Connect with us

Nasional

Garuda Indonesia dan YouTuber Rius Damai, Hotman Paris: Itu Misi Saya

Published

on

Konferensi pers perdamaian antara maskapai Garuda Indonesia dengan Youtuber Rius Vernandes terkait unggahan menu makanan tulisan tangan yang di unggah ke akun Instagram, Jumat (19/7/2019). (Foto: Republika)

Geosiar.com, Jakarta – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akhirnya mencabut laporan dan berdamai dengan YouTuber Rius Vernandes Damai terkait konflik unggahan menu makanan kelas bisnis yang bertuliskan tangan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian Serikat Pekerjan Garuda (Sekarga), Tomy Tampatty. Dia mengatakan pihaknya selaku pelapor telah bersepakat menyelesaikan konflik tersebut secara kekeluargaan.

“Konsekuensinya kita mencabut seluruh laporan dan tidak akan mengajukan kembali,” tutur Tomy dalam sebuah konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Tak hanya itu, Tomy pun menyampaikan permohonan maafnya dan menyebut bahwa Garuda Indonesia terbuka atas kritikan demi kemajuan maskapai penerbangan itu.

“Kita sama-sama menjaga Garuda sebagai aset bangsa,” imbuhnya.

Dalam perdamaian ini, ternyata pengacara kondang Hotman Paris turut mengambil peran penting. Pasalnya, ia mengaku bahwa dirinya menjadi penengah antara pihak Garuda dengan Rius. Dia menyarankan agar kedua pihak segera berdamai dan menyebut itu merupakan satu-satunya misi yang ingin dilakukannya.

“Misi saya satu damaikan, cabut segera berdamai saya ucapkan itu di gedung Garuda. Misi saya hanya satu, datang, cabut segera dan berdamai,” tutur Hotman di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Selain itu, Hotman berujar bahwa ia sempat diminta untuk menjadi pengacara Garuda Indonesia. Nitizen pun meminta dirinya agar membantu Rius yang saat itu sudah mempunyai pengacara.

“Jadi ketika kasus ini ramai di medsos jutaan rakyat minta bantuin dong Rius. Tapi sudah ada pengacaranya (Abraham). Garuda juga sudah minta saya,” ujarnya.

Kendati demikian, Hotman lebih memilih untuk menjadi penengah dan tak membela siapapun.

“Begitu saya ketemu Garuda saya bilang jangan tunjuk saya sebagai pengacaramu, jangan bayar saya,” tegasnya.

Seperti diketahui, permasalahan ini bermula ketika Rius Vernandes mengunggah menu tulisan tangan ke akun Instagram. Pada keterang foto, Riu menyebut bahwa menu itu milik maskapai Garuda untuk penerbangan kelas bisnis rute Sydney-Denpasar. Unggahan itupun kemudian viral di media sosial.

Merasa terusik, Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) melaporkan Rius ke pihak Kepolisian atas pencemaran nama baik yang merugikan pihak perseroan. Sebab, Sekarga menilai unggahan tersebut menimbulkan persepsi negatif kepada masyarakat atas layanan Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier Indonesia.