Connect with us

Daerah

Siswa Korban MOS SMA Taruna Palembang Tewas, Gubernur Berduka

Published

on

SMA Taruna Indonesia Palembang.

Geosiar.com, Palembang – Siswa korban Masa Orientasi Siswa (MOS) SMA Taruna Indonesia Palembang, Wiko Jerindra (14) meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di rumah sakit selama enam hari. WJ menghembuskan napas terakhir pada Jumat (19/7/2019).

WJ merupakan korban penganiayaan kakak pembina di SMA Taruna Palembang saat menjalani masa orientasi. Pelaku bernama Obby Frisman Artakatu (24). Diketahui, WJ merupakan korban kedua pelaku setelah sebelumnya siswa lain inisial DBJ (14) juga meninggal dunia akibat MOS.

Peristiwa ini mendapat perhatian dari Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Herman menyampaikan belasungkawanya terhadap para korban.

“Kami turut berduka atas meninggalnya siswa Taruna Nusantara itu. Turut berduka saya, tolong sampaikan. Insya Allah saya akan melayat kepada keluarga korban,” tutur Herman di Palembang, Sabtu (20/7/2019).

Lebih lanjut, Kepala Daerah Sumatera Selatan itu menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada pelaku jika memang terbukti bersalah, termasuk kepada sekolah.

“Saya tetap konsisten dengan pernyataan saya sebelumnya. Kalau nanti terbukti ini kesalahan lembaga pasti akan ada sanksi untuk sekolah tersebut,” tegasnya.

Herman mengatakan bahwa saat ini Dinas Pendidikan tengah membentuk tim investigasi terkait penanganan kasus ini. Dia berharap tim dapat segera memastikan apakah kesalahan memang dilakukan pihak sekolah atau hanya individu.

“Kalau individu kita tidak bisa masuk karena itu ranahnya polisi. Tapi kalau soal kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan itu ada sanksinya tersendiri,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo menyebut bakal segera melakukan evaluasi terhadap Sekolah Taruna Palembang tersebut. Bahkan, ia menegaskan akan menyetop izin operasional sekolah tersebut apabila terbukti menghalalkan tindak kekerasan dan pelanggaran secara terstruktur.

“Mestinya secara reguler pihak sekolah memberi tahu kami jika ada kegiatan. Dan semestinya MOS itu hanya pengenalan jadi tidak boleh ada kontak fisik. Apalagi kegiatan yang dilakukan di luar pagar sekolah harusnya ada laporan ke kami biar bisa kami monitor,” tutur Widodo seperti dilansir dari Antaranews, Sabtu (20/7/2019).

Advertisement

Daerah

Hinca Pandjaitan Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Dorong Kearifan Lokal Rehab Pecandu Narkoba

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat-Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR-DPR RI ) DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS mensinyalir Desa sudah menjadi pintu masuk para bandar narkoba untuk melancarkan aksinya. Pemuda-pemuda di Desa dianggap sasaran pasar baru konsumen barang haram tersebut.

Terkait hal itu, diperlukan langkah preventif dan juga represif untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Di lain sisi para korban yang sudah terlanjur terpapar bahaya laten narkoba memerlukan bantuan untuk sembuh. Diperlukan suatu terobosan dalam menangani korban pecandu yang sangat membutuhkan rehabilitasi

Pernyataan tersebut dilontarkan DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS saat menggelar sosialisasi 4 pilar yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Desa Panggulu Sidamanik Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (28/11/2019) lalu. Acara sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan ratusan warga.
Hinca Pandjaitan memaparkan bahwa penanganan terhadap korban pecandu masih belum maksimal.

“Dalam Rapat Dengar Pendapat bersama BNN di Komisi III DPR saya menyampaikan bahwa rehabilitasi narkoba terhadap korban penyalahguna narkoba masih belum maksimal bahkan jauh dari target,” bebernya saat itu.

Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang optimal dari semua pihak terkait (Kemensos, Kemenkes serta BNN dalam menemukan formulasi yang tepat terhdap rehabilitasi korban penyalahguna narkoba. “Selain itu kita juga perlu terobosan dan alternatif dari kearifan lokal leluhur kita dalam rangka membantu rehabilitasi para korban pecandu narkoba,” saran Hinca IP Pandjaitan yang juga menjabat Sekjen DPP Partai Demokrat tersebut.

Hinca Pandjaitan telah menggali dari 18 kesaksian yang perlu diupayakan, yakni sembuhnya kecanduan terhadap narkoba dikarenakan mengkonsumsi Tuak (murni tanpa oplosan) dengan konsumsi secukupnya.

Kandungan dalam Tuak Takkasan yang murni dipercaya dapat menghilangkan kecanduan korban terpapar narkoba. “Leluhur kita Bangsa Batak ternyata telah lama mempersiapkan obat bagi para penerusnya kelak, saya bahkan mendorong BNN untuk melakukan penelitian terhadap kesaksian 18 teman saya” tutup Hinca.

Diakhir sosialisasi, Hinca Pandjaitan menekankan kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap menghormati serta melestarikan kearifan lokal di setiap daerah. Karena melalui pengamalan 4 pilar diatas akan melahirkan rasa cinta terhadap tanah air dan juga kebudayaan leluhur kita. (rel/lm)

Continue Reading

Daerah

DP Patambor Kota Medan Lantik Pengurus Patambor Sektor Patumbak

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua Dewan Pengurus(DP) Parsadaan Pomparan Raja Toga Manurung Dohot Boruna (Patambor) Cabang Kota Medan Jannes Manurung SE melantik pengurus Patambor Sektor Patumbak periode 2019-2022 di Balai Desa Kampung Karo Kec Patumbak, Minggu (1/12/2019).

Pelantikan berlangsung sukses dan meriah yang dirangkai dengan perayaan HUT Patambor sektor Patumbak dan Natal Tahun 2019.

Ketua DP Patambor Cabang Kota Medan Jansen Manurung SE didampingi sekretaris Abraham Manurung ST saat melakukan pelantikan menyampaikan agar Patambor sektor Patumbak yang baru dilantik agar tetap semangat dan eksis menjalankan kegiatan sosial dan kekeluargaan.

“Rangkul semua keluarga Manurung didaerah kita ini. Dan harus bisa melakukan silaturahmi kepada semua marga dan suku lain,” pinta Jannes bangga.

Pada kesempatan itu juga, Jannes Manurung menyampaikan harapannya, agar Patambor sektor membentuk generasi muda Patambor. “Generasi muda Manurung saatnya tampil sebagai generasi masa depan kita,” ujar Jannes.

“Ayo jalankan organisasi kita yang bermanfaat untuk semua pihak. Apalagi generasi muda kita masa depan,” harapnya lagi.

Adapun pengurus Patambor sektor Patumbak yang dilantik periode 2019-2022 yakni Ketua Fransius M Manurung, Sekretaris H Freddy Manurung, Bendahara Dormauli Ny Gultom Manurung. Sebagai Wakil Ketua E Manurung, Penasehat Peredin Manurung dan Ny Manurung br Siregar. (lamru)

Continue Reading

Daerah

Ketua DPRD Medan, Hasyim SE Hadiri Khitanan Massal di Marindal II Patumbak

Published

on

Deli Serdang, Geosiar.com – Ketua DPRD Medan Hasyim SE hadiri kegiatan sosial khitatan massal dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di Jl Fokrat Raya Desa Marindal II Kec Patumbak Kab Deli Serdang, Minggu pagi, (17/11/2019). Kegiatan itu diprakarsai Nazir Mesjid, perwiritan ibu ibu dan remaja mesjid.

Pada kesempatan itu, Hasyim SE mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan panitian. Apalagi khitatan massal kepada 74 orang dari keluarga kurang mampu.

“Kegiatan seperti ini harus didukung dan patut disuport. Kita harapkan semua pihak dapat mendukung penuh untuk menjalin kebersamaan si masyarakat,” ujar Hasyim desela sela acara.

Sementara menurut Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW, Ridha Aini kepada wartawan mengatakan, acara peringatan Maulid diawali dengan khitanan massal di mesjid Nur Yasin. Adapun, kegiatan sosial sunat masal dan eberian sembako untuk membantu anak dari keluarga prasejahtera yang berjumlah sekitar 74 orang di dusun I hingga IX Desa Marindal Kec Patumbak.

Disampaikan Aini, digelarnya acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan kegiatan sosial untuk merajut kebersamaan dan silaturahmi masyarakat Desa Marindal Deli Serdang dan Medan yang kebetulan berada di perbatasan.

Dikatakan Aini, kegiatan sosial seperti itu akan berkelanjutan untuk meningkatkan kekerabatan antar warga.

Masih kata Aini, pihaknya dari warga Patumbak yang berbatasan dengan kota Medan berharap Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang apalagi di tingkat aparat Kelurahan dan Desa adanya kerjasama dan kordinasi disegala bidang.

“Apalagi kerjasama terkait pembangunan infrastruktur dan kebersihan sehingga tidak ada saling pembiaran. Sama halnya soal keamanan,” harap Aini. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com