Connect with us

Nasional

Sidang Putusan Hari Ini, Ratna Sarumpaet Berharap Bebas

Published

on

Ratna Sarumpaet (bbc.com)

Geosiar.com, Jakarta – Terdakwa kasus penyebar berita hoaks (berita bohong) yang menyebabkan keonaran, Ratna Sarumpaet, berharap divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam sidang putusan hari ini, Kamis (11/7/2019).

“Bebas, karena tidak ada fakta hukum yang menunjukan aku bersalah secara hukum,” ungkap Ratna sebelum persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ratna mengungkapkan bahwa ia hanya meminta keadilan dalam vonis yang akan dijatuhkan oleh majelis hakim nantinya. Ia juga mengaku belum menyiapkan langkah hukum jika nanti hakim akhirnya memvonis sesuai dengan tuntutan jaksa.

Hal yang sama juga disampaikan oleh penasehat hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin. Berdasarkan fakta yag terungkap selama persidangan, ia menyebut tuduhan keonaran yang muncul akibat kebohongan Ratna tak terbukti.

“Sehingga kami meyakini bahwa Ibu Ratna Sarumpaet harus bebas secara hukum. Besok kita lihat apa keputusan hakim,” ujar Insank.

Jaksa penuntut umum menggugat Ratna Sarumpaet dengan hukuman 6 tahun penjara karena bersalah atas penyebaran berita bohong terkait penganiayaan hingga menimbulkan keonaran. Jaksa meyakini Ratna Sarumpaet telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang mengedarkan bohong dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.