Connect with us

Nasional

Polisi Ringkus Provokator Buron Aksi 22 Mei di Ciamis

Published

on

Bentrokan antara massa dengan anggota Kepolisian di depan kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Foto: Suara.com)

Geosiar.com, Jakarta – Polisi berhasil meringkus satu tersangka buron pada kerusuhan 22 Mei lalu. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, tersangka berinisial YG merupakan provokator kerusuhan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Satu kabar terbaru sudah ditangkap juga saudara YG di Ciamis, Jawa Barat yang juga merupakan provokator dari perbuatan itu,” kata Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Penangkapan ini merupakan hasil tindak lanjut dari keterangan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya menyebut ada satu orang yang masuk dalam DPO, memiliki peran penting dalam peristiwa 22 Mei. Dia dinilai sebagai komando yang menggerakan massa dengan menggunakan kalimat-kalimat provokatif.

“Ada 1 juga yang masih dalam pengejaran atau di terbitkan surat DPO. Patut diduga dia yang mengomando para perusuh itu di lapangan dengan narasi-narasi yang diucapkan antara lain dari saksi-saksi yang menyebutkan ‘bakar, lempar serang’,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019).

Sejauh ini, ada 456 orang yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kerusuhan 22 Mei, namun 207 orang di antaranya mendapat penangguhan penahanan, dan selebihnya masih dilakukan proses penyidikan.