Connect with us

Kesehatan

Cegah Kanker, Kurangi Konsumsi Daging Merah!

Published

on

Ilustrasi daging merah

Geosiar.com, Lifestyle – Agar hidup tetap sehat, sudah pasti yang dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Misalkan sayur dan buah dikenal makanan yang diwajibkan untuk dikonsumsi setiap hari, tapi bagaimana dengan daging?

Walaupun dianggap sehat, ternyata ada sisi buruk yang tersembunyi jika makan daging merah dengan tidak benar dan dengan porsi yang tidak tepat. Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal kesehatan BMJ mengatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak daging merah memiliki risiko tinggi hingga mengakibatkan kematian.

Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi dan sejenisnya mengandung protein yang disebut dengan haem. Hal itu dapat merusak dinding usus sehingga meningkatkan risiko timbulnya kanker usus besar.

Biasanya daging merah mengandung lemak jenuh tinggi dan kolesterol jahat yang seiring berjalannya waktu akumulasinya mampu menyumbat pembuluh darah arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung, jantung koroner dan stroke.

Jadi demi kebaikan, sebaiknya setiap orang janganlah sering mengonsumsi daging dan kalaupun ingin mengonsumsinya, sebaiknya dalam porsi kecil dan pilih yang rendah lemak.