Connect with us

Nasional

Upload Menu Makanan, YouTuber Dipolisikan Maskapai Garuda

Published

on

Ilustrasi Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia.

Geosiar.com, Jakarta – YouTuber Rius Vernandes dan Elwiyana Monica dilaporkan oleh Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) ke pihak Kepolisian atas dugaan pencemaran nama baik PT Garuda Indonesia.

Adapun alasan karyawan Garuda mempolisikan dua YouTuber itu lantaran mengunggah menu makanan kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia yang ditulis tangan pada sebuah kertas ke akun Instagram miliknya, @rius.vernandes, pada Sabtu (13/7/2019) malam.

Laporan itu dibenarkan oleh Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Victor Togi Tambunan melalui pesan singkat, Selasa (16/7/2019).

“Benar ada laporan dari pihak PT. Garuda Indonesia,” tutur Victor.

Sementara itu, Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty menilai postingan tersebut sangat merugikan pihak perseroan. Maka dari itu, beberapa anggota Sekarga melaporkan pengunggah foto kepada pihak berwajib.

“Ada beberapa karyawan Garuda Indonesia yang juga sebagai anggota Sekarga yang mewakili Sekarga telah memasukkan pengaduan kepada pihak Kepolisian atas perbuatan yang berdampak terhadap reputasi perusahaan tempat kami bekerja,” tutur Tomy, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (18/7/2019).

Postingan tersebut, klaim Tomy, berdampak buruk bagi perusahaan hingga menyebabkan kerugian. Ia menilai unggahan itu bersifat tidak proporsional sehingga menimbulkan persepsi negatif kepada masyarakat terkait pelayanan maskapai Garuda Indonesia.

“Laporan tersebut disampaikan dan didasari atas dampak kerugian yang dialami oleh Perusahaan tempat kami bekerja atas unggahan postingan di media sosial yang tidak proporsional mengenai peristiwa yang terjadi sehingga menimbulkan persepsi negatif kepada masyarakat atas layanan Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier Indonesia,” tandas Tomy.

Dalam unggahan akun Instagram itu, Rius Vernandes memposting menu makanan penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar yang menggunakan tulisan tangan. Lantas, foto tersebut menjadi viral.

“Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak,” tulis akun @rius.vernandes.

Menanggapi postingan itu, pihak Garuda Indonesia telah memberikan klarifikasi lewat akun Twitter mereka @IndonesiaGaruda, dengan mengatakan bahwa menu tulisan tangan itu merupakan catatan pribadi milik awak kabin.

“Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih,” tulis akun @IndonesiaGaruda.