Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution Ingatkan Guru, Tanamkan Disiplin dan Kebersihan kepada Siswa

Published

on

Medan, Geosiar.com – Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menekankan kepada guru guru agar menanamkan pendidikan karekter kepada para siswa terutama disiplin dan menjaga kebersihan. Dengan demikian nantinya siswa akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, unggul serta berdaya saing.

Hal tersebut disampaikan Ahkyar Nasution saat menjadi pembina upacara di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Selasa (15/7/2019).

Saat memberikan arahan, Wakil Wali Kota mengingatkan agar momentum tahun ajaran baru dapat  digunakan untuk memberikan energi baru bagi semua pihak, terutama para siswa dalam rangka mewujudkan Kota Medan menjadi kota yang bersih, asri dan tertata. Hal ini penting agar para siswa menyadari bahwa menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

‘’Selama dua hari ini, kami sengaja mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajak serta mengingatkan guru dan para siswa untuk menanamkan karakter disiplin dan bersih dalam diri masing-masing. Artinya, guru berperan memberi dan menjadi contoh bagi para muridnya. Selain itu juga, para guru memiliki tugas dan tantangan baru untuk menumbuh kembangkan karakter disiplin dan bersih terhadap setiap siswa sehingga mereka menyadari bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab dirinya masing-masing,’’ kata Wakil Wali Kota.

Di sela-sela arahannya, Wakil Wali Kota sesekali menyapa para murid SD yang berbaris secara rapi menggunakan pakaian seragam lengkap dengan atributnya masing-masing. Kemudian Wakil Wali Kota juga mengungkapkan bahwa kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan saja melainkan menjadi tugas semua pihak. Sebab, bersih dapat diwujudkan dari gerakan seluruh masyarakat sehingga dibutuhkan komitmen dari semua pihak.

‘’Kebersihan adalah tanggungjawab kita semua. Jangan menitikberatkan masalah kebersihan kepada petugas. Alangkah lebih baik jika kita juga mampu membantu meringkan pekerjaan mereka dengan membuang sampah sesuai tempatnya agar tidak berserakan, sehingga memudahkan mereka untuk mengangkut dan membawanya ke lokasi pembuangan. Ini tugas kita bersama,’’ tegasnya.

Tak lupa Wakil Wali Kota berpesan khususnya bagi para guru, selain pengajaran mata pelajaran, tenaga pendidik juga harus fokus pada penanaman pendidikan karakter yang mampu menciptakan peserta didik berperilaku tertib, bersih, santun dan beretika. Dengan demikian para siswa akan tunbuh menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter sehingga mampu bersaing dan menghadapi tantangan di masa depan. (lamru)

Advertisement

Sumut

Polisi Periksa Intensif 4 Orang Terkait Kematian Hakim Jamaluddin

Published

on

Jamaluddin ditemukan tewas di mobil dekat jurang di Dusun II Namo Rindang, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (29/11/2019). [Foto: dok. Geosiar.com]

Geosiar.com, Medan – Polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap 22 orang saksi terkait kasus pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin. Dari 22 saksi, empat orang diantaranya masih diperiksa secara intensif.

“Totalnya ada 22 saksi. Namun, empat orang di antaranya kita interogasi lebih jauh. Jadi masih sifatnya interogasi dan pendalaman,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja kepada awak media di Emerald Hotel Medan, Kamis (5/12/2019).

Tatan mengatakan bahwa keterangan dari keempat orang itu akan mengarah ke petunjuk pengungkapan kasus pembunuhan mendiang Jamaluddin. Dia memastikan Polda Sumut dan Reskrim Polrestabes Medan akan bekerja ekstra guna mengungkap perkara ini.

“Data dan keterangan yang kita ambil dari empat orang ini sebagai bahan untuk mengungkapkan kasus ini. Pihak Polda dan Reskrim Polrestabes Medan terus bekerja ekstra,” jelasnya.

Sebelumnya, polisi mengungkap fakta bahwa korban diperkirakan meninggal dunia 12 sampai 20 jam sebelum ditemukan. Hal itu diketahui dari hasil uji laboratorium forensik terhadap korban. Penyelidikan pun dikatakan sudah mengarah kepada pelaku yang diduga merupakan ‘orang dekat’ korban.

Continue Reading

Sumut

Geopark Kaldera Toba Resmi Masuk UNESCO September 2020

Published

on

The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Geosiar.com, Medan – Geopark Kaldera Toba resmi masuk UNESCO Global Geopark setelah menerima sertifikat pada September 2020 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara, Ria Novida Telaumbanua.

“Pada September tahun 2020 di Jeju Korea Selatan, kita akan menerima sertifikat UNESCO Global Geopark,” kata Ria Telaumbanua dalam jumpa pers Festival Danau Toba (FDT) 2019 di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (5/12/2019).

Sertifikat itu, lanjut Ria, akan menandai resminya Geopark Kaldera Toba masuk dalam keanggotaan UNESCO Global Geopark atau badan warisan dunia. Gelaran FDT 2019 bertemakan “Inspiring Danau Toba” pun disebutnya sebagai persiapan untuk menerima sertifikat UNESCO Global Geopark.

“Selain sebagai bagian dari pengembangan Danau Toba, FDT 2019 juga untuk kesiapan Sumut umumnya dan kawasan Danau Toba Sumut khususnya untuk menerima sertifikat UNESCO,” jelasnya.

Sebelumnya, Geopark Kaldera Toba disebut-sebut akan menerima sertifikat keanggotaan UNESCO Global Geopark pada April 2020. Namun dengan adanya keterangan ini, dipastikan salah satu ikon pariwisata di Sumatera Utara itu akan resmi menjadi warisan dunia pada September 2020.

Sebagai informasi, Geopark Kaldera Toba meliputi tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba, yaitu Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Dairi dan Karo.

Geopark Kaldera Toba ini terdiri dari 16 geosite, yaitu Geosite Sipisopiso-Tongging (Kabupaten Karo), Geosite Silalahi-Sabungan (Kabupaten Dairi), Geosite Haranggaol (Kabupaten Simalungun), Geosite Sibaganding (Kabupaten Simalungun), Geosite Taman Eden (Kabupaten Toba Samosir), Geosite Batu Basiha-TB Silalahi Balige (Kabupaten Toba Samosir).

Kemudian, Geosite Situmurun (Kabupaten Toba Samosir), Geosite Hutaginjang (Kabupaten Tapanuli Utara), Geosite Muara Sibandang (Kabupaten Tapanuli Utara), Geosite Sipincur (Kabupaten Humbang Hasundutan), Geosite Bakara-Tipang (Kabupaten Humbang Hasundutan), Geosite Tele (Kabupaten Samosir).

Lalu, Geosite Pusukbuhit (Kabupaten Samosir), Geosite Hutatinggi Sodihoni (Kabupaten Samosir), Geosite Ambarita-Tuktuk-Tomok (Kabupaten Samosir), dan Geosite Danau (pemersatu seluruh kabupaten sekawasan Danau Toba).

Continue Reading

Sumut

Kehadiran Bobby Nasution Disebut Bikin Cawalkot Lain Putus Asa

Published

on

Bobby Nasution menyerahkan berkas pendaftaran di kantor DPD PDIP Sumatera Utara, Selasa (3/12/2019). (Foto: Budi Warsito/detikcom)

Geosiar.com, Medan – Kehadiran Bobby Nasution di Pemilihan Kepala Daerah Medan 2020 disebut membuat bakal calon wali kota lain putus asa. Hal itu disampaikan oleh seorang pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Fernanda Putra Adela.

“Kehadiran Bobby Nasution membuat bakal cawalkot lain ‘putus asa’ untuk terus maju ke bursa calon wali kota,” tutur Fernanda Putra Adela dikutip dari detik.com, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dipinang partai politik (parpol) selain PDIP. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan dirinya memprediksi Pilwalkot Medan 2020 sepi peminat.

“Bobby memiliki magnet untuk dipinang oleh partai politik selain PDI Perjuangan, walaupun PDI Perjuangan tanpa koalisi pun sudah bisa mencalonkan Bobby,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia juga memprediksi Pilwalkot Medan 2020 kemungkinan besar hanya akan diikuti oleh 2 pasangan calon, yang berasal dari koalisi parpol yang masing-masing dipimpin oleh PDIP dan Gerindra.

“Apabila terbentuk koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra sebagai parpol utama yang mengusung kandidat, maka kemungkinan besar partai-partai lain akan ikut di dalam barisan koalisi dan kemungkinan besar, Pilkada Medan akan diikuti paling banyak 2 pasangan calon,” lanjutnya.

Atau kemungkinan penantang Bobby nantinya merupakan calon perseorangan alias jalur independen. Fernanda mengatakan hal itu bisa terjadi bila semua partai berbondong-bondong mengusung Bobby.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com