Connect with us

Nasional

Jokowi Lepas 80 Kontingen Pramuka Ikuti Jambore di AS

Published

on

Presiden Joko Widodo lepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Istana Negara, Jumat (19/7/2019). (Foto: Twitter @Jokowi)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat (AS) di Istana Negara, Jakarta Jumat (19/7/2019) siang. Jambore ini akan dilaksanakan selama 2 minggu yakni pada 22 Juli hingga 2 Agustus 2019.

“Saya mengucapkan selamat kepada adik-adikku semua serta kakak pembina yang mengawal kehadiran kontingen Pramuka bukan hanya sebagai perwakilan organisasi Indonesia, tetapi juga merupakan duta bangsa dan duta negara RI,” kata Jokowi dalam sambutan di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Dalam kesempataan itu, sang Presiden menyampaikan harapannya kepada kontingen agar dapat membawa nama baik Indonesia di kancah internasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kepramukaan.

“Saya harapkan selama mengikuti jambore kepanduan sedunia, adik-adik dapat memberi citra positif dengan bersikap ramah, sopan, santun, berbudi pekerti luhur, dan siap menolong siapa pun yang membutuhkan bantuan. Yang sejalan dengan kode kehormatan gerakan Pramuka,” ujar Jokowi.

Tak lupa, Jokowi mengingatkan agar kontingen bisa memimba ilmu dan menjalin persahabatan bersama para kontingen dari negara lain sebagai bentuk pengembangan diri.

“Timbalah pengalaman persahabatan di alam terbuka bersama anggota kepanduan dari negara lain. Jadikan itu bekal dalam membina jiwa kepemimpinan, tingkatkan kemampuan untuk modal bagi mengembangkan diri. Saya berpesan ikuti seluruh rangkaian acara dengan disiplin agar dapat banyak pengetahuan baru,” pesan Jokowi.

Pada Jambore kali ini, Indonesia mengirim 80 perwakilan Gerakan Pramuka. Kontingen tersebut akan bergabung bersama 45.000 peserta yang tersebar lebih dari 150 negara lainnya.

Jambore kepanduan sedunia tahun ini mengambil tema “Membuka Kunci Dunia” atau “Unlock a New World”. Perkemahannya sendiri bakal digelar di bumi perkemahan kepanduan Amerika Serikat yang berada dalam taman nasional di negara bagian Virginia Barat, The Summit Bechtel Family National Scout Reserve.