Connect with us

Lifestyle

Peneliti OBGYN Ungkap Usia Ideal Wanita untuk Hamil

Published

on

Celine Evangelista saat mengandung anak ketiga. (Foto: istimewa)

Geosiar.com, Lifestyle – Semua kaum perempuan pasti mendambakan bisa mengandung dan melahirkan. Lantas, banyak yang bertanya terkait usia produktif wanita untuk bisa hamil tanpa menimbulkan resiko tinggi.

Melansir dari Fimela.com, kesiapan seorang perempuan untuk hamil dan menjadi seorang ibu dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesiapan mental, kesiapan finansial, hingga kesiapan membangun keluarga itu sendiri.

Menurut peneliti dari American College of Obstetricians and Gynaecologists, dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, seorang perempuan lahir dengan membawa satu hingga dua juta sel telur sepanjang hidupnya.

Oleh karena itu, potensi kehamilan tertinggi bagi seorang perempuan adalah selama masih memiliki siklus haid. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah sel telur itu juga akan mengalami penurunan.

Perlu dicatat, tingkat kesuburan perempuan akan menurun pada usia 32 tahun. Proses penurunan kesuburan ini akan semakin cepat hingga mencapai usia 37 tahun.

Lantas, pada usia berapa seorang perempuan dikatakan ideal untuk hamil? Penasaran, berikut penjelasannya!

Hamil di akhir usia 20-an

Akhir usia 20-an bisa menjadi waktu terbaik atau ideal bagi perempuan untuk hamil karena dianggap sudah cukup dewasa untuk memiliki anak.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Human Reproduction mengungkap bahwa perempuan di akhir usia 30-an memiliki peluang 50% lebih sedikit untuk bisa hamil pada masa ovulasi dibandingkan perempuan di awal usia 20-an.

Senada, dr Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp.OG, menyebut usia ideal untuk hamil bagi wanita adalah 20 hingga 35 tahun karena secara reproduksi dianggap sudah siap.

“Usia ideal secara reproduktif adalah 20-35 tahun. Walaupun bisa saja lebih mudah daripada itu, seperti 18 tahun. Dari segi organ reproduksi memang bagus tapi secara mental belum siap,” tutur dokter Dara, sapaan akrabnya, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Hamil di awal usia 30-an

Hamil di awal usia 30-an juga masih memungkinkan untuk hamil, tapi ingat jangan sampai di atas 35 tahun. Sebab, resiko kehamilan seperti preeklamsia, gestational diabetes, dan kelahiran prematur lebih tinggi.

Meski rata-rata wanita di atas usia 35 tahun telah memiliki kondisi kejiwaan dan finansial yang mapan, kondisi fisik mereka umumnya kurang memungkinkan untuk mengandung. Bahkan risiko melahirkan bayi dengan down syndrome juga meningkat.

Kendati demikian, perempuan yang hamil pada usia 30-an masih layak untuk bisa hamil asal harus disertai dengan dukungan medis yang artinya harus sering mengontrol kondisi kesehatan semasa kehamilan.

Selain itu, peneliti mengungkap ada suatu kelebihan tersendiri dari kehamilan di usia 30-an, yakni anak yang dilahirkan berpeluang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketimbang anak yang dilahirkan oleh ibu yang usianya masih lebih muda.

Dukungan kondisi finansial yang stabil dan pendidikan yang tinggi pada perempuan juga membantu mendidik anak menjadi lebih cerdas.

Lifestyle

3 Zodiak Ini Diklaim Berhati Baik

Published

on

Tzuyu Twice, idol asal korea kelahiran 14 Juni 1999, berzodiak Gemini.

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang pasti memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Selain itu, setiap orang juga memiliki sisi baik dan buruknya sendiri.

Membahas soal sisi baik seseorang, mengutip dari bustle.com, ada beberapa zodiak yang diklaim memiliki hati yang sangat baik dan lembut. Para pemilik zodiak ini disebut paling anti untuk menyakiti hati orang lain.

Siapa sajakah zodiak yang paling baik hati dan pantang menyakiti orang lain? Apakah salah satunya zodiakmu? Simak Yuk!

Gemini

Gemini disebut sebagai zodiak pertama yang memiliki hati baik. Pemilik zodiak ini dinilai tidak pernah secara sengaja menyakiti hati orang lain. Bahkan, mereka selalu berusaha dengan keras untuk berbuat yang terbaik. Selain itu, para Gemini juga disebut sebagai pribadi yang ramah, pandai mengendalikan emosi dan penyayang.

Virgo

Virgo dikategorikan sebagai pribadi paling baik selanjutnya. Pemilik zodiak ini disebut memiliki perasaan yang super lembut dan pribadi yang sangat loyal ke orang-orang terdekatnya. Bagi virgo, pantang menyakiti orang lain apapun alasannya.

Leo

Mereka yang berzodiak Leo memang dikenal sebagai pribadi yang keras dan suka pujian. Akan tetapi, Leo tidak pernah berbuat semena-mena apalagi secara sengaja menyakiti perasaan orang lain lho. Pemilik zodiak ini akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang-orang terdekatnya. Jika harus membenci seseorang, Leo lebih memilih untuk bungkam dan menghindar dari orang itu.

Continue Reading

Hiburan

Tayang di Bioskop, Begini Fakta ‘Bumi Manusia’ Versi Novel

Published

on

Poster Film Bumi Manusia

Geosiar.com, Lifestyle – Film ‘Bumi Manusia’ resmi tayang di seluruh bioskop Tanah Air mulai hari ini, Kamis (15/8/2019). Seperti diketahui, film ini diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul serupa yakni ‘Bumi Manusia’.

Sebenarnya, novel ini merupakan bagian pertaman dari Tetralogi Buru ciptaan Pramoedya Ananta Toer. Dalam versi novelnya, buku ini memuat berbagai isu sosial dan politik yang terjadi di Indonesia kala itu. Tiga buku lainnya yakni Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. 

Baca selengkapnya di artikel “Sinopsis Bumi Manusia, Film Adaptasi Novel Pramoedya Rilis Besok”, https://tirto.id/egeZ

Nah, sebelum menonton film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini, ada baiknya membaca novel ‘Bumi Manusia’ karya Pramoedya Ananta Toer terlebih dulu.

Jika tidak sempat, berikut rangkuman fakta-fakta dari novel ‘Bumi Manusia’ yang bakal melengkapi detail dari film. Simak yuk!

Bukan Sekadar Kisah Asmara

Buku pertama Tetralogi Buru ini memang menceritakan kisah pertemuan antara dua tokoh utama yakni Minke dan Annelies Mellema. ‘Bumi Manusia’ sendiri banyak menggambarkan sosok Annelies yang bukan orang pribumi.

“Di depan kami berdiri seorang gadis berkulit putih, halus, berwajah Eropa, berambut dan bermata Pribumi. Dan mata itu, mata berkilauan itu seperti sepasang kejora dan bibirnya tersenyum meruntuhkan iman.”

Dalam buku ini, konflik percintaan antara Minke yang orang pribumi, dengan Annelies terlihat sangat kontras. Seorang pria pribumi yang jatuh cinta terhadap perempuan kulit putih.

Kendati demikian, buku ini bukan sekedar menceritakan kisah asmara keduanya, tapi ada represi yang coba didobrak dan tatanan sosial yang coba ‘dihancurkan’ oleh Annelies dan Minke.

Sosok Nyai Ontosoroh yang Keras

Dalam ‘Bumi Manusia’ sosok Nyai Ontosoroh merupakan tokoh pertama yang dikenalkan Pramoedya Ananta Toer. Saat usianya menginjak 14 tahun, perempuan yang bernama asli Sanikem itu dijual orang tuanya kepada pengelola Boerderij Buitenzorg. Kemudian ia dijadikan istri simpanan yang kemudian dipanggil Nyai.

Sebagai seorang Nyai pribumi, kehidupannya semakin keras setelah Tuan Mellema meninggal. Dia mempertahankan apa yang menjadi haknya yang selama ini terempas, berusaha melawan pengadilan putih dan aturan sosial di masanya.

Nyai Ontosoroh juga cerminan budaya Eropa yang sedang marak saat itu. Berbeda dengan pemikiran Eropa, Nyai Ontosoroh memercikkan api perlawanan terhadap penindasan. 

Dobrakan Tatanan Sosisal

Pramoedya Ananta Toer menggunakan watak Minke, Nyai Ontosoroh, dan Annelies untuk mendobrak tatanan sosial yang terjadi di masa itu. Lewat karakter-karakter yang diciptakan Pram, ‘Bumi Manusia’ menjadi pondasi kokoh bagi Tetralogi Buru.

Continue Reading

Lifestyle

5 Zodiak Ini Super Baperan, Termasuk Kamu?

Published

on

ILUSTRASI

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas berdeda-beda dalam menanggapi suatu keadaan. Ada yang tipikal ‘biasa saja’ namun tak jarang yang sampai membuat orang di sekitar merasa tak nyaman alias ‘baperan’.

Meskipun rasa sensitif juga dibutuhkan oleh tiap individu untuk bisa jeli terhadap kebutuhan orang lain, tapi sifat terlalu sensitif juga bisa membuat seseorang kerap terbawa perasaan.

Berdasarkan zodiak, ternyata kita bisa mengetahui seberapa sensitif perasaan seseorang dalam menanggapi suatu keadaan.

Melansir dari Astrofam, Rabu (14/8/2019), berikut 5 zodiak yang memiliki rasa sensitif paling besar. Ada kamu enggak?

Scorpio

Zodiak berlambang kalajengking ini diketahui selalu penuh dengan misteri. Saat marah atau sedih, mereka cenderung memendam perasaan itu. Namun jika sudah terlalu banyak masalah yang dipendam, mereka akan meledak. Jika kamu punya kesalahan dengan Scorpio tapi bingung untuk minta maaf, kamu cukup temani dan beri kalimat yang menenangkan alih-alih menghindari kemarahannya.

Pisces

Pisces akan sering komplain dan menangis apabila mereka sedang merasa sedih. Untuk membuat pisces memaafkanmu, cukup temani mereka saat sedih dan berbicara seperlunya.

Aries

Aries menunjukkan rasa sensitifnya dengan moodnya yang cenderung berubah-ubah. Karena sering baper, aries tak segan memutuskan pertemanannya dengan sosok yang membuatnya marah. Namun Anda bisa kembali berteman dengan aries melalui kejujuran yang diberikan padanya.

Leo

Sosok singa yang mudah marah dan baper namun juga mudah memaafkan. Ketika ia marah, kata-kata yang dikeluarkan akan sangat menyakitkan. Ajak ia nongkrong untuk meredakan amarahnya

Cancer

Dari semua zodiak yang ada, Cancer menjadi zodiak yang paling baperan. Orang-orang Cancer dikenal memiliki kadar empati tinggi yang membuatnya seperti sosok seorang kakak yang mengasuh adiknya dengan sangat baik. Akan tetapi, hal itu juga yang membuat cancer cenderung emosional dan sering baperan. Agar bisa membuat cancer memaafkan kamu, cukup tunjukkan kasih sayang dan perhatian yang tepat.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com