Connect with us

Dunia

2 Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Gas di China

Published

on

Ledakan dahsyat pabrik gas di Henan, China mengakibatkan gedung dan mobil rusak. (Foto: STR/AFP)

Geosiar.com, Beijing – Sebuah pabrik gas di China bagian tengah mengalami ledakan besar pada Jumat (19/7/2019) sekitar pukul 17.50 waktu setempat. Ledakan ini mengakibatkan 2 orang meninggal dunia dan 18 lainnya mengalami luka-luka.

Menurut seorang sumber, ledakan itu terjadi pada unit pemisahan udara, bukan di area tangki gas, yang ada di kompleks pabrik milik Henan Coal Gas Group di kota Yima, Provinsi Henan. Setelah ledakan terjadi, seluruh kegiatan produksi pabrik dihentikan.

Melansir dari AFP, Sabtu (20/7/2019), ledakan ini mengakibatkan kerusakan parah terhadap gedung yang ada di sekitar lokasi ledakan. Bahkan, ledakan tersebut bisa memecahkan kaca jendela dan merusak pintu bangunan yang terletak dalam radius 3 kilometer dari lokasi.

“Banyak jendela dan pintu dalam radius tiga kilometer hancur, dan beberapa pintu di dalam bangunan juga hancur akibat ledakan,” demikian bunyi laporan media nasional China, CCTV, Sabtu (20/7/2019).

Peristiwa seperti ini sering terjadi di China, khususnya pada kawasan zona industri yang diketahui tidak memiliki aturan tegas terkait keselamatan kerja.