Connect with us

Nasional

Digugat 13 Calegnya, Gerindra Angkat Bicara

Published

on

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

Geosiar.com, Jakarta – Sebanyak 13 calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Salah satu penggugat yaitu Mulan Jameela.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan yang digugat oleh 13 caleg tersebut bukanlah DPP Gerindra.

“Setelah kami baca gugatan tersebut bukanlah gugatan permuatan melawan hukum perdata, tetapi perkara perdata khusus parpol. Petitum gugatan tersebut juga tidak menuntut DPP dinyatakan melakukan PMH (perbuatan melawan hukum),” ujar Dasco di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia mengatakan, para calon cuma menginginkan DPP mempunyai kewenangan untuk menetapkan sebagai anggota legislatif terpilih. Hal tersebut karena suara partai sudah menanjak dibandingkan perolehan suara caleg secara individu.

“Para penggugat hanya meminta PN Jaksel menyatakan agar DPP memiliki hak untuk menetapkan mereka sebagai anggota legislatif terpilih karena suara pemilih partai yang lebih besar dari pemilih caleg langsung,” ungkapnya.

Kendati demikian, Dasco menyebut Gerindra akan tetap mengikuti proses hukum yang berlaku. Sementara masalah internal akan diselesaikan melalui mekanisme Majelis Kehormatan Partai setelah proses gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) usai.

“Kami akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan termasuk mengedepanpan mediasi yang masih terus berlangsung. Biasanya proses sengketa internal kami selesaikan melalui Majelis Kehormatan,” ucapnya.

Seperti diketahui, sebanyak 13 calon anggota legislatif dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan adanya gugatan itu.

Sementara Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur menjelaskan, pihak tergugat I adalah Dewan Pembina Partai Gerindra dan tergugat II adalah Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra. KPU menjadi pihak turut tergugat.

Perkara ini terdaftar di PN Jaksel dengan nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Diajukan pada Rabu 26 Juni 2019 lalu.

13 nama caleg yang menggugat Partai Gerindra yakni Seppaiga, Nuraina, Pontjo Prayogo SP, R Wulansari alias Mulan Jameela, Adnani Taufiq, Adam Muhammad, Prasetyo Hadi, Siti Jamaliah, Irene, Katherine A Oe, Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, dan Sugiono

“Sidang perdata itu akan dipimpin hakim ketua Zulkifli didampingi dua hakim anggota Merry Taat Anggarisih dan Krisnughoro. Sidang perdana akan dimulai hari ini,” tutup Guntur, Rabu (17/7/2019).