Connect with us

Politik

Yasonna Soal Kondisi Masyarakat Indonesia: Jangan Terpecah Karena Politik

Published

on

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly mengimbau masyarakat untuk tidak terpecah belah akibat kondisi politik Indonesia saat ini. Sebab, menurut Yasonna, perbedaan pendapat dan pilihan dalam demokrasi adalah hal wajar.

“Dalam sebuah demokrasi berbeda pilihan itu adalah hal yang sangat lumrah, untuk itu saya mengajak kita semua bergandengan tangan menyatukan kekuatan untuk bangsa yang besar ini,” ajak Yasonna di sela-sela kata sambutan acara peresmian gedung baru Kantor Imigrasi Kelas 2 Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

Lebih lanjut, Yasonna menilai bahwa pemilihan umum (pemilu), khususnya pemilihan pilpres (Pilpres) kali ini, tampak seperti permusuhan yang terlihat dari perilaku masyarakat saling mencurigai dan bahkan seakan tidak bersahabat.

Kendati demikian, Yasonna meyakini fakta bahwa Indonesia mempunyai masyarakat yang plural dan heterogen sehingga segala bentuk perbedaan semestinya bisa disyukuri.

“Pluralisme itu karunia dan kodrat Tuhan, yang menciptakan kita ada yang Aceh, Batak, Sunda, Betawi, untuk saling mengenal antarbudaya,” lanjutnya.

Menggunakan istilah lain, Yasonna mengibaratkan masyarakat Indonesia seperti halnya sebuah bunga, di mana keindahan bunga tercipta dari beragam jenis dan warna. Sehingga terlihat semakin indah apabila beragam.