Connect with us

Kesehatan

Olahraga Tingkatkan Daya Ingat Kalangan Lansia

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Ahli fisiologi olahraga menyatakan bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur bermanfaat meningkatkan memori seseorang. Tidak terkecuali peningkatan fungsi kognitif ingatan pada lanjut usia (lansia).

“Memori memang bisa ditingkatkan sampai usia kapan saja. Untuk lanjut usia, maka olahraga bisa merangsang enzim seperti senam otak,” ujar Dr. Jajat Darajat Kusumah Negara, S.Pd M.Kes, AIFO.

Akan tetapi, Jajat tidak menyarankan lansia untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Lansia lebih disarankan untuk berolahraga berintensitas rendah seperti aerobik dan melakukannya dengan frekuensi yang optimum.

“Olahraga dengan intensitas rendah dan frekuensi yang optimum bisa menstimulasi memori bagi lanjut usia,” ungkapnya.

Penelitian sebelumnya menyatakan, olahraga permainan yang membutuhkan kerja otak untuk berpikir dapat membantu meningkatkan memori pada seseorang hingga usia lanjut. Olahraga yang membutuhkan berpikir, seperti bulu tangkis, sepak bola, futsal, basket, tenis, dan lainnya membutuhkan kerja otak yang berkolerasi dengan otot-otot fisik.

Sementara untuk olahraga yang sifatnya atletik, seperti lari, cenderung hanya menggunakan otot saja.

Penelitian Jajat mengenai futsal bagi remaja juga terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti atensi dan memori pada anak. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, futsal yang dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan dapat mengendalikan ketahanan stres pada kalangan remaja.

Kesehatan

Peringatan Hari Kanker Sedunia 2020 Mengusung Tema ‘I AM and I WILL’

Published

on

Peringatan Hari Kanker Sedunia bertemakan 'I Am and I Will' di landmark Jepang, Selasa (4/2/2020). [Foto: Twitter @uicc]

Geosiar.com, Lifestyle – Peringatan Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day dirayakan bertepatan pada hari ini, Selasa 4 Februari 2020. Setiap tahunnya, Union for International Cancer Control (UICC) memperingati hari spesial ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk mengakhiri ketidakadilan untuk mereka yang menderita kanker.

Setiap tahun pula tema yang diusung UICC berbeda-beda. Kali ini, peringatan Hari Kanker Sedunia bertemakan ‘I AM and I WILL’. Tema ini berarti bahwa sekecil apa pun hal yang dilakukan, setiap orang punya kapasitas dan peran untuk mencegah kanker.

Peringatan Hari Kanker Dunia yang ke-20 menjadi sangat spesial karena ditulis dalam Charter of Paris Against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker). Piagam itu kemudian ditandatangani oleh Presiden Perancis Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO pada waktu itu, Koichiro Matsuura.

Peringatan ini juga digelar untuk mendukung tujuan dari World Cancer Declaration yang ditulis pada 2008. Sebagai peringatan Hari Kanker Sedunia, UICC juga memposting di Twitter foto beberapa landmark paling penting di seluruh dunia yang menyala warna oranye dan biru.

UICC sendiri merupakan organisasi yang bertujuan untuk menyatukan dan mendukung komunitas kanker demi mengurangi beban kanker global dan meningkatkan kesetaraan di antara para pasien. UICC bekerja untuk memastikan bahwa pengendalian kanker harus terus menjadi prioritas dalam agenda kesehatan setiap negara dan dunia.

Continue Reading

Daerah

Diduga Tidak Tahan Dingin Seorang Pendaki Gunung Sibayak Meninggal Dunia

Published

on

saat petugas Evakuasi bersama korban dirumah sakit Amanda berastagi

Geosiar – Karo – Personil Polsek Simpang Empat Polres Karo mendapat Informasi dari Masyarakat yang berada di seputaran Gunung Sibayak dan menginformasikan terkait adanya pendaki Gunung Sibayak yang mengalami Kejang kejang dan diduga karena kedinginan (Hypotermia).

Awak media juga mendapatkan kebenaran informasi tersebut langsung mengkonfirmasi pihak kepolisian polres karo, melalui Paur Humas Aiptu Jonni Sitepu menjelaskan sudah menindak lanjuti informasi.

Kapolsek Simpang Empat jajaran Polres Karo IPTU Dedy S. Ginting, SH bersama personil langsung melakukan Koordinasi dengan Instansi Terkait, serta anggota Personil dari Polsek kota Berastagi, Kepala UPT Kehutanan Tahura Ramlan Barus, S.Hut naik menuju lokasi di Gunung Sibayak untuk melakukan Evakuasi terhadap Korban sekira pukul 12.45 Wib.

Lanjutnya lagi, sesampainya petugas di gunung sibayak mendapati korban dan langsung dibawa turun dengan menggunakan Mobil Dinas Kehutanan milik Taman hutan raya (tahura) dengan kondisi korban masih dalam keadaan sekarat, namun sesampainya korban di Rumah Sakit Amanda dan korban dinyatakan oleh Dokter sudah dalam keadaan meninggal Dunia.

Adapun identitas korban atas nama Reza Fauzi, unur sekira 28 Thn, agama Islam, pekerjaan sebagai Mekanik, dengan alamat Jln. Adi Mencirim, Ds. Medan Krio Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, dan pada tubuh korban tidak ditemukan adanya tanda tanda kekerasan.

Menurut keterangan dari rekan rekan korban mendaki Gunung Sibayak tadi malam hari, minggu (22/9/2019) sekira pukul 01.30 Wib, Bersama tiga orang lainya, yakni Raka Army Kavadryanto (24) Wiraswasta, Asrama Yonkav. Jln. Asam Kumbang, Kec. Medan Sunggal dan Gamal Samadu Hsb (35) Wiraswasta, alamat Jln. Citarum Ds. Medan Krio Kec. Sunggal. Kab. Deli Serdang, serta Nanda Syaputra alias Bandot (23) Wiraswasta Alamat Ds. Medan Krio Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, ujar sitepu./edy surbakti

Continue Reading

Kesehatan

Riset NUS Ungkap Rutin Konsumsi Teh Ampuh Tingkatkan Kecerdasan

Published

on

Ilustrasi mengonsumsi teh secara rutin mampu tingkatkan kecerdasan otak.

Geosiar.com, Lifestyle – Sebuah riset dari National University of Singapore (NUS) mengungkap bahwa rutin mengonsumsi teh bisa meningkatkan daya ingat yang berkaitan dengan fungsi kognitif.

Asisten Profesor Feng Lei dari Department of Psychological Medicine NUS mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, minum teh secara rutin memberi kontribusi positif terhadap struktur otak. Oleh sebab itu, mereka menyarankan untuk mengonsumsi teh sebagai perlindungan terhadap penurunan kualitas otak terkait usia.

“Hasil kami memberikan kontribusi positif minum teh untuk struktur otak, dan menyarankan bahwa minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap penurunan kualitas otak terkait usia,” kata Feng Lei seperti dilansir dari Science Daily, Rabu (18/9/2019).

Sebelumnya, penelitian University of Essex dan University of Cambridge menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan termasuk peningkatan suasana hati dan pencegahan penyakit kardiovaskular sebesar 50 persen.

Merujuk pada penemuan itu, Profesor Feng Lei kemudian mengeksplorasi efek langsung teh pada jaringan otak. Dalam prosedur studinya, tim peneliti mengumpulkan 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Kemudian, tim melakukan pendataan terkait kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis sampel.

Usai menganalisis kinerja kognitif dan hasil pencitraan sampel, tim menemukan hasil bahwa individu yang mengonsumsi teh seperti teh hijau, teh oolong, atau teh hitam setidaknya empat kali seminggu, mempunyai kualitas otak yang lebih baik dan efisien.

“Hasil ini mendukung temuan sebelumnya dengan menunjukkan efek positif dari minum teh secara teratur yakni peningkatan kualitas otak,” tandasnya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com