gelar Jaka Dara tidak hanya sekedar sebuah kebanggaan namun harus menjadi sebuah tantangan, guna mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan, baik  bidang akademik di sekolah maupun bidang umum lainnya. Dengan demikian penyandang gelar Jaka Dara  merupakan orang-orang pilihan dan berkualitas.

“Gelar yang disandang para Finalis Jaka Dara ini akan semakin berarti jika semua orang dapat merasakan kontribusi positif, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan mental generasi di Kota Medan. Jadi saya minta kepada Jaka Dara tahun 2019 agar dapat memperluas ilmu pengetahuan ,terutama terkait dengan kondisi dan karakter, budaya serta potensi pariwisata di Kota Medan”, kata Wali Kota.

Selanjutnya Walikota berpesan, penyandang gelar Jaka Dara juga harus dapat menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah serta menjauhi segala bentuk perilaku negatif. Sebab, Jaka Dara mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan dunia wisata dan kebudayaan di Kota Medan, termasuk program-program pembangunan Pemko Medan.

Tidak hanya itu saja tegas Wali Kota, penyandang gelar Jaka Dara juga harus dapat menjadi pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah serta menjauhi segala bentuk perilaku negatif. Sebab, Jaka Dara mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan dunia wisata dan kebudayaan di Kota Medan, termasuk program-program pembangunan Pemko Medan.

Malam Grand Final Jaka Dara berlangsung cukup meriah. Selain Wali Kota, acara juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Medan, Asisten Umum sekaligus Plt Kadis Pariwisata  Renward Parapat, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH  diwakili Wakil Ketua IV Yurina Khairul Syahnan serta ratusan pengunjung.

Di malam grand tersebut, final tampil 25 pasang Jaka Dara setelah lulus dari seleksi yang dilakukan panitia. Selanjutnya 25 pasang Jaka Dara itu bersaing dihadapan para dewan juri, salah satunya Putri Indonesia Pariwisata 2018 Wilda Octaviana Situngkir. Setelah dilakukan penilaian, akhirnya terpilih  10 pasang untuk selanjutnya akan bersaing  memperebutkan 4 kategori pemenang yakni Jaka Dara Inteligensia , Jaka Dara Kepribadian, Jaka Dara Persahabatan dan Jaka Dara utama Kota Medan 2019.

Setelah  melewati pertanyaan dewan juri, akhirnya ditetapkan pemenang Jaka Dara Persahabatan Kota Medan 2019  Hanibal Aditya (Jaka) dan Putri Wan Aulia (Dara). Lalu Jaka Dara Kepribadian Kota Medan diraih Kevin Sabila (Jaka) dan Tricory Indahsary (Dara) serta  M Deni Kurniawan Pohan (Jaka) dan  Sarina Gracesela (Dara) sebagai Jaka Dara Intelegensia Kota Medan. Ketiga pasangan mendapatkan tropi beserta hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.10 juta.

Sedangkan untuk kategoti Jaka Dara Utama Kota Medan 2019 diraih Hutama Hafiz Husein (Jaka) dan Ifani Helen (Dara). Selain trofi, keduanya juga mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp.20 juta. Selanjutnya Wali Kota pun memasangkan tengkulok (topi khas Melayu) kepada Hutama Faiz dan mahkota kepada Ifani Helen disertai tepukan riuh seluruh pengunjung yang hadir. (lamru)

Advertisement

Sumut

Kejaksaan Negeri Langkat Ajak Kaum Milenial Meriahkan Hari Anti Korupsi

Published

on

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabruddin SH SIP MH didampingi Kasi Pidsus dan Kasi Intelijen pasang stiker di truk dalam rangka Hari Anti Korupsi 2019 (Antara.com)

Geosiar.com, Langkat – Kejaksaan Negeri Kabupaten Langkat mengajak kaum generasi milenial agar anti korupsi dalam rangka mendukung daerah tersebut bebas dari korupsi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabruddin SH SIP MH, di Stabat, Senin (9/12/2019).

Pada kesempatan itu Kajari Langkat Wahyu Sabruddin bersama Kasi Pidsus Reza, Mochamad Ali Rizza SH MH dan Kasi Intelijen Ibrahim Ali SH MH, membagikan stiker dan kaos buat para pengendera sepeda motor dan bus serta truk yang melintas di Jalan Sudirman dan Jalan Zainal Arifin Stabat.

“Ini untuk mengingatkan para warga komitmen instansinya untuk tetap terus memberantas berbagai tindakan korupsi yang baik yang dilaporkan maupun hasil pendalam oleh instansinya,” ungkapnya.

“Semoga upaya yang dilakukan ini dapat memberikan dampak positip bagi tindakan pemberantasan korupsi yang terus kita gaungkan dengan menggandeng kaum milenial,” tambahnya lagi.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Langkat dan masyarakat luas lainnya turut ikut dalam kegiatan itu.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Ajak IKANAS Terus Jalin Silaturahmi dan Ukhuwa Islamiah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution hadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 144 H yang digelar keluarga besar Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Sumut di jalan STM Suka Indah, Minggu (8/12/2019). Kehadiran Akhyar disambut hangat para tokoh Nasution itu.

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini diawali dengan lantunan ayat suci Al Quran, para tamu undangan pun mendengarkan lantunan tersebut yang begitu merdu. Melalui acara ini diharapkan dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara seluruh keluarga IKANAS Sumut.

Selain Akhyar Nasution, acara Maulid itu juga dihadiri Ketua Dewan Penasehat IKANAS Sumut H Pandapotan Nasution, Sekjen DPD IKANAS Sumut H Ahmad Raja Nasution, Ketua IKANAS Kota Medan Sahlan Jukri Nasution, Al Ustadz H Aidil Mukgaidir Ritonga, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama, serta seluruh Keluarga Besar IKANAS Sumut.

Dalam sambutannya Akhyar mengatakan, mengajak untuk kuatkan tekad dalam hati untuk senantiasa mencintai sosok Rasulullah sebagai sang teladan yang utama. Mari terus berusaha agar mampu menjadi salah satu insan terbaik yang senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan Syafaat Rasulllah di akhirat kelak.

“Peringatan Maulid ini sebagai wadah silaturahmi diantara kita, karena itu mari kita terus menjaga silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara kita semua,” ajak Akhyar.

Dalam kesempatan itu Akhyar juga mengharapkan dukungan agar dapat menjalankan tugas-tugas Pemerintahan dengan baik. “Kepada seluruh pengurus IKANAS, saya mengharapkan dukungan dan masukan sehingga saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” harap Akhyar.

Sementara itu Wagubsu, Musa Rajekshah mengatakan marga Nasution merupakan marga yang tersebar di banyak daerah untuk itulah semoga IKANAS kedepanya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Sumut.

Sebelumnya Wakil Ketua DPD IKANAS Sumut, Ricki Prananda mengharapkan melalui Maulid Nabi Muhammad SAW ini seluruh pengurus IKANAS dapar meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli

Published

on

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019).

Geosiar.com, Sergai – Ratusan parholado beserta keluarga dan para pendeta merayakan Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019) pukul 14.00 WIB.

Acara perayaan Advent itu dihadiri oleh Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli Pdt Pantun Silitonga, S.Th, M.Sc, seluruh  Pendeta Resort HKBP dan Pendeta fungsional se-Distrik XIV, serta para Bibelvrow, Diakonis, parhalado/fulltimer, dan seluruh keluarga pendeta dan parhalado se-Distrik XIV.

Acara ini dilaksanakan untuk menyongsong kelahiran Yesus Kristus yang kedua kalinya, dengan mengambil tema “Sesungguhnya, Tuhan Allah Menolong Aku”. Votum dan liturgi, persembahan lagu puji-pujian serta koor setiap gereja pun turut memeriahkan perayaan ini.

Pendeta Resort Pematang Terang, Pdt Wissel Siregar M.Th, selaku tuan rumah dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur atas terlaksananya perayaan Advent Parhalado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli tersebut. 

“Selamat Advent bagi kita semua. Mari bersuka cita melalui perayaan ini,” sambutnya.

Sementara itu, Preases HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, Pdt. Pantun Silitonga S.Th, M.Sc dalam khotbahnya yang dikutip dari Jesaya 50 : 4-9 mengatakan bahwa kecepatan pelayanan para Parhalado sangat dibutuhkan untuk menentukan perjalanan gereja ke depannya.

“Seorang Parhalado/Sintua dalam gereja harus mampu melayani anggota jemaat gereja dan menjadi panutan. Ia diberi hak untuk memberitakan injil akan tetapi dia harus berkumpul dan bermusyawarah dengan sintua lain dalam suatu sesi yang disebut sermon, di mana dibahas tentang apa yang akan dikhotbahkannya dalam suatu kebaktian di gereja,” sebut Preases. 

Di penghujung khotbahnya, Preses mengingatkan kepada seluruh jemaat yang hadir bahwa sebagai makhluk sosial harus mau mendengar, berempati dan peduli kepada keprihatinan-keprihatinan yang dialami oleh sesama jemaat. 

Sebagai informasi, Distrik XIV Tebing Tinggi terdiri dari 25 HKBP Resort di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Batu Bara serta Kota Madya Tebing Tinggi. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com