Connect with us

Lifestyle

Peneliti OBGYN Ungkap Usia Ideal Wanita untuk Hamil

Published

on

Celine Evangelista saat mengandung anak ketiga. (Foto: istimewa)

Geosiar.com, Lifestyle – Semua kaum perempuan pasti mendambakan bisa mengandung dan melahirkan. Lantas, banyak yang bertanya terkait usia produktif wanita untuk bisa hamil tanpa menimbulkan resiko tinggi.

Melansir dari Fimela.com, kesiapan seorang perempuan untuk hamil dan menjadi seorang ibu dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesiapan mental, kesiapan finansial, hingga kesiapan membangun keluarga itu sendiri.

Menurut peneliti dari American College of Obstetricians and Gynaecologists, dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, seorang perempuan lahir dengan membawa satu hingga dua juta sel telur sepanjang hidupnya.

Oleh karena itu, potensi kehamilan tertinggi bagi seorang perempuan adalah selama masih memiliki siklus haid. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah sel telur itu juga akan mengalami penurunan.

Perlu dicatat, tingkat kesuburan perempuan akan menurun pada usia 32 tahun. Proses penurunan kesuburan ini akan semakin cepat hingga mencapai usia 37 tahun.

Lantas, pada usia berapa seorang perempuan dikatakan ideal untuk hamil? Penasaran, berikut penjelasannya!

Hamil di akhir usia 20-an

Akhir usia 20-an bisa menjadi waktu terbaik atau ideal bagi perempuan untuk hamil karena dianggap sudah cukup dewasa untuk memiliki anak.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Human Reproduction mengungkap bahwa perempuan di akhir usia 30-an memiliki peluang 50% lebih sedikit untuk bisa hamil pada masa ovulasi dibandingkan perempuan di awal usia 20-an.

Senada, dr Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp.OG, menyebut usia ideal untuk hamil bagi wanita adalah 20 hingga 35 tahun karena secara reproduksi dianggap sudah siap.

“Usia ideal secara reproduktif adalah 20-35 tahun. Walaupun bisa saja lebih mudah daripada itu, seperti 18 tahun. Dari segi organ reproduksi memang bagus tapi secara mental belum siap,” tutur dokter Dara, sapaan akrabnya, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Hamil di awal usia 30-an

Hamil di awal usia 30-an juga masih memungkinkan untuk hamil, tapi ingat jangan sampai di atas 35 tahun. Sebab, resiko kehamilan seperti preeklamsia, gestational diabetes, dan kelahiran prematur lebih tinggi.

Meski rata-rata wanita di atas usia 35 tahun telah memiliki kondisi kejiwaan dan finansial yang mapan, kondisi fisik mereka umumnya kurang memungkinkan untuk mengandung. Bahkan risiko melahirkan bayi dengan down syndrome juga meningkat.

Kendati demikian, perempuan yang hamil pada usia 30-an masih layak untuk bisa hamil asal harus disertai dengan dukungan medis yang artinya harus sering mengontrol kondisi kesehatan semasa kehamilan.

Selain itu, peneliti mengungkap ada suatu kelebihan tersendiri dari kehamilan di usia 30-an, yakni anak yang dilahirkan berpeluang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketimbang anak yang dilahirkan oleh ibu yang usianya masih lebih muda.

Dukungan kondisi finansial yang stabil dan pendidikan yang tinggi pada perempuan juga membantu mendidik anak menjadi lebih cerdas.

Lifestyle

Kepribadian Penyuka Es Krim Stroberi, Logis dan Bijaksana

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Es krim memiliki banyak varian rasa. Salah satu yang banyak disukai orang-orang yakni rasa stroberi. Tidak hanya anak kecil saja, banyak juga orang dewasa yang menjadikan es krim rasa ini menjadi kesukaannya.

Sebagian orang mungkin tidak sadar bahwa ternyata dari es krim favorit bisa mengungkap kepribadian.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Alan Hirsch, founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation yang melakukan penelitian untuk Baskin Robbins, menyatakan bahwa pecinta es krim stroberi merupakan sosok yang toleran, introvert dan setia.

Dalam penelitian berbeda yang dilakukan brand es krim Dreyer’s atau Edy’s menemukan bahwa penyuka es krim stroberi juga merupakan orang yang berpikiran logis dan bijaksana, apalagi dalam hal memikirkan kepentingan orang lain.

Sebagian besar orang berpikir penyuka es krim stroberi adalah orang yang hanya manis di luar, manja dan bahkan terkesan penuh drama. Namun ternyata ada sisi karakter yang begitu mengejutkan dari penyuka es krim rasa stroberi.

Continue Reading

Lifestyle

Bahayakah Ibu Hamil Mendengkur saat Tidur?

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sejumlah ibu hamil mendengkur saat tidur. Hal itu lantaran naiknya berat badan, ketidakseimbangan hormon, dan retensi cairan. Mendengkur saat tidur selama kehamilan sebenarnya perlu segera diwaspadai. karena kondisi itu dapat berdampak pada bayi yang akan dilahirkan.

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan menyatakan bahwa mendengkur saat hamil dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi. Para peneliti meneliti 1.673 ibu hamil selama trimester pertama mereka. Sejumlah 35% dari mereka mendengkur saat tidur.

Riwayat medis mereka ditinjau ulang selama persalinan. Ditemukan bahwa ibu yang mendengkur lebih dari tiga malam setiap minggunya berisiko tinggi mengalami masalah dalam persalinan, seperti harus menjalani operasi caesar dan melahirkan bayi dengan bobot rendah.

Penyebab ibu hamil mendengkur ketika tidur bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Dikutip halodoc.com, penyebabnya bisa jadi terjadi penyumbatan hidung, tingginya kadar hormon estrogen, gangguan tidur, dan peningkatan jumlah daah serta perkembangan pembuluh darah dalam tubuh ibu.

Apabila kita mendapati diri kita tidur mendengkur selama kehamilan, alangkah baiknya segera berkonsultasi ke dokter. Pada umumnya untuk mengatasinya kita bakal diarahkan pada upaya untuk menjalani kehamilan yang sehat. Mulai dari menjaga pola makan yang lebih sehat dan olahraga teratur. Coba tidur dengan bantal yang lebih tinggi dan pastikan selalu mengontrol tekanan darah dengan rutin.

Continue Reading

Lifestyle

Kepribadian Penyuka Es Krim Mint, Hemat dan Perfeksionis

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Salah satunya mengenai rasa es krim kesukaan. Namun tidak banyak yang tahu bahwa tenyata kita dapat menebak kepribadian seseorang dari rasa es krim favorit.

Ada banyak rasa es kirm yang dijual, tapi pernahkan mendengar ada es krim rasa mint? Ternyata tak sedikit yang menjadikan rasa ini sebagai favorit.

Penelitian yang dilakukan Dr. Alan Hirsch , founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation, untuk Dreyer’s/Edy’s menyatakan bahwa orang yang menyukai es krim rasa mint choco chip merupakan orang yang percaya diri, ambisius, hemat dan argumentatif.

Hirsch mengungkap bahwa mereka hanya akan puas bila menemukan noda pada lapisan perak. Dengan kata lain, mereka merupakan tipe yang perfeksionis. Tidak heran jika mereka agak pemilih dan ribet dengan beberapa hal.

Jadi, apabila kebetulan menemukan orang yang menyukai rasa es krim seperti ini, berarti dia menyukai es krim rasa mint.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com