Connect with us

Nasional

Diskusi Panel, Ignatius Jonan Minta Umat Katolik Bersikap Proaktif

Published

on

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan hadiri diskusi panel (Hidup)

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan melontarkan pernyataan yang menyentuh hati dan membangkitkan peserta Musyawarah Nasional (Munas) Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN). Hal tersebut diungkapkan di Swiss-Belhotel, Mangga Besar, Jakarta Barat (13/7/2019).

Jonan yang sekaligus sebagai Penasehat PL3KN dalam sesi diskusi panel menyarankan bahwa peserta dari daerah masing-masing harus turut berpartisipasi.

“Kalau dimintakan dari anggaran pemerintah pusat mungkin akan berat,” ucapnya. Dengan kata lain, Jonan menyetujui apabila biaya logistik ditanggung masing-masing region (daerah).

Merasa keberatan atas saran tersebut dan karena sudah menyangkut materi, banyak peserta yang menyuarakan bagaimana acuh tak acuhnya pemerintah daerah terhadap kegiatan PESPARANI.

Jonan menambahkan hal tersebut bukanlah mengenai uang, melainkan harga diri umat Katolik sendiri. Jonan pun meminta kepada umat Katolik tidak bermental minta-minta.

“Jika saya yang menjadi ketuanya LP3KN. Contoh, diberi dana oleh pemerintah 100, lalu biaya total hanya 80, saya akan mengambil setengahnya. Saya akan tetep ngotot supaya umat Katolik berpatisipasi!” tegas Jonan.

Tak hanya itu, Jonan juga mempertanyakan apa semangat Katolik yang akan diperlihatkan dalam PESPARANI ini. Menurut Jonan, semangat Katolik adalah cinta kasih yang universal yang berlandaskan kemanusiaan.

“Kedua hal itu yang saya rasa perlu direnungkan,” jelas Jonan.

Munas yang digelar pada tanggal 12-14 Juli 2019 ini dihadiri utusan dari seluruh LP3KD Provinsi, keuskupan, Direktorat Jenderal Bimas Katolik, serta pengurus LP3KN.

Sementara Ketua Umum LP3KD Pesparani Sumut Drs Hendrik Sitompul MM yang turut hadir dalam kegiaran tersebut menanggapi hal tersebut. Hendrik berharap semoga melalui lontaran Jonan, semangat umat Katolik semakin menggebu-gebu. Khususnya semakin melayani Tuhan dengan sepenuh hati.

“Saya berharap semoga umat Katolik tidak patah semangat dan semakin setia melayani Tuhan,” kata Ketua umum Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Sumut ini saat diwawancarai Geosiar.com, Sabtu (13/7/2019).

foto bersama dengan Ignatius Jonan